Perhatikan Ini Agar Jualan Online Laris. Yang No 3 Cukup Unik

Sebelum memulai usaha online, anda harus perhatikan betul hal ini agar terjadinya kemudahan dalam menjual produk secara online.

Ini sangat penting untuk anda terapkan jika ingin membuka toko online yang laris. Karena ini merupakan harta yang paling berharga didunia bisnis online.

Dan Agar Laris Jualan Online Perhatikan Data. Iya "Data" untuk dipakai oleh anda nantinya ketika ingin menjual produk secara online. Dan dari data inilah nantinya anda harus memilih produk-produk yang laris dipasaran.
Karena hanya dengan data, bisa dipastikan akan mudah menentukan produk yang HOT atau laris dipasaran. Dengan data anda akan mendapatkan kesempatan lebih besar memenangkan persaingan.

Terdapat 3 data yang wajib anda ketahui sebelum membuka bisnis toko online. 3 data berikut ini fungsinya untuk menentukan produk yang akan anda jual oleh anda.


1. Lihatlah Data Target Pasar

Sudah terlalu banyak pebisnis menjalankan bisnis hanya berdasarkan feeling. Feeling semata tidak akan cukup meyakinkan tanpa dibarengi dengan data.

Feeling untuk jualan satu produk belum tentu benar karena masih berdasarkan perkiraan saja. Jangan sampai anda salah memilih produk setelah sudah jor-joran mengeluarkan dana untuk produk tersebut.

Pakailah "Data Target Pasar" yang ada, kemudian cocokkan dengan keinginan anda dalam menjual suatu produk tertentu.

Seperti contoh, data target pasar di sosial media Facebook menunjukan pengguna terbanyak Facebook adalah usia antara 18-35 tahun.

Itu menandakan bahwa kebanyakan pengguna internet terutama sosial media adalah mereka yang masih berusia muda.

Informasi data lainnya juga menunjukan bahwa "Lebih dari separuh pengguna internet masih berusia kurang dari 30 tahun, sehingga ranah digital dan media sosial menjadi cukup basah dijadikan lahan pertumbuhan bisnis e-commerce".

Kemudian ada data dari salah satu Marketplace besar Indonesia menunjukan bahwa pembeli wanita ternyata lebih banyak dibanding pria.

Apa yang bisa kita ambil dari fakta data-data diatas?

Yup, dari data tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa jika kita ingin berjualan secara online maka carilah produk yang dibutuhkan oleh mereka yang berusia muda, berjenis kelamin perempuan dan yang suka aktif dimedia sosial.

Cari tahu keinginan mereka apa, permasalahan yang mereka hadapi, kebutuhan mereka, kemudian tugas anda adalah menyediakan suatu produk yang menjadi solusi bagi mereka.

Coba pikirkan baik-baik. Jika anda menjual produk yang memang terbukti akan menjadi solusi bagi target market yang potensial tersebut.

Maka jangan kaget jika penjualan anda bisa mencapai omset ratusan juta dalam sebulan.

Karena anda sudah menggunakan data, maka tidak perlu takut dan cemas tentang produk bisa laku atau tidak. Pasti Laku!

2. Lihatlah TREND Yang Sedang Berjalan

Anda boleh sedikit percaya pada Trend yang ada saat ini. Karena trend akan cepat merambat kepada masyarakat. Ambil kesempatan data trend yang sedang berkembang untuk berjualan online produk yang serupa.

Misalnya produk Hijab sedang trend maka juallah produk untuk pasar Hijaber (Pengguna Hijab). Karena memang pasar untuk Hijaber itu ada.

Produknya gak harus Hijab. Anda bisa menjual produk lain yang target marketnya masih sama yaitu Hijaber.

Misalnya produk kaos tangan atau kaos kaki khusus Hijaber. Produk E-Book atau Video Tutorial Hijab dan lain sebagainya.

Intinya manfaatkan pasar yang sudah ada tersebut okey..



Catatan: 
Lihatlah trend yang naiknya secara perlahan, karena nantinya itu akan bertahan lama. 
Jangan nyari trend yang naiknya cepat dengan sekali BOOM langsung melesat tapi cepat juga surutnya.

3. Gunakan Teknik Kepo

Masih sering Ngepoin mantan? stop dulu ya untuk terus-terusan ngepoin dia. Gunakan KEPO anda itu untuk hal yang bermanfaat dan menghasilkan.

Seperti KEPO terhadap data sebuah Marketplace untuk melihat-lihat produk yang berpotensial laris. Cari tahu tentang produk yang paling laris di Marketplace kemudian anda catet.

Teknik Kepo berguna untuk melihat pasar yang ada. Misalnya anda kepo di Marketplace Tokopedia dan ternyata produk paling laris saat ini adalah Jas Hujan.

Maka anda bisa tuh menjual produk yang serupa atau menjual produk lain yang pasarnya serupa. Produk lain untuk pasar serupa diatas misalnya Jas Hujan Sepatu, Jas Hujan Tas atau bahkan Jas Hujan Untuk Motor.

Dari 3 teknik jualan laris diatas, mungkin ada sebuah pertanyaan dalam benak anda seperti ini:

"Wah berarti produk yang saya ambil nanti pasaran dong. Gimana saya bisa bersaing untuk itu?"

Teman, perlu anda ketahui bahwa dalam bisnis persaingan itu akan selalu ada. Anda tidak bisa menghindari persaingan jika ingin mendapatkan keuntungan.

Pasar potensial akan ada banyak orang yang bermain didalamnya karena disitulah uang beredar. Disitu ada gula manis yang pasti akan mengundang banyak semut untuk datang.

Jangan takut untuk bersaing dengan semut yang sudah ada. Biarkan mereka sebagai penyemangat anda untuk terus tumbuh. Abaikan semut-semut lain, jadilah semut yang berbeda dengan setelan jas yang lebih mencolok.

Maksudnya siasati strategi pemasaran anda dengan diferensiasi pada produk anda. Itu berguna agar anda menang dalam persaingan. Kemudian genjot branding produk anda agar semakin kuat dan menjadi posisi pertama yang difavoritkan.

Gimana, sudah mudeng kan?
Sudah terbayang kan?
Sudah jelas kan?

Nih ada kalimat tambahan lagi yang disampaikan oleh pemilik referensi tulisan kali ini yang perlu anda catet.

"Bisnis bukan bicara keinginan anda. Tapi keinginan pasar"

Sudah jelas ya.. Beri komentar anda tentang ini dibawah okey..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon