Setelah Sukses Kapan Saatnya Boleh Melirik Peluang Usaha Lain?

Ada syarat bagi anda sebagai pengusaha yang mau membuka usaha baru. Syarat utamanya adalah fokus diawal usaha yang sedang dijalani dulu, kemudian tekun dijalankan secara terus menerus hingga sukses.

Setelah usaha anda yang satu ini dewasa, punya banyak karyawan dan sudah beromset minimal 100 juta rupiah, baru anda boleh melirik peluang usaha lainnya.

Namun tetap pada akhirnya usaha yang akan dibuka tidak akan jauh dari usaha pertama tadi. Masih satu jalur yang kemudian anda kembangkan karena belum tersentuh oleh usaha pertama anda.


Jangan Coba-Coba Buka Bisnis Lain Jika Anda Belum Mencapai Omset Minimal 100 Juta. Sukseskan Dulu Bisnis Yang Sedang Anda Jalani Sekarang!

Setelah semua urusan dalam usaha pertama anda sudah lancar yang bisa anda tinggalkan dan kemudian sudah ada karyawan yang bisa dipercaya. Maka itulah saatnya untuk boleh membuka usaha lain.

Usaha lain yang akan anda bukapun seharusnya masih berhubungan dengan usaha pertama yang sudah sukses.

Tujuannya agar mudah mencari pelanggan. Manfaatkan saja pelanggan lama anda dari usaha pertama tadi.

Incar saja mereka sebagai pelanggan untuk mengenalkan usaha baru anda. Sehingga akan memudahkan anda dalam berpromosi. Toh masih dalam satu kategori yang sama.

Misalnya usaha anda adalah fokus membuat produk kemeja kantoran. Setelah digeluti hingga sukses dan sudah mempunyai pelanggan tetap dari usaha tersebut, anda bisa membuka usaha dasi, usaha kaos kaki atau bahkan usaha sepatu pantofel.

Karena targetnya marketnya masih sama yaitu orang kantoran, maka usaha itu nantinya akan mudah untuk dijalankan. Itulah peluang usaha lainnya yang sebaiknya anda jalankan.

Bedain Antara Fokus 1 Dulu dengan Palugada

Jangan membuat kesalahan di awal usaha dengan ingin mengadakan semua produk kantoran pada usaha yang baru dirintis.

Fokuskan 1 produk dulu misalnya kemeja tadi kemdian baru ke yang lain seperti yang yang sudah dijelaskan diatas.



Tekuni dan serius disatu produk aja sebenarnya bisa menghasilkan Ratusan Juta. Jangan sekali-kali memilih jenis usaha PALUGADA (Apa yang Lu Perlu, Gua Ada).

Itu jenis usaha yang nantinya tidak akan bertahan lama, karena tidak akan bisa fokus dan susah untuk dimanage.

Iya kalau modal usaha yang anda miliki sangat besar, mungkin setidaknya butuh sejumlah Milyaran uang ketika ingin membangun sebuah usaha semacam itu.

Tapi yang sedang kita bahas adalah pengusaha individu yang ingin memiliki usaha sukses dengan jalan merintis dari bawah, bahkan dari NOL!.

Sehingga solusinya yaitu: "Jadilah Ahli"

Jika anda seorang penjual kemeja maka terjunlah sedalam-dalamnya dikemeja hingga anda benar-benar mengerti tentang jenis bahan, tipe, serat, dan model kemeja yang ada.

Kemudian jual kemeja tersebut hingga anda mencapai omset minimal 100 juta. Setelah itu baru buka usaha lainnya dengan brand yang sama atau berbeda.

Jika brandnya sama maka otomatis produk baru yang akan dibuat masih yang dibutuhkan oleh target market sebelumnya.

Jika target marketnya berbeda jauh, maka disarankan untuk membuat brand berbeda. Jangan dicampur aduk dengan brand produk pertama yang sudah dibangun.

Namun ketika target market untuk produk baru anda benar-benar baru dan harus mencarinya lagi dari awal. Anda tidak akan mencemaskan hal itu, karena anda sudah tau dan mengerti pola untuk sukses dari usaha pertama tadi.

Paham ya? Jelas banget kan?

Saya harap anda mengerti tentang pentingnya untuk fokus dalam 1 jenis usaha/ 1 satu jenis produk/ 1 satu jenis segemen terlebih dahulu sebelum anda membuka model usaha lainnya.

Sudahkah anda menentukan jenis usaha anda? 
Sudahkan anda fokus didalamnya? 
Sudahkah anda total dalam mengerjakannya?

Beri pendapat anda di komentar ya,,,
aaa

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon