1 Langkah Cepat Untuk Sukses Bisnis Online. Very Very Penting!

Sebelum mulai terjun untuk berjualan online, anda harus terlebih dahulu mengerti tentang langkah ini. Langkah yang banyak diabaikan oleh pelaku bisnis online kebanyakan, yang kemudian seringnya akan berujung pada keputusasaan didepan.

Pelaku bisnis online kabanyakan selalu bergerak menurut kemauannya sendiri dengan hanya menggunakan asumsi-asumsi. Atau bahasa mudahnya, mereka selalu berbicara "kayaknya".

Kayaknya jual sepatu di online menguntungkan deh. 
Kayaknya buka usaha online celana laris deh.
Kayaknya jualan kosmetik di online laku banget deh.

Tanpa adanya pengetahuan dasar sebelumnya tentang data-data suatu produk yang sedang laris dipasaran.

Mereka sering sekali mengambil langkah egois dalam menentukan produk yang akan dijual. Dan itu bencana teman-teman.


Jangan sekali-kali anda memaksakan idealisme ketika ingin berbisnis online.

Jangan pernah melihat hanya menggunakan keinginan kuat semata tanpa adanya data.

Masih mending jika hanya "kayaknya", karena mungkin anda sudah melihat bukti kesuksesan orang lain dengan berjualan produk tersebut.

Namun jika ternyata kategori produk yang ingin anda jual merupakan hasil dari pemikiran teman-teman sendiri, hal seperti itu bisa celaka.

Oke, mungkin kita niatnya ingin menjual sesuatu yang unik yang belum pernah ada sebelumnya.

Tapi kita tetap harus menggunakan data untuk mengetahui "Apakah produk yang kita tawarkan sudah ada yang membutuhkan?".

Jangan-jangan produk tersebut hanya dibutuhkan oleh kita sendiri, tanpa benar-benar tahu bahwa diluar sana ada juga yang membutuhkannya.

Maka data adalah hal yang sangat penting untuk melangkah agar cepat sukses berbisnis online.

Langkah mutlak bagi seorang pebisnis online yaitu dengan meriset suatu produk terlibih dahulu sebelum memutuskan untuk ikutan menjualnya secara online.

Anda harus benar-benar mengamati para penjual online yang sudah terlebih dahulu mengambil langkah menjual produk yang disedang diriset ini.

Kemudian tugas anda adalah memetakan apa saja yang mereka lakukan dan bagimana cara-cara mereka memprmosikannya secara online.

Karena banyak pelaku bisnis online yang hanya sekedar menjual produk yang sedang laris saja dipasaran, tanpa harus benar-benar menyediakan stok barang melimpah tapi tidak dibutuhkan dipasaran.

Lihat juga: Terbukti Ampuh! 7 Strategi Penting Sukses Bisnis Online Shop

Bagi pebisnis online sejati, mereka akan meriset produk apa yang sedang laris sekarang, kemudian baru memutuskan untuk menjualnya seketika itu juga.

Lalu kemudian mereka merancang strategi marketingnya agar produk yang sedang laris tersebut langsung habis seketika.

Dan pasti mereka tidak akan menemukan kendala yang berarti dalam memasarkan produk tersebut, karena memang produk tersebut sedang laris-larisnya.

Bagi anda yang masih bingung mengenai produk apa yang bisa dijual online, maka pengetahuan ini menjadi sangat penting untuk diketahui.


Jangan putuskan sepihak dari idealisme tinggi angan-angan anda. Tapi sambil dibuktikan menggunakan data yang sudah di riset sebelumnya.

Kemudian mengenai cara-cara untuk meriset suatu produk, ada banyak cara untuk itu.

Salah satunya yang paling populer dan gratis adalah Keyword Planner dari Google.

Sebuah riset untuk mengetahui kata apa saja yang sering diketikkan dalam kategori bisnis online.

Misalnya anda sedang meriset bisnis online baju. Anda tinggal memasukkan kata kunci "jual baju" di dalam Keyword Planener tadi.

Jika nanti yang muncul paling banyak adalah kata "Baju Muslim" maka itulah produk yang memang sedang laris dipasaran.

Jangan ngeyel untuk bisa mengalahkan data kemudian anda malah menjual Baju Senam karena mungkin Anda seorang guru olahraga yang suka senam.

Data tidak pernah bohong! Tapi angan-angan akan selalu menyesatkan. Percayalah pada data daripada khayalan anda tentang suatu produk yang masih bersifat "mungkin" akan laris.

Juga banyak Tools atau alat untuk meriset suatu produk yang berbayar. Anda tinggal mencarinya di internet.

Disini saya hanya ingin menekankan saja tentang pentingnya "Riset Data Suatu Produk".

Untuk penggunaan tools dan cara-cara risetnya, saya belum bisa menceritakan lebih dalam tentang itu. Namun pasti ada banyak cara-cara di internet yang sudah dishare oleh para pelaku bisnis online yang lebih pro.

Tapi semoga informasi kecil ini bisa membantu anda agar melangkah dengan hati-hati ketika ingin memulai bisnis online.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon