5 Trend Peluang Usaha Online 2018 Yang Masih Terbuka Lebar

Peluang usaha untuk menghasilakan rupiah ditahun 2018 melalui internet masih sangat terbuka lebar bagi kamu-kamu yang ingin terjun menggeluti dunia bisnis online.

Meskipun masih banyak peluang usaha dibidang lainnya untuk tahun 2018, tapi jika kamu sedang penasaran banget dengan cara bisnis online, kamu bisa menjalankan beberapa pilihan peluang usaha yang diprediksi akan terus meningkat.

Beberapa pilihan sangat mudah untuk kamu jalankan. Dan mungkin saja sudah lama kamu mendambakannya. Misalnya kamu adalah orang yang hobi menulis, maka kesempatan menjadi seorang penulis berpenghasilan masih terus terbuka hingga saat ini.

Dan berikut akan saya ulas beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan secara online. Baca sampai selesai ya..


1. Peluang Usaha Bidang E-Commerce

E-Commerce (Electronic Commerce) merupakan suatu sistem perdagangan komersil yang transaksinya dilakukan secara elektronik.

Bahasa orang desanya jual-beli secara online yang pembayarannya dilakukan melalui transfer di ATM.

Peluang usaha ini sejak tahun 2010 sudah mulai menjamur dan hingga sekarang sudah banyak orang yang mengambil keuntungan besar dari usaha E-Commerce ini. Karena E-Commerce merupakan peluang usaha favorit nomor 1 bagi pelaku bisnis online.

Nantinya ditahun 2019 Kementrian Komunikasi dan Informatika memperdiksi transaksi dalam bidang E-Commerce akan naik mencapai Rp.130 triliun.

Peluang usaha yang sangat gurih untuk kamu jalani, karena fakta dilapangan sekarang pengguna internet sudah meningkat sangat pesat.

Sehingga peluang usaha ini tidak akan begitu mengalami kesulitan dalam menjalankannya. Karena terbukti secara data calon pelanggan potensial sudah banyak.

Dan juga saat ini banyaknya investor yang berbondong-bondong ingin menginvestasikan modalnya di bidang E-Commcerce. Siapin nyali kamu untuk dikucurin dana besar deh..


2. Peluang Usaha Desain Grafis

Kamu mungkin hobi mendesain menggunakan Photoshop maupun Corel Draw. Biasa membuatkan si dia foto dengan desain yang menarik untuk memberikan perhatian kamu terhadapnya.

Mungkin kamu menggunakan Corel Draw untuk membuat sebuah karya WPAP (Wedhas Pop Art) berwajahkan sang kekasih? atau wajah teman-teman yang baru lulus kuliah dengan menggunakan toga?

Daripada hanya digunakan sebagai hadiah, mending kamu buka saja jasa desain WPAP di Internet. Bikin website khusus penawaran jasa desain kamu, kemudian kamu share disosial media.

Website jasa WPAP kamu sebelumnya harus benar-benar berisi tulisan penawaran yang sulit untuk ditolak calon pelanggan.

Kamu juga bisa menawarkan untuk cetak hasil karya WPAP kamu kepada pelanggan lengkap dengan frame. Yang menurut saya bagus sih modelnya seperti poster gitu, dengan ukuran agak besar sekalian.

Kasih daftar harga lengkap di website kamu nanti. Berapa untuk hanya sekedar desain gambar WPAP-nya saja dan berapa untuk paket lengkap dengan frame.

Cetak gambarnya di Offset menggunakan kertas ivory. Hasilnya pasti keren dan sepertinya memang bisa tahan lama. Ini sebenarnya ide saya yang mau saya jalankan nanti. Hehe..

3. Peluang Usaha Mendirikan Startup

Bisnis Startup sejatinya adalah membuatkan suatu aplikasi berbasis Android maupun Dekstop untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Misalnya Go-Jek adalah aplikasi Startup yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memesan layanan ojek.

Atau Bukalapak, Tokopedia, Shopee adalah Startup dalam kategori Marketplace untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal berbelanja.

Yang terbaru dan sedang banyak saingannya adalah Traveloka, Pegi-pegi, Booking dan seterusnya adalah Startup yang dikhususkan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket maupun hotel saat bepergian keluar kota.

Jika saya ahli dalam bidang ini, mungkin saya akan membuat Startup yang memudahkan orang untuk belanja sayur mayur. Hehe cepat layu ding..


4. Peluang Usaha Jasa Digital Agency

Digital agency merupakan jasa yang masuk dalam kategori "Jaman Now". Dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang ingin bersaing dalam memperebutkan konsumen melalui internet.

Nama bidang yang tepat untuk jasa digital agency adalah jasa promosi dan pemasaran untuk sebuah website perusahaan.

Kamu bisa mengandalkan pengetahuanmu tentang teknik pemasaran online yang baik untuk membuka usaha Digital Agency ini.

Nantinya kamu akan membantu perusahaan mempromosikan produk-produknya agar bisa dikenal luas. Dan tentu targetnya adalah adanya pembelian setelahnya.

Bentuk promosi yang dilakukan seperti mensetting iklan yang akan ditempatkan di Google dengan menggunakan Google Adword.

Bentuk lainnya seperti iklan-iklan banner pada sebuah website yang sudah terkenal atau memanfaatkan iklan di sosial media seperti Facebook.

Jangan menganggap semua orang bisa melakukan hal itu ya teman-teman. Mungkin mereka bisa melakukannya sendiri, tapi tidak ada waktu untuk mengurusnya.

Sehingga perusahaan akan sangat membutuhkan jasa-jasa seperti ini nantinya. Dan itulah peluang kamu.

5. Peluang Usaha Reseller, Versi Kekinian

Menjadi reseller sudah banyak dilakukan orang-orang yang juga ingin mencicipi rupiah dari online.

Semua toko online, baik retail produk maupun brand produk sendiri yang ada di Internet pasti sudah membuatkan program khusus Reseller.

Sudah sejak lama kesempatan itu sudah diketahui oleh banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan dari Internet. Tapi pergerakannya seperti agak tersendat-sendat dan susah dalam bersaing dengan yang lain.

Dan sebenarnya ada versi kekinian yang belum diketahui banyak orang tentangnya. Versi Reseller kekinian tersebut yaitu menjual produk-produk dari lapak Marketplace kedalam Sosial media. Sosial media disini saya spesifikan menjadi Facebook ya.

Di Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Zilingo, Mataharimall, dan lain sebagainya ada begitu banyak produk yang dijual. Dan juga banyak suplier yang menyediakan stok produk melimpah.

Kamu tinggal cari produk yang sedang laris dipasaran (riset terlebih dahulu). Kemudian masukkan kedalam Facebook untuk ditawarkan dengan menaikkan selisih harga untuk keuntungan kamu.

Facebook disini maksudnya adalah Halaman Facebook yang harus dibuat oleh kamu khusus dipakai untuk berjualan. Promosikan produk dari Marketplace di Halaman Facebook kamu dengan cara organik maupun berbayar.

Tampilan dan cara promosinyapun sudah disediakan oleh pihak Facebook ketika ingin berjualan disana. Ada yang namanya konversi, trafik, engagment dll. Tapi sebelumnya pastikan kita membuat penawaran di Facebook dengan tulisan yang menjual ala Copywriting.

Nanti kamu tinggal pilih mau seperti apa ujung-ujungnya melakukan promosi di Halaman Facebook tersebut. Ujung-ujungnya agar pembaca menghubungi kamu untuk melakukan pemesanan? Atau mau diarahkan ke website toko online kamu? (prosesnya berantai).

Nah, jika yang diharapkan kemudian adalah adanya pemesanan dengan menghubungi nomor WA kamu. Kamu tinggal ambil alih setelah ada yang menghubungi.

Followup terus hingga terjadi deal (kesepakatan). Ketika sudah deal, kamu balik lagi tuh ke Marketplace untuk melakukan pemesanan ke Suplier.

Dikirim atas nama kamu dengan alamat pemesan tadi yang sudah kamu rayu-rayu sebelumnya. Dengan begitu, maka kamu sudah berhasil menjadi Reseller Kekinian.

Menarik bukan?

Gurih-gurih kan peluang usaha online tahun 2018 ini. Kamu harus pandai-pandai mencari peluang usaha seperti ini bisa mengikuti perkembangan jaman.

Karena banyak prediksi bahwa arah perdagangan kini semakin bergeser. Akan ada perubahan besar untuk setiap proses jual-beli dan juga pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Jangan hanya jadi penonton melihat pergerakan besar tersebut. Jadilah peserta didalamnya, dan cicipilah kerenyahan-kerenyahan bergelut dalam dunia usaha online.

Kamu sudah siap ya? Beri komentar kamu tentang ini dibawah ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon