Inilah 5 Peluang Terbaik Bisnis Online Saat Ini

Anda mungkin sedang mencari jalan untuk berbisnis online. Namun bingung mau bisnis apa yang bisa dijadikan peluang usaha yang menghasilkan.

Karena menurut Anda bisnis online itu adalah sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan. Dan ketika mendengar kata "Online" Anda akan bingung dan berasumsi bahwa itu merupakan bidangnya seseorang yang mengerti tentang komputer, internet, jaringan, website dan berbagai macam istilah asing dunia Teknologi Informasi (IT) lainnya.

Tenang kawan, istilah itu bukan untuk konsumsi bagi orang yang ingin berbisnis online kok. Bagi kita yang tidak punya dasar ilmu tersebut atau bahkan tidak mengerti sama sekali tentang hal yang berbau online, maka yang terpenting adalah adanya kemauan dulu.

Pengetahuan disiplin ilmu yang tersebut diatas hanyalah berlaku bagi para pelajar yang sedang mencari ilmu di perguruan tinggi. Betul?

Kita tidak harus benar-benar mengerti tentang ilmu-ilmu tersebut. Karena menghasilkan uang dasarnya bukan karena ilmu-ilmu tersebut. Namun karena adanya niat dan usaha yang gigih, benar kan?

Nah, ketika Anda ingin juga menghasilkan uang dari internet maka sebelum menggeluti bisnis  online ini, Anda harus tau dulu informasi peluang terbaik dalam bisnis online.

Dan dibawah ini adalah beberapa peluang bisnis online yang sudah lumrah dijalankan oleh para pelaku bisnis online di Indonesia.

Kita akan membicarakan bisnis online secara gambaran besarnya dulu agar Anda tidak kebingungan dengan model-model bisnis online yang beredar di internet.

Secara garis besar, menurut saya pribadi, bisnis online memiliki 5 model yang bisa Anda jalankan. Simak baik-baik, baca sampai selesai ya..



1. Bisnis Jualan Online 

Bisnis jualan online konsepnya sama dengan bisnis jualan pada umumnya. Anda nantinya akan berstatus sebagai pedagang online yang menjual barang yang bisa dibeli secara online.

Jika jualan pada umumnya pembeli akan mengunjungi toko/ ruko/ stand jualan baik di mall-mall maupun dipasar, maka di jualan online pembeli akan mengunjungi toko online kita.

Toko online dasarnya dibangun dengan mendirikan sebuah Website di Internet. Website bisa diartikan sebagai tempat produk kita ditampilkan.

Dengan begitu website yang harus dibangun untuk kegiatan jualan online harus bisa bertindak menerima pemesanan maupun transaksi jual beli didalamnya.

Oleh karena itu, membuat sebuah toko online untuk usaha jualan kita nantinya akan membutuhkan dana yang lumayan. Tapi bisa juga mengandalkan dana seadanya untuk membangun toko online.

Jenis produk yang bisa dijual onlinepun kini semakin luas. Yang biasanya hanya terbatas pada kategori produk fashion seperti baju, kaos, celana, sepatu, kemeja maupun kategori yang umum lainnya.

Kini pelaku jualan online semakin banyak yang menjual produk yang dulunya mustahil untuk dijual lewat online, tapi ternyata bisa juga dikirim dengan proses transaksinya terjadi dengan online.

Seperti jual ayam misalnya, pernah seorang teman saya mengirimkan ayam bangkok ke daerah Cirebon dengan menggunakan kereta.

Proses transaksinya terjadi dari informasi group di Facebook pecinta ayam bangkok ketika itu. Dibayar dengan cara ditransfer kemudian dikirim menggunakan kreta. Wow banget kan?

Mungkin disinilah jalan Anda ketika mau terjun kedunia bisnis online. Karena hal inilah yang paling lumrah dan paling sering disebut sebagai bisnis online.

Nanti untuk masalah teknisnya Anda bisa mengembangkan kearah yang lebih dalam lagi dan terfokus.

Maksudnya setelah mengetahui jenis bisnis online ini kemudian Anda berani untuk berjualan suatu produk, misalnya jualan kemeja.

Maka Anda bisa memperdalam ilmu marketing online atau strategi pemasaran online yang semestinya.

Kalau produknya ingin cepat laku berarti nanti Anda harus bisa juga memanfaatkan Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shoppie.

2. Bisnis Menulis Online

Salah satu contoh bisnis menulis online yang akan mampu menghasilkan uang adalah seperti tulisan yang sedang Anda baca ini.

Tulisan-tulisan seperti ini, (iya ini yang sedang Anda baca) merupakan kategori berbagi artikel atau sharing menurut bahasa orang bule mah.

Bisnis online yang saya sebutkan ini biasa disebut sebagai Blogger. Jika diterjemahkan maka akan bermakna "Tukang Ngeblog".

Tukang Ngeblog adalah orang yang sukanya membagi-bagikan tulisan yang bermanfaat bagi netizen.

Tulisan yang dibagikan bisa berupa hal apapun secara umum atau hal spesifik dalam membahas satu hal tertentu.

Misalnya blog yang membahas tentang kesehatan yang isi blognya adalah tulisan yang hanya berisi tentang kesehatan saja.

Bisa Dapat Uang dari Aktifitas Ngeblog dari Mana?

Loh mas, cuma nulis kaya gini doang bisa dapet duit? (Dirimu bertanya padaku dalam hati).

Saya jawab bisa! Tapi tidak langsung dibayar pake uang rupiah untuk sekali menulis. Dan akan saya katakan sejujurnya, bahwa butuh waktu yang lumayan lama jika ingin menghasilkan uang dari internet dengan model seperti ini.

Kita bisa mendapatkan uang dari hasil menulis ketika kita sudah bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Google Adsense.

Pihak Google Adsense-lah yang natinya  akan membayar kita karena kita telah bersedia menampilkan iklan milik mereka yang sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusaahan besar yang ingin produknya terkenal dan cepat laku.

Dari iklan tersebutlah kita mendapatkan penghasilan. Ketika ada pembaca yang sedang membaca tulisan-tulisan kita kemudian mereka melihat dan meng-klik iklan tersebut, maka pada waktu itulah kita mendapatkan penghasilan.

Penghasilannya berdasarkan jumlah per-klik iklan yang sedang tampil saat itu. Umpama per-kliknya bisa bernilai 10.000 rupiah, silahkan kalikan saja jika 1 hari ada yang meng-klik sebanyak 100 kali.

100x10.000= 1.000.000 (1 hari)

Jika bisa konsisten berarti dalam 1 bulan adalah: 

1.000.000x30= 30.000.000 (1 bulan)

Lumayan apa Lumayan?

Tapi syarat dan ketentuan berlaku loh, seperti gak boleh meng-klik iklan sendiri dan lain sebagainya.

Banyak peraturan yang harus dipatuhi untuk bisa menghasilkan bisnis sampingan seperti itu. Dan jangan anggap remeh perjuangannya nanti.

Sama, ini juga harus berdarah-darah ketika dalam tahap membangunnya.

Dan disini kita akan benar-benar mengandalkan kualitas tulisan yang kita buat, karena nantinya itulah yang akan menentukan target penghasilan per-klik yang akan didapat.


3. Bisnis Jasa Online

Bisnis yang satu ini Anda memang dituntut untuk memiliki skill sebelumnya. Skill atau kemampuannya bisa berbentuk seperti edit gambar dan edit video maupun skill membuat website.

Tapi kebanyakan jasa online yang ditawarkan tidak jauh dari jasa pembuatan website. Jika mau yang independent, Anda bisa mengikuti beberapa kontes dalam pembuatan logo untuk perusahaan.

Jasa pembuatan logo untuk perusahaan biasanya diadakan dibeberapa situs penyedia gambar yang mempunyai lisensi. Tapi kebanyakan situsnya dari luar negeri, sehingga kita harus benar-benar mengerti bahasa asing untuk bisa mengikuti peraturan mainnya disana.

Ada juga jasa Endorse via Instagram, sebuah jasa dimana selebgram akan mempromosikan produk tertentu agar produk tersebut dapat terkenal oleh masyarakat. Tapi syaratnya Anda harus menjadi Selebram dulu dengan akun Instagram yang sudah diikuti oleh jutaan orang.

Jasa menulis juga termasuk dalam kategori ini. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, menulis artikel bisa juga dijadikan penghasilan tambahan bagi Anda.

Masih banyak lagi Bisnis Jasa Online yang lainnya. Tapi karena keterbatasan pengetahuan saya, jadi saya hanya bisa menceritakan segitu aja dulu ya.

Namun bedakan bisnis Jasa Online dan Offline. Contohnya seperti Jasa Sablon Kaos. Biarpun si jasa tersebut sudah memiliki website untuk promosinya.

Namun itu bukanlah termasuk kategori Bisnis Jasa Online. Hanya sebuah Bisnis Jasa Offline yang kemudian di Online-kan untuk promosi di Internet.

4. Bisnis Startup

Bisnis Startup ini sudah dipastikan adalah sebuah Bisnis Online, karena bidang usahanya tidak akan bisa berjalan tanpa Online.

Kategori bisnis startup masuk ke dalam perusahaan bidang teknologi dan informasi. Jelas banget bahwa bisnis ini nantinya akan membutuhkan koneksi untuk Online.

Tau Go-Jek?

Nah, itulah bisnis startup. Sebuah aplikasi berbasis Android yang dibuat untuk pemesanan ojek secara online.

Tapi tidak sebatas itu jenis bisnis startup yang bisa dikembangkan. Ada beragam jenis lainnya lagi, misalnya untuk sistem pembayaran, perdagangan, jasa dan lain sebagainya.

Jenisnya masih terlalu banyak untuk dijelaskan lebih panjang. Dan belum ada jenis spesifik yang benar-benar bisa disebut sebagai Bisnis Startup.

Tapi sebagai gambaran, bisnis startup lokal yang sekarang sedang terkenal dan sudah menjadi besar diantaranya adalah:

1. Gojek
2. Tiket.com
3. Bukalapak
4. Tokopedia
5. Traveloka



Tertarik dengan bisnis online starup?

Anda harus jago coding untuk bisa terjun disini. Apalagi coding untuk kode-kode pemgrograman berbasis Android. Algoritma Anda harus kuat ketika ingin menciptkan sebuah bisnis startup.


5. Bisnis Online Produk Digital

Bisnis yang satu ini sih sama konsepnya dengan bisnis Jualan Online. Tapi yang membedakan terletak pada produk yang dijual.

Jika produk jualan online yang dijual adalah barang-barang yang bisa disentuh, diraba dan terawang. Maka bisnis online produk digital ini akan beberda sama sekali karena barang yang dijual itu tidak bisa disentuh barangnya.

Memangnya produk apa yang tidak bisa disentuh?

Banyak. Contohnya penjualan software atau aplikasi baik untuk keperluan dekstop ataupun website. Untuk jaman sekarang, yang paling dibutuhkan adalah software untuk mendukung pengembangan sebuah website.

Bahkan ada software yang diperuntukkan untuk para penjual online ketika ingin memaksimalkan penjualan. Software untuk menjual produk di Facebook dengan mudah, software untuk Instagram, software untuk tetek bengek lainnya yang pada intinya untuk meningkatkan penjualan suatu produk di Internet.

Tapi model bisnis online seperti ini jarang banget diketahui oleh orang awam, karena pada kenyataannya, software-software tersebut berasal dari luar negeri yang kemudian dijual kembali oleh pihak ketiga di Indonesia yang sudah pernah menggunakan software tersebut.

Dan jika mau ikutan terjun dalam dunia bisnis online seperti ini, maka Anda harus benar-benar mengerti tentang penggunaan teknologi tersebut. Anda harus mengivestasikan waktu yang cukup banyak untuk mempelajarinya.

Menarik kan..?

Mau menjalankan salah satunya..?

Beri Komentar Anda Dibawah Ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon