Jangan Bisnis Online Jika Belum Membangun Akar Yang Kokoh

Segala sesuatu mamang harus dimulai dari bawah! Dulu saya tidak benar-benar meyakini istilah tersebut. Tapi setelah perjalanan panjang yang melelahkan, akhirnya saya paham maksud istilah tersebut.

Saya sudah lama tahu istilah tersebut bahkan selalu membicarakannya kepada orang lain sebagai motivasi. Tapi saya tidak mampu untuk percaya total yang kemudian saya mau untuk menjalankannya.

Mungkin tidak dengan anda, anda pasti sudah perumpaman akar yang kokoh pada sebuah pohon. Coba anda bayangkan, sebuah pohon yang besar tidak mungkin memiliki akar yang kecil bukan.

Sudah dipastikan pohon yang besar akan memiliki akar yang besar, kuat dan kokoh. Setuju?


Hal seperti itupun akan berlaku bagi anda sebagai pengusaha online. Agar bisa sukses dan besar, maka milikilah akar yang kuat terlebih dahulu.

baca ini juga: Terbukti Ampuh! 7 Strategi Penting Sukses Bisnis Online Shop

Sadari betul oleh anda bahwa sesuatu yang tampak besar, pasti didorong kuat oleh sesuatu yang tidak tampak.

Jika anda mempunyai tanaman bunga, bagaimana caranya agar bunga tersebut bisa tumbuh dengan baik dan subur? yaitu dengan memperhatikan akarnya dulu dengan cara disiram setiap hari agar tumbuh baik dan subur.

Begitupun dengan kehidupan anda, jika ingin tumbuh sebagai seorang yang sukses, maka perhatikan dan perbaiki dulu apa yang ada dalam diri anda. Itulah akar.


Akar pohon terletak pada tanah, maka akar manusia terletak pada hati.

Sirami hati anda dengan terus mencoba tetap bersyukur, belajar untuk ikhlas, damai dan terbebas dari penyakit hati.

Penyakit hati itu hanya ada satu. Menurut tafsir Al-Qur'an yang pernah saya baca, penyakit hati seperti iri, dengki, berburuk sangka, sombong dan lain sebagainya itu bermula dari satu (1) penyakit hati.

Satu penyakit hati itu adalah "Ragu Terhadap Allah". Jadi siraman paling penting untuk hati manusia yaitu yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah bersama kita.

Allah tau apa yang terbaik untuk anda, Allah tau kapan waktu yang tepat untuk anda meraih sukses.

Asal yakin dengan terus berdoa dan kesuksesan yang anda inginkan pasti akan terjawab.

Jika anda pernah melihat seseorang yang bisnisnya gagal terus, sudah pasti masalahnya ada pada orangnya. Bukan pada faktor jenis bisnis yang diambil, buka dari faktor hoki apalagi faktor yang tidak diridhoi jalannya oleh Allah.


Kegagalan dalam berbisnis bukan terletak pada bisnisnya yang jelek. Tapi terletak pada pribadi orang tersebut.

Kualitas orang tersebut patut ditanyakan, karena mungkin dia belum memiliki akar yang kokoh.

Jika itu terjadi pada anda, jangan bersedih dan jangan berputus. Tidak patut kita sebagai muslim berputus asa dari rahmat Allah.

Teruslah berdoa, karena Allah sudah menjanjikan dalam kitab-Nya yang suci bahwa Dia akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Kemudian latihlah diri anda agar mempunyai akar sebagai pebisnis semakin kuat. Dan dibawah ini merupakan poin penting dalam melatihnya.

1. Maafkan semua hal buruk yang pernah terjadi pada hidup anda.
2. Maafkan orang-orang yang pernah menyakiti anda.
3. Bersihkan hati anda dari dendam, benci dan marah.
4. Miliki mindset (pola pikir) seorang pebisnis.
5. Miliki keyakinan sejati.
6. Miliki tujuan yang jelas.
7. Dekatkan diri anda dengan Sang Pencipta.
8. Ceburkan diri anda dalam keadaan tertantang.

Dengan mempunyai Akar yang kokoh akan mempengaruhi hidup anda sebanyak 80%. Dan sisisanya yang 20% merupakan faktor eksternal diluar diri anda.

20% sisanya seperti pengetahuan, strategi dan cara-cara manusia dibumi saja alias cara jalur bumi.

Sehingga jangan mau hanya mengandalkan jalur bumi saja yang hanya akan mencapai keberhasilan sebanyak 20%. Pakailah jalur langit yang bisa mencapai kesuksesan sebanyak 80%. 

Terlogika dengan jelas kan?

Cukup sampai disini Motivasi untuk anda seorang pebisnis online yang sedang mencari jalan keluar untuk menuju kesuksesan.

Percayakan saja semuanya pada Allah, Dia yang akan memberikan jalan terbaik untuk anda.

Jangan pernah ragu akan kebesarannya menuntaskan masalah dalam hidup anda. Karena Dia sesungguhnya sangat menyayangi hamba-hambanya yang beriman.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon