Usaha Online Tidak Sebercanda Itu. Harus Fokus!

Melihat peluang bisnis online di Internet yang begitu banyak, membuat anda tergiur dan merasa terpanggil untuk menjalankannya.

Namun mungkin anda terkendala dengan pekerjaan untuk segera melangkah mencicipi manisnya rupiah dari bisnis online.

Sekarang posisi anda adalah karyawan yang bekerja disalah satu perusahaan. Tapi mungkin anda sedang ingin melakukan aktifitas lain yang menghasilakan seperti bisnis online misalnya.

Dan anda berpikir sepertinya anda bisa melakukan bisnis online walaupun sedang bekerja. Karena toh bisnis online kan mudah dan tidak harus kemana-mana. Hanya modal koneksi internet aja untuk menjalankan bisnis online. Begitu mungkin pemikiran anda saat ini.

Ini merupakan kesempatan atau kesempitan akal anda dalam melihat berbagai peluang menggiurkan yang sebenarnya tidak sebercanda itu untuk dilakukan.


Faktanya, anda tidak bisa menjalankan keduanya sekaligus dalam waktu bersamaan.

Ini bukan pendapat dari saya, ini adalah pendapat dari pakar-pakar bisnis yang memang sangat merekomendasikan untuk FOKUS ketika menjalankan suatu bidang usaha.

Saya hanyalah korban ketidak-fokusan tersebut, dan disini saya ingin membagi informasi yang sangat krusial agar teman-teman tidak salah dalam melangkah seperti saya.

baca ini juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online? Ini Jawabannya!

Saya akan mencontohkan diri sendiri yang masih berhubungan dengan permasalahan ini.

Contoh kesalahan jalan saya adalah tidak fokus tujuan utama ketika ingin membangun sebuah bisnis toko online di Internet.

Sering kali terjebak dalam hal pembangunan website toko online yang akan saya jadikan tempat jualan produk secara online.

Fokus saya berkutat diantara kode-kode HTML website toko online yang sedang dibuat, dan lupa akan tujuan utama dalam membangun website toko online, yaitu "Jualan".

Tujuan utamanya memang jualan online, tapi setiap hari waktu saya dihabiskan hanya untuk mengurus tampilan website toko online, mengurus link website toko online, mengurus SEO toko online, mengurus hal-hal kecil dalam toko online saya yang bahkan tidak berdampak pada penjualan nantinya.

Walaupun sebenarnya semua hal tersebut dilakukan agar nanti terjadi penjualan pada akhirnya. Dan itu memang penting untuk dilakukan ketika membuat sebuah toko online.

baca ini juga: Wajib Di Ikuti! 6 Kiat Sukses Melangkah Dalam Bisnis Toko Online

Tapi kesalahannya, saya terlalu fokus terhadap semua hal dalam website toko online yang sedang dibangun. Sehingga energi saya habis hanya untuk kepentingan yang penampilan website toko online yang sedang dibuat.

Pada akhirnya tujuan utamanya menjadi lama terwujud. Sering tidak terjadinya penjualan yang begitu lama, membuat saya lemas dan tidak bersemangat lagi. Kemudian yang terjadi adalah saya meninggalkan bisnis toko online tersebut.

Nah, yang sudah seperti itu saja, masih bilang bahwa saya kehilangan FOKUS dalam membangun usaha jualan online. Padahal sudah jelas, saya melakukannya agar terjadinya tujuan utama, yaitu terjadinya penjualan secara online.

Apalagi ketika anda yang masih bertanya "Bisa gak fokus bisnis online sambil bekerja?"

Jawabannya sudah jelas, Tidak!

Anda harus menentukan salah satu dari itu (Bisnis atau Kerja).

Mau Fokus Bisnis Online, ya tinggalkan Kerja. Terjun total kedalam dunia bisnis online dengan segala macam tantangannya.

Mau Fokus Kerja, ya udah fokus disitu. Targetkan posisi paling tinggi agar menjadi atasan yang paling atas.

Kalau sekarang anda sudah bekerja tapi juga ingin bisnis online, namun masih sayang kalau kehilangan pekerjaan. Lebih baik anda lupakan pernah membaca artikel ini. Karena ini bukan konsumsi bagi orang yang ingin menggenggam segalanya.

baca juga ini: Ini Rahasia Super Penting Sukses Bisnis. Tapi Sering Diabaikan

Selalu bersikap total ketika ingin fokus dalam bekerja, kejar karir setinggi-tingginya, tentukan target jabatan paling tinggi seperti jabatan CEO mungkin.

Juga harus total jika ternyata anda sangat ingin berbisnis online, maka segera resign untuk bisa total dalam menjalankannya.

Tapi jika anda tetap ngeyel mau melakukan keduanya (Kerja & Bisnis). Maka tidak ada jamin tujuan keduanya akan menghasilkan lebih. Yang ada hanya capek dan hasilnyapun tidak maksimal.

Alasannya anda hanya akan terjun setengah-setengah diantara keduanya. Karena disaat anda bekerja pasti akan terganggu oleh bisnis. Dan ketika anda sedang melakukan urusan bisnis anda akan terganggu oleh pekerjaan.

Pada akhirnya, dalam pekerjaan anda tidak bisa sampai puncak karir dan bisnispun sulit untuk mencapai puncak penghasilan. Anda harus pilih salah satu dan fokuskan sampai berhasil.


Jika pilihan anda bekerja, ya lanjutkan pilihan anda. Berjunglah disana samapai posisi CEO didapat. Jangan tanggung.

Jika pilihan anda bisnis, berjuanglah untuk mencapai sukses maksimal. Punya outlet 500 cabang misalnya dengan omset 100Jt perbulan. Jangan tanggung.

Maka jadilah orang SUKSES yang TOTAL dan hasilnya akan MAKSIMAL.

FOKUS saja disatu bidang.

Begitulah pesan dari para pakar yang sepatutnya kita turuti. Karena mereka sudah membuktikannya sendiri. Kini giliran anda memilih dan membuktikan.

Beri komentar untuk tulisan ini ya, agar saya belajar dari anda tentang fokus.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon