Pengetahuan Peluang Bisnis Online Shop Dasar. Penting!

Anda lagi bingung mau bisnis online tapi kok istilahnya njlimet dan banyak banget yang tidak dimengerti oleh anda.

Mungkin Anda bergumam: "Pengin sih ikutan bisnis online kaya orang lain biar jadi pebisnis kekinian pake internet. Tapi please, beri hamba pengertian tentang maksud bisnis online itu ya Tuhan.."

Jangan mengeluh teman, ada Bisnis Biru disini yang akan menuntun anda menuju jalan kebenaran sejati dalam bertauhid. Eh, malah ceramah, hehe.

Ok, begini teman-teman, disini saya ingin berbagai ilmu dasar tentang suatu bisnis online. Saya akan mencoba membahas dengan sedetail mungkin tentang apa sih Bisnis Online itu?

Tapi sebelumnya mari kita bedah kata per kata agar kita semakin gamblang mendefinisikan bisnis online. Setuju?



Pengertian Kata Online

Maksud Online disini itu adalah sesuatu yang berada dijalur kabel yang akan menghubungkan kita kedalam dunia maya atau lengkapnya adalah dunia "world wide web" disingkat (www).

Online sama istilahnya kaya "On Air" istilah di radio yang artinya "Mengudara". Jadi kata "Online" mempunyai arti "Menjalur". Haha, aneh ya, artinya baku banget. Tapi udah tau kan maksudnya.

Ya, Menjalur adalah istilah dimana kita akan terhubung dengan banyak orang didunia maya tadi. Jalur-jalur inilah yang disebut dengan lalu lintas Internet (International Network).

Begitulah bahasa gampangnya buat ngarti tentang satu kata "online" tersebut.

Selanjutnya tentang istilah bisnis online Anda mungkin sudah ada gambaran tentangnya. Yup betul, Bisnis Online merupakan bisnis yang dikerjakan didalam dunia maya dengan melewati jalur-jalur tadi.

Bisnis online tidak harus murni memperdagangkan produk yang dipakai khusus hanya untuk masalah online saja. Atau sebuah produk dari teknologi informasi saja. Tapi bisnis online juga bisa berlaku bagi siapa saja yang ingin menjual produk dagangan di internet.

Dan Offline adalah kebalikan dari Online,. Segala aktifitas perdagangan yang diluar jalur online disini akan kita sebut aktifitas Offline. Setuju?


Bentuk Bisnis Jualan Online

Bisnis online itu bentuknya sama dengan Bisnis offline. Apalagi untuk masalah bisnis jualan sebuah produk.

Nah, bisnis jualan produk secara online itu istilahnya adalah "Online Shop" atau Toko Online.

Misalnya nih Anda punya seorang kakak yang menjual sepatu disalah satu ruko dipasar terdekat kota Anda.

Kemudian Anda berinisiatif untuk menjualnya secara online. Setelah itu Anda membuat sebuah website untuk tempat memajang produk sepatu kakak kita tercinta.

Jika di Offline kakak kita memajangnya dengan cara menyewa sebuah ruko. Maka di Online kita akan memajangnya diwebsite yang Anda buat.

Jika kakak Anda mencari pelanggan dengan cara mengandalkan lokasi ramai disekitar pasar, maka Anda akan mengandalkan lalu lintas para pengguna internet untuk mencari pelanggan.

Jika kakak Anda bertransaksi dengan cara langsung dengan uang cash diterima dengan tangan, maka Anda bertransaksi dengan cara transfer antar bank.

Kebayang kan bisnis jualan online itu seperti apa?

Hanya seperti itulah bentuk bisnis jualan online. Saya tekankan lagi, disini kita sedang membahas Bisnis Jualan Online ya, karena masih banyak model bisnis online lainnya yang lebih menuntut kepada menguasai kemampuan disiplin ilmu tekhnologi dan informasi.

Tapi bagi kita-kitamah (eh kita, saya aja kali ya..) yang kelasnya pedagang kaki lima dipasar pagi, sudah cukup pengetahuan tentang bisnis jualan secara online seperti ini.


Jualan Go Online dengan Online Shop

Bisnis Online Shop sebenarnya merupakan model bisnis jualan pada umumnya. Jika tadi kasusnya kakak Anda yang jualan sepatu di pasar dengan cara menyewa sebuah ruko untuk penempatan produknya. Maka alangkah baiknya jika usaha si kakak tadi Anda viralkan di Internet.

Dengan kata lain, Anda tawarkan produk sepatu kakak Anda di Internet. Bentuk penawarannya bisa dengan menawarkannya di di sosial media seperti Facebook yang Anda miliki atau sekalian yang profesional dengan dibuatkan website.

Bisa juga kita masukkan kedalam sebuah pasar online yang biasa disebut dengan Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoppe, Lazada, BliBli dan lain sebagainya. Anda tinggal daftar akun disana dengan gratis dan kemudian Anda pajang produk sepatu kakak Anda disana.

Dan sebelumnya itu berarti Anda akan membutuhkan foto sepatu untuk di jual secara online nantinya. Tinggal fotoin sepatu milik kakak Anda tadi menggunakan HP Smartphone Anda .

Foto menggunakan HP Smartphone itu sudah cukup untuk menampilkan bentuk produk untuk kemudian dimasukkan kedalam Marketplace yang tadi disebutkan.

Mudah kan ternyata untuk bisa Berbisnis Online..

Konsepnya sama dengan jualan secara Offline. Hanya saja kita lebarkan sayap lebih luas lagi dengan cara di Online-kan alias Go Online.

Sekarang Anda sudah mengerti konsep dasar bisnis online yang sebenarnya. Untuk praktek lebih jauhnya lagi, ikuti terus perjalanan blog ini untuk mengenal lebih dalam dunia jualan online.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan baru tentang dunia bisnis online.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon