Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online? Ini Jawabannya!

Secara umum yang disebut bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang atau sebuah organisasi kepada masyarakat (konsumen) dengan tujuan utamanya untuk memperoleh keuntungan atau biasa disebut dengan laba dan juga profit.

Kemudian pengertian Bisnis Online sendiri bisa diartikan menjadi kegiatan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang atau organisasi kepada masyarakat (konsumen) yang sistemnya dilakukan secara online.

baca juga ini: Inilah Gambaran 5 Jalan Terbaik Bisnis Online

Sistem online merupakan sistem yang diterapkan berbasis world wide web yang tersebar di jaringan internet. Sistem ini meliputi cara-cara transaksi yang dilakukan, promosi, pemasaran, stok barang, tempat barang, bahkan barangnya tersebut yang di onlinekan.

Bisnis online banyak jenisnya seperti Affiliate, Publisher, Startup, Survey, dan Online Shop (Toko Online).

Tapi disini saya hanya akan membahas dua jenis usaha yang bisa dijalankan secara online dan mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Yaitu jenis bisnis JUALAN ONLINE dan JASA ONLINE.



Tapi Sebelumnya Pahami Dulu Informasi Penting Ini!

Sebelum anda memulai bisnis online sebaiknya ketahui dulu bahwa Bisnis Bukanlah Sekedar Menjual Barang.

Penting bagi anda karena nantinya inti dari bisnis adalah sebuah kegiatan yang memberikan manfaat kepada orang didalam bisnis disebut dengan pembeli.

Ketika anda sudah mampu memberikan manfaat, maka pembeli tidak akan segan-segan untuk membayar anda.

Cara membayarnya ya dengan membeli produk/ jasa dari anda. Ini menandakan bahwa sebelum pembeli mau membeli produk dari anda, apa yang sudah anda beri untuk mereka?

Apakah anda sudah memberikan pengetahuan-pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka? 

Apakah anda sudah berbagi pengalaman dengan mereka? 

Apakah anda memang benar-benar perduli dengan masalah mereka, sehingga anda menciptakan sebuah produk yang akan membantu permasalahan mereka?

baca ini juga: Ini Rahasia Super Penting Sukses Bisnis. Tapi Sering Diabaikan

Ataukah hanya sekedar jualan yang penting anda untung, tanpa mau tau lagi masalah mereka. Ditambah lagi dengan mengatakan "itu urusan mereka masing-masing".

"Seharusnya yang disebut bisnis harus mencapai tujuan sama-sama untung (win-win)" 

Untung bagi pembeli karena merasa terbantu dengan produk yang anda jual.

Untung bagi anda karena mendapatkan hasil dari proses transaksi tersebut.

Yang kemudian tidak ada yang dikecewakan setelahnya. Tidak menjadi sebuah transaksi yang tidak barokah untuk dinikmati.

Kenali dulu, fahami dulu, perduli dulu terhadap permasalahan pembeli. Maka anda akan dibayar karena itu.

Kemudian mari kita bahas 2 jenis bisnis yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1) Bidang Jualan Online: Buka Bisnis Toko Online Dan Juallah Produk



Yang namanya toko online sudah dipastikan akan menjual barang didalamnya. Barang tersebut bisa berupa macam-macam produk yang bisa di online-kan.

Sebagai awalan mulailah dari menjual produk yang mudah bagi anda dan sudah menjadi tren dikalangan masyarakat.

Mudah disini maksudnya barang tersebut akan mudah ditemukan oleh pembeli, mudah menemukan supliernya, mudah dalam pengemasannya, mudah dalam pengirimannya.

Juga perhatikan tren produk yang akan anda jual, pastikan produk tersebut memang dibutuhkan oleh pembeli. Jangan cari produk yang tidak ada peminatnya sama sekali kecuali anda sendiri.

Pilihan produk barang yang mudah diantaranya adalah: 
  • Produk Fashion
  • Produk Kecantikan 
  • Produk Aksesoris
  • Produk Kesehatan
  • Produk Makanan Cemilan
  • Produk Rumah Tangga
  • dll.
Produk-produk tersebutlah yang mudah untuk anda jual secara online. Jangan nyari yang susah untuk dijual online. Misalnya jual "kayu glondongan" di online, berat di ongkos kirim nantinya.

Cara ngemasnya juga nanti susah, gimana mau dikemas kayu segede gitu, masih utuh lagi. Kepanjangan, gak bakal muat plastik merek JNE kedalamnya.

Iya juga sih, mau dong jualan produk yang gampang dijual secara online.

Tapi kemudian mungkin pertanyaan-pertanyaan dibawah ini akan banyak muncul dibenak anda.

"Aku gak ada modal nih.. Gimana dong?"
"Butuh berapa duit untuk memulai bisnis toko online seperti itu?"
"Haruskah stok produk dengan belanja secara grosir?"
"Gimana kalau saya gak bisa membangun website toko online?"

baca juga: Jangan Bisnis Online Jika Belum Membangun Akar Yang Kokoh

Dalam dunia bisnis anda tidak boleh konyol menanyakan hal seperti ituBagi pebisnis sejati, pertanyaan seperti itu pasti tidak akan dimunculkan kepermukaan. Takut boleh, karena itu manusiawi, tapi jangan jadikan itu halangan untuk memulai.

Pebisnis sejati akan membuang alasan konyol seperti itu, karena modal tidak melulu soal uang dan pebisnis sejati pasti akan memulai tindakan dengan apa yang bisa ia lakukan sekarang.

Karena ia tahu ia sudah dikasih otak untuk berpikir. Ia akan mencari berbagai cara agar bisa jualan online suatu produk.

Pebisnis sejati tidak akan melulu membahas modal berbentuk uang, ia akan memulainya dengan modal dan kesempatan yang ada.

Adapun contoh kesempatan yang bisa diambil ketika ingin memulai bisnis online adalah dengan memanfaatkan program-program yang sudah ada seperti :

1. Manfaatkan Program Dropshipper

Menjadi dropshipper sama sekali tidak menggunakan modal uang. Untuk sekarang sudah ada banyak toko online yang menyediakan program ini.

Anda tinggal bergabung dengan mereka, ambil foto produk mereka dari website mereka, kemudian jual, dapatkan komisinya langsung jika ada penjualan dari anda. Mudah kan?

2. Manfaatkan Program Pre-Order

Program yang bisa anda jalankan adalah dengan mudah adalah Jual produk sebelum dibuat.

Contohnya jika anda ingin membuat kaos keren tentang suatu komunitas tertentu, bikin dulu desainnya dan tawarkan ke komunitas tersebut.

Pakai sistem pre-order, caranya kumpulin dulu quota minimal orang-orang yang minat untuk membuat kaos tersebut.

Suruh mereka untuk membayar 50% dari total harga sebenarnya. Kemudian barulah di produksi.

Sisa pembayarannya dilunasin setelah produksi selesai. Biasanya itulah keuntungan dari sistem PO ini. Karena 50% pembayaran diawal tadi sudah cukup untuk memproduksi kaos tadi. Mantap kan? Keuntungannya bisa hingga 50%.

3. Manfaatkan Program Reseller

Menjadi Reseller tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalankannya. Beli stok produk beberapa barang saja, kemudian fokus dan besarkan secara perlahan. Setelah terkumpul modal, anda bisa membuat produk sendiri nantinya.

Dengan memanfaatkan program-program seperti itu anda sudah bisa memulai untuk terjun bisnis online.

Terus berusaha dan belajar, banyak manfaat yang akan didapatkan nantinya. Jadikan sebagai pengalaman sebelum nantinya anda benar-benar menjadi seorang pebisnis online sukses.

Baca Juga: Terbukti Ampuh! 7 Strategi Penting Sukses Bisnis Online Shop

2) Bidang Jasa Online: Lirik Peluang Yang Sesuai Dengan Keahlian Anda


Setiap manusia itu unik, begitupun juga dengan anda. Jika ada kemampuan yang sudah melekat dalam diri anda, jadikanlah itu peluang untuk memulai bisnis online.

Misalnya anda adalah lulusan mahasiswa bahasa Inggris, anda bisa saja untuk membuka jasa kursus online bahasa Inggris.

Anda jago bermain gitar, ambil kemampuan untuk dijadikan peluang menjalankan bisnis online kursus gitar online, membuat modul belajar musik secara online dan lain sebagainya.

Apalagi jika anda suka Fotografi, bisa banget dijadikan peluang jasa foto produk untuk online shop. Sistem pemasarannya secara online prosesnya juga online.

Jasa Editing Gambar bisa juga dijadikan peluang di online. Sebarkan nama anda bahwa anda jago dalam membuat sebuah gambar vector alias gambar kartun ilustrasi.

Jasa Editing Video untuk produk online. Ini yang terbaru dan sedang booming sekarang. Produk online shop sekarang akan efektif jika dipasarkan dengan menggunakan video seperti slideshow. Anda bisa memanfaatkan ini dengan menawarkan jasa untuk membuatkan videonya.

Jasa Menulis konten. Jago nulis? jadikan tulisanmu menghasilkan rupiah untuk dijual diberbagai situs jual-beli konten.

Di Indonesia situs yang baru saya tau yang bisa menjual tulisan yaitu di http://www.ads.id. Disanalah tempatnya Publisher Indonesia berkumpul.

Dan masih banyak peluang jasa yang bisa anda temukan. Tinggal cari apa kemampuan anda. Anda bisa apa?

Dalam usaha jasa online sendiri anda bisa sama sekali tidak harus ada modal.

"Modal utama anda hanya kemampuan yang anda miliki"

Dan pakailah kemampuan tersebut sebagai modal penting dalam menumbuhkan bisnis jasa online anda.

Jangan melulu memikirkan modal uang, seperti yang sudah dijelaskan diatas Modal tidaklah melulu tentang uang.  Dan dalam bidang jasa ini, bisa anda buktikan sendiri.

Tertarik untuk memulai bisnis secara online?

Siap ya?

Beri komentar anda dibawah ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon