Terbukti Ampuh! 7 Strategi Penting Sukses Bisnis Online Shop

Dari tahun ketahun bisnis online semakin meningkat pesat. Banyak pelaku bisnis yang tadinya berjalan secara offline kini sudah fokus hanya melayani pembelian secara online.

Bahkan para Marketing Exclusive atau para Sales Penjualan mulai melirik untuk menawarkan produknya melalui online.

Contohnya, baru-baru saya membuat website untuk tempat penjualan mobil. Bukan membuat untuk perusahaan mobil tersebut, namun hanya untuk seorang sales marketing yang ingin mencari pelanggan dari internet.

Dia berharap akan ada pemesanan dari daerah lain selagi dia sibuk keliling mencari pelanggan di kotanya. Kerennya, dia ingin websitenya di iklankan di Google agar mampu bersaing dengan yang lain. Karena memang sudah terbukti website yang diiklankan bisa mendapatkan pelanggan baru.

Dia sudah melihat kesuksesan rekannya dalam mencapai target penjualan beberapa mobil dalam sebulan. Dan banyak diantara pelanggan tersebut ternyata berasal dari luar daerahnya.


Ini menandakan bahwa ranah online merupakan gaya baru dalam menjual berbagai barang termasuk mobil sekalipun.

Bisnis online akan semakin melesat ditahun-tahun berikutnya, masyarakat pedesaanpun sudah tidak asing lagi dengan pembelian secara online.

Semua itu berkat strategi-strategi jitu dari pelaku bisnis online dalam menawarkan produknya lewat online.

Mereka sudah hapal betul cara-cara yang terbukti berhasil dalam meraup keuntungan dari berbisnis lewat online.

Dan bagaimana dengan anda?

Apakah anda sudah berhasil menerapkan cara yang benar agar bisnis online anda sukses?

Jika ternyata belum, jangan berkecil hati dan jangan terlalu dini untuk menyerah. Saya akan berbagi cara yang sudah terbukti ampuh agar sukses dalam bisnis online. Inilah 7 Cara Penting Agar Sukses Dalam Bisnis Online. Baca terus dibawah ini ya..


1. Tentukan Target Pasar Bisnis Online Anda

Masih banyak pelaku bisnis online jika ditanya "siapa target pasar anda?" mereka akan lantang menjawab "semua orang".

Jika yang bertanya adalah seorang mentor bisnis online, dia akan pasti akan cengengesan ngetawain anda.

Sambil garuk-garuk kepala sang mentor bisnis online akan memikirkan cara yang tepat dalam menyampaikan bahwa "Target Pasar Harus Ditentukan Sespesifik Mungkin".

Target pasar yang sudah ditentukan akan jauh lebih mudah dalam mendatangkan calon pembeli. Karena nantinya akan berhubungan dengan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Tidak menghabiskan dana dan tenaga jika target pasar sudah ditentukan. Karena nantinya tidak akan kemana-mana strategi pemasaran yang akan kita lakukan.

Strategi pemasarannya akan langsung mengena kepada konsumen yang memang membutuhkan produk kita.

Menentukan target pasar sama dengan mengidentifikasi konsumen yang benar-benar membutuhkan produk kita.

Dengan cara itulah, maka sebaiknya sebar jaring untuk menangkap konsumen pada area tertentu saja alias spesifik.

Bukannya menebar jaring di seluruh lautan yang begitu luas. Niatnya mau dapetin ikan, malah jaringnya sobek duluan sama ikan paus. Gak dapet apa-apa deh.

Tentukanlah spot untuk menjaring, jika yang dibutuhkan adalah ikan sarden, maka carilah area yang banyak ikan sardennya.

Jelas ya?


2. Pilih Produk Penetrasi

Secara bahasa orang awam produk penetrasi adalah produk yang paling cepat lakunya. Yang gampang ngejualnya dan banyak dibutuhkan orang banyak.

Misalnya, jika anda berbisnis toko online produk-produk gadget. Produk utamanya mungkin akan agak lama untuk bisa laku, tapi anda sudah punya produk lainnya yang akan menopang kesetabilan keuangan bisnis online anda ini.

Produk itulah yang disebut penetrasi. Produk penetrasi ini bisa berbentuk seperti aksesoris-aksesoris gadget yang paling banyak dicari. Misalnya kondom HP, Screen protect, Headset atau bahkan pengisian pulsa.

Biasanya produk penetrasi tidak jauh dengan produk-produk yang berharga lebih murah dari produk utama yang dijual.

Namun ini penting untuk diadakan agar konsumen tahu bahwa ada toko online punya kita yang menjual berbagai macam produk gadget.

Disinilah kita harus pandai memilih produk penetrasi yang seperti apa yang bisa menopang kebutuhan produk utama.

Atau bisa juga produk penetrasi itu adalah produk utama yang kita jual, namun karena sedang ada program untuk pengenalan produk terhadap konsumen, maka produk utama tersebut akan kita jual lebih murah.

Mungkin bisa dicapai melalui program diskon atau diadakannya bonus spesial untuk pembelian bulan ini.

Tapi percayalah, dengan adanya produk penetrasi, itu akan membangun image dan eksklusivitas brand toko online Anda di masyarakat.

3. Optimalkan SEO

Bisnis online yang sedang anda jalankan mungkin sudah berjalan dan sudah mempunyai sebuah website untuk kepentingan penjualan produk anda secara online.

Tapi tidak sebatas hanya mempunyai website saja dengan gambar-gambar produk yang ditampilkan. Deskripsi produk pada website online anda juga harus dioptimalkan semaksimal mungkin.

Teknik pengoptimalan website inilah yang biasanya disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) alias Optimalisasi Mesin Pencari seperti Google.

Deskripsi yang dituliskan harus benar-benar diperhatikan dalam setiap kata dan kalimatnya. Karena itu akan menentukan posisi kita dimesin pencari.

Karena posisi pertama dimesin pencari, akan membawa kepada kemungkinan para calon pembeli melihat-lihat dan membeli produk dari website kita.

Jika produk anda adalah toko online kemeja, maka bagaimana caranya disetiap kalimat Deskripsi selalu ada kata kemeja didalamnya.

Kemudian jika ada seseorang yang sedang mencari informasi penjual kemeja di mesin pencari Google misalnya, website kita akan muncul di urutan pertama.

Walaupun sekarang hal tersebut mulai tergeser oleh banyaknya iklan yang berjubel di Google. Tapi tetap masih efektif untuk menunjukan bahwa website kita memang disukai mesin pencari.

Tapi dengan aturan dan tata penulisan yang baik agar tidak dianggap spam (sampah) oleh mesin pencari. Hal itu juga ada ilmunya. Dan ilmu tersebut akan dijelaskan dibawah ini.


4. Pahami Ilmu Copywriting

Teknik yang baik untuk meningkatkan koversi penjualan adalah teknik Copywriting. Yaitu sebuah teknik tulisan penawaran yang susah ditolak oleh konsumen yang membacanya.

Copywriting merupakan tulisan yang mampu menggugah perasaan calon pembeli untuk membeli produk anda.

Penawaran menggunakan Copywriting penulisannya sudah tersusun rapih sebelumnya dengan tahapan-tahapan kata dan kalimat yang akan menggiring calon pelanggan untuk mengambil tindakan membeli produk anda.

Pemilihan kata juga sangat diperhatikan. Ada beberapa kata yang biasanya akan bermakna berbeda jika diterapkan untuk sebuah penawaran.

Jadi tidak sembarang ketika kita ingin menawarkan suatu produk secara online dengan tulisan. Ada tekniknya, ada ilmu. Dan semua itu bisa anda pelajari di blog ini.

5. Pilihlah Website Yang Responsive

Sebelum melakukan langkah 3 dan 4 diatas, tentunya anda harus sudah mempunyai sebuah website terlebih dahulu.

Karena website itulah yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan dari aktifitas berjualan online anda.

Dengan website, maka otomatis kita akan mendapatkan sumber trafik pengguna internet untuk dijadikan calon konsumen kita.

Namun perlu diperhatikan juga bentuk website yang akan dijadikan rumah bagi produk-produk yang akan kita jual.

Tampilan website yang baik bisa terbukti mampu meningkatkan kepercayaan dalam benak masyarakat agar selalu tertarik mengunjungi toko online kita.

Tampilan responsive juga sangat diperlukan. Resposive merupakan kata lain dari Fleksibel. Yaitu sebuah tampilan website yang mampu menyesuaikan secara otomatis di berbagai tampilan.

Misalnya jika kita membuka website disebuah laptop dengan ukuran layar besar, maka ketika dibuka di gadget atau hp android ukurannya akan menyesuaikan tanpa mengubah tampilan sebelumnya.

Itulah yang dinamakan Responsive desain. Tampilan website kekinian yang sudah sangat berkembang pesat dan sudah banyak digunakan oleh semua pelaku dunia online.

6. Sajikan Konten Berkualitas

Punya website sudah, mempelajari ilmu Copywriting sudah dan tau juga tentang teknik SEO. Semuanya sudah memenuhi syarat untuk anda ketika ingin mengisi website anda dengan konten.

Baik konten berbentuk teks dan gambar akan menjadi informasi yang menunjukan kualitas perusahaan bisnis online anda.

Sehingga dalam penyajian sebuah konten harus diusahakn untuk selalu berkualitas. Karena konten berkualitas tinggi akan mendorong pengunjung website online shop anda kembali lagi dan lagi.

Cari dan temukan gaya yang khas untuk merefleksikan ciri khas bisnis online anda. Perlu diperhatikan juga penyampaian nada yang pas untuk memberikan pengertian dan edukasi kepada calon konsumen.

Berikan informasi lengkap dan jelas tentang kebijakan usaha online anda. Tentang pelayanan dan cara pemesanan akan sangat membantu calon konsumen mengikuti alur website online shop anda.

7. Giring Konsumen Untuk Berlangganan

Gunakan aplikasi yang memberikan pelayanan kepada konsumen untuk mendapatkan informasi terbaru dari setiap produk online yang anda jual.

Atau juga untuk memberi tahu penawaran dan artikel-artikel terbaru yang bisa diketahui nantinya secara otomatis oleh pelanggan.

Untuk masalah ini, memang kita akan lebih dalam mengenal beberapa software untuk strategi pemasaran berbasis "Notification".

Ini merupakan salah satu strategi terbaru agar kita tidak gampang kehilangan konsumen. Strategi ini memang berfungsi untuk terus terhubung dengan konsumen yang sudah menjadi pelanggan toko online kita.


Jangan anggap mudah 7 strategi diatas. Pada prakteknya nanti, kita akan mengalami beberapa kendala yang akan menguras tenaga dan semangat juang untuk bisa berbisnis online secara sukses.

Tapi itu tidak boleh menjadi halangan untuk tetap terus bergerak mengejar impian suskes bisnis online. Harus selalu sisakan sedikit semangat agar tetap membuat kita hangat ketika terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Karena bisnis bukanlah lari marathon yang harus bergerak cepat-cepat dengan menghabiskan tenaga dengan sekali lari.

Bisnis yang baik itu berjalan seperti biasa karena menyadari jarak yang akan ditempuh sangatlah panjang. Untuk itu menikmati proses lebih penting daripada memikirkan hasil.

Semoga anda tetap semangat menjalani lika-liku bisnis online di internet. Sebagai motivor dadakan saya cukupkan sampai disini. :)

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon