Mau Buka Bisnis? Pelajari Dulu Keyakinan Sejati Para Pebisnis

Kata Yakin berasal dari bahasa Arab yang artinya "Percaya". Keyakinan merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh manusia yang beragama, terutama dalam agama Islam.

Keyakinan dasar dalam Islam yang harus dipercayai ada 6. Seperti yang sudah teman-teman tau, 6 keyakinan itu disebut dengan "Rukun Iman".

Iman itu berarti yakin. Dalam dunia bisnis ketika anda sudah yakin akan memulai bisnis, maka anda sudah termasuk orang yang beriman. Begitu logikanya.

Keragu-raguan ketika ingin memulai bisnis akan berakibat fatal. Karena sifat ragu datangnya dari pihak "yang aku berlindung kepada Allah dari godaannya (setan) yang terkutuk".



Allah sendiri tidak suka dengan orang yang ragu-ragu. Karena itu sama dengan tidak mempercayai kebesaran-Nya dalam melakukan sesuatu.

Ragu kepada Allah adalah penyakit hati yang paling utama yang banyak menyebabkan munculnya penyakit hati yang lain (sombong, iri, dengki, benci, marah, berburuk sangka, takabur).

Dan sudah menjadi kepastian jika anda ragu ketika ingin memulai bisnis, maka kegagalan adalah hal mutlak.

Lihat juga: Inilah Mindset Yang Harus Dimiliki Seorang Pebisnis Jalur Langit

Tinggalkanlah keraguan anda, karena untuk mencapai kesuksesan anda perlu untuk yakin. Yakin berhasil, yakin bisa, yakin sukes merupakan kata-kata kunci untuk mencapai keinginan anda memulai bisnis yang sukses.

Mempunyai keraguan dalam hati akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan bisnis anda nanti. Dan akan menghambat kesuksesan anda.

Karena ragu merupakan ciri-ciri orang yang lemah, dan saya yakin anda bukan termasuk si lemah.

Yakin! itulah kuncinya. Jika anda masih ragu untuk memulai bisnis, maka tolong berhentilah untuk bermimpi menjadi sukses.

Keraguan dalam memulai bisnis bisa dicirikan dengan masih banyaknya pertanyaan dan ketakutan dalam diri anda dengan pertanyaan klasik seperti ini:

"Saya takut gagal"

"Bagaimana kalau saya bangkrut"

"Bagaimana kalau yang saya jual tidak laku-laku"

"Bagaimana kalau tidak balik modal"

"Bagaimana kalau saya salah milih bisnis"

Pertanyaan klasik diatas biasanya ditanyakan sebelum mereka memulai bisnis.

Hello! Anda dukun ya?

Belum mulai kok udah banyak banget ketakutan-ketakutan seperti diatas?

Belum juga memulai apa-apa sudah banyak prediksi yang negatif dan sangat melemahkan.

Itu gak logis teman.

Tapi jika boleh kita mempredeksi sesuatu hal dalam bisnis. Orang yang penuh dengan keyakinan akan membalikkan prediksi negatif tadi menjadi prediksi yang positif.

"Wah bisnis nih, Gimana kalau bisnis ini berhasil"

"Mantep nih jualan, Gimana kalau jualan saya laku keras"

"Widih strategi canggih nih, Gimana kalau saya bisnis pakai strategi ini, bisa meledak nih omset"

"Keren produknya, gimana kalau saya jual di online, bisa-bisa banyak orderan dari seluruh Indonesia."

Nah, hal-hal yang seperti itu boleh untuk dipikirkan, dan direkomendasikan untuk membangun semangat anda ketika ingin memulai bisnis.

Itulah disebut keyakinan. 

Memang keduanya masih sama-sama prediksi, tapi daripada mempredikasi kegagalan, kan lebih gurih memprediksi kesuksesan.

Mau pilih mana, mikir GAGAL diawal atau mikir SUKSES diawal dan diakhir.

Tapi mas, kalau seumpama "gagal beneran", gimana dong?

Waduh jahat banget pikiran anda. Belum juga berusaha, belum juga ikhtiar, belum juga berdoa. Anda sudah benar-benar merancanakan untuk "gagal beneran"?

Istighfar teman. Mungkin anda kurang keyakinan terhadap Dzat yang Maha Memberi.

Tapi mungkin pertanyaan buruk tentang kegagalan-kegagalan yang anda khawatirkan, maka coba jawab saja seperti ini:

Pertanyaan: "Gimana kalau saya gagal?"
Jawaban: "Coba lagi atuh, saya belum menyerah!"

Pertanyaan: "Gimana kalau saya bangkrut?"
Jawaban: "Gampang lah, buka lagi aja bisnis baru!"

Pertanyaan: "Gimana kalau modal saya gak balik?"
Jawaban: "Kaya tidak ada yang kaya aja. Minta lagi aja sama Yang Maha Kaya!"

Pertanyaan: "Gimana kalau produknya gak laku-laku?"
Jawaban: "Kaya gak punya senjata aja buat laku. Doa yang kenceng!"

Damai kan rasanya jika kita selalu merasa YAKIN seperti diatas. Ketika tidak ada keraguan sedikitpun, maka Allah akan mempermudah jalan kita menuju kesuksesan.

Keyakinan sejati terhadap kebesaran Allah merupakan hal paling utama dalam mewujudkan impian anda.

Jangan ragu dengan Dia, karena Dialah yang Maha Kaya. 
Jangan ragu dengan Dia, karena Dialah yang Maha Memberi.
Jangan ragu dengan Dia, karena Dialah yang Maha Mengatur.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon