Melirik Bisnis Online Ngeblog, Ya Harus Bisa Bikin Blog!

Ya, ini adalah tantangan tersendiri jika anda ingin terjun dalam bisnis online menulis sebagai Bloger.

Untuk selanjutnya bedakan antara Bloger (1 g) dengan Blogger (2 g).

Bloger = pelaku bisnis blog.
Blogger = nama platform.

Seorang Bloger harus bisa membuat sebuah website yang akan dijadikan sebuah blog. Blog yang didalamnya berisi tulisan-tulisan karya Anda sendiri.

Membuat blog bisa menggunakan platform gratis seperti Blogger dan Wordpress. Dua platform itu memang didesain khusus untuk para Bloger.

Di Indonesia sendiri, dua platform tersebut merupakan platform yang sudah banyak dipakai. Dan biasanya jika masih belum menggunakan domain pihak ke-3 maka akhiran (.blogspot.com) dan (.wordpress.com) akan menempel pada nama blog yang akan kita buat.

Misalnya kita akan membuat blog dengan nama Bisnis Biru dengan menggunakan Blogger.

Maka nama domain di Internet nanti yang bisa dikunjungi beralamatkan seperti ini: http://bisnisbiru.blogspot.com

Jika menggunakan Wordpress maka akan menjadi seperti ini: http://bisnisbiru.wordpress.com

Nah, karena kelihatannya nama tersebut terlihat kepanjangan, para Bloger bisa membuang nama akhiran bawaan dari platform bersangkutan.

Alasan lainnnya agar terlihat lebih profesional dan agar tidak terlihat sebagai "Bloger Yang Tidak Bermodal" tapi mau untung.

Sah-sah saja sih jika kita tetap menggunakan domain bawaan dari platformnya secara default. Tidak ada larangan atau peraturan baku tentang masalah ini.



Manakah Yang Unggul?

Performa masing-masing platform sama-sama mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Bagi saya pribadi Blogger adalah andalan selama ini.

Dengan tidak sama sekali menjelekkan pihak lainnya, platform Blogger merupakan hal yang selalu saja membuat saya betah menggunakannya.

Tapi jika ingin yang lebih powerfull, Anda bisa menggunakan Wordpress.org. Platform yang sama-sama dari perusahaan Wordpress sendiri dan tidak berbeda jauh dengan yang gratisan.

Hanya saja, Wordpress.org lebih powerfull, lebih lengkap fiturnya, lebih fleksibel dalam pengaturannya. Tidak terbatas seperti pada Wordpress biasa yang gratis.

Dengan Wordpress.org Anda akan lebih leluasa mengatur dan menambahkan alat-alat yang akan menjadi senjata dalam memaksimalkan blog yang Anda miliki.

Tapi ada performa ada harga. Karena jika ingin menggunakan Wordpress.org, Anda harus mengeluarkan biaya 3 kali lipat dari sekedar membeli sebuah nama domain.

Wordpress.org hanya bisa dijalankan jika Anda mempunyai sebuah hostingan atau tempat penyimpanan file-filenya secara online.

Wordpress.org biasanya sudah disediakan fasilitas untuk menerapkannya langsung pada jasa hosting dan domain yang menjadi langganan Anda di Internet.

Bahasa mudahnya Wordpress.org bisa langsung di install didalam hostingan yang sudah disewa oleh Anda.

Biaya Membuat Blog

Gratis! jika Anda hanya menggunakan platform default bawaan dari Blogger atau Wordpress.

Tapi untuk bisa mengganti nama domain bawaan, Anda mungkin butuh sedikit modal untuk menggantinya. Sekitar 90rb-150rb untuk satu domain yang akan disewa selama 1 tahun.

Namun jika ingin menggunakan Wordpress.org, biaya yang dikeluarkan bisa sampai hinga 600rb rupiah pertahun. Itu sudah dengan sewa nama domainnya juga.

Menghilangkan nama domain blogspot.com atau wordpress.com sebenarnya hanya mengalihkan alamatnya saja dengan cara mengubah alamat DNS-nya.

Tapi penjelasannya agak panjang untuk masalah setting DNS. Dan di blog ini saya tidak ingin membahas terlalu jauh tentang itu karena bukan tempatnya.

Pembahasan kali ini intinya saya mau memberitahu bahwa untuk menjalani bisnis online sebagai Bloger, Anda harus menguasai beberapa cara dalam pembuatan blog menggunakan platform yang disebutkan diatas.

Tidak ada cara lain untuk memiliki sebuah blog. Anda memang harus bisa mengoperasikan blog yang ada di Internet dan mengerti cara membuatnya. Dan juga tetap ada biayanya jika ingin blog kita terlihat lebih profesional dan bisa dipercaya.

Saya tekankan sekali lagi bahwa dengan menguasai beberapa cara dalam membuat sebuah blog, maka itulah modal awal untuk menuju ketahap selanjutnya ketika ingin mencari uang dari Internet.

Karena pada akhirnya, Anda akan berjibaku dengan beberapa setingan didalamnya. Baik setingan untuk tampilan blog yang akan dibuat maupun setingan kode-kode untuk penempatan iklannya yang akan menjadi sumber penghasilan Anda.

Jadi lebih baik belajar dari sekarang membuat sebuah blog. Gak harus langsung diisi konten juga gak apa-apa. Yang terpenting buat dulu aja, otak-atik dan terus mencari tau informasi tentang tips-trik membangun sebuah blog.

Membangun usaha memang tidak ada yang instan. Tapi langkah pertama harus segera Anda lakukan agar semakin cepat mengerti dan semakin cepat pula menghasilkan uang dari cara ini.

Cukup dari saya penjelasan standar ketika ingin memulai bisnis online dalam dunia Blogging.

Jangan berkecil hati jika ternyata Anda merasa belum bisa apa-apa dalam hal ini. Asal Anda tahu, saya juga masih belajar untuk urusan ini.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon