Perhatikan 6 Alasan Usaha Anda Harus Memiliki Website

Mungkin sekarang nih, usaha anda sedang tidak berjalan dengan baik yang pergerakannya seperti disitu-situ saja, tidak kemana-mana.

Punya pelanggan pun hanya itu-itu aja, tidak ada tambahan pelanggan baru satupun. Harapannya sih usaha anda akan membesar seiring waktu berjalan, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Anda merasa usaha anda kok semakin mengecil. Usaha anda semakin terlupakan bahkan oleh pelanggan-pelanggan lama. Usaha anda tersalip oleh pesaing lain yang lebih kreatif berpromosi.

Wah itu gawat, setelah mengecil biasanya akan menghilang nantinya. Itu bahaya!.

Meskipun usaha anda adalah skala kecil menengah, namun anda harus tetap semangat untuk terus memberikan sentuhan baru agar usaha anda semakin berkembang. Betul?


Anda butuh strategi baru untuk mempertahankan usaha yang sudah dirintis sejak lama oleh anda.

Salah satu strategi yang mampu memberikan sentuhan baru terhadap usaha kecil anda adalah dengan membuat website untuk usaha anda.

"Apa? Website? usaha saya bukan toko online mas. Usaha saya bergerak dibidang real secara offline. Kaya jasa gitu modelnya."

Ish,ish,ish.. Nih yah saya beritahu, mau usaha anda yang realnya kaya gimanapun yang bahkan tidak diperuntukan untuk pembelian secara online. Misalnya saja JASA NGELAS sekalipun, untuk jaman sekarang anda diharuskan memiliki website untuk itu.

Apalagi jenis usaha real anda seperti warung makan, warung kopi, industri kreatif, industri makanan, industri pertanian, perdagangan sayur mayur dan lain sebagainya.

baca juga ini: Ini Cara Powerfull Mendatangkan Pembeli Ke Toko Online Anda

Usaha seperti dagang jagung rebus aja sudah memiliki website seperti yang dilakukan Royal Jagung Company ini, masa anda tidak?. Padahal hanya perdagangan jagung rebus kecil-kecilan yang dikelola secara individu. (itu punya saya, hehe.)

Meskipun pada kenyataannya usaha anda masih kecil yang hanya memiliki 5 karyawan atau bahkan lebih sedikit dari itu, tapi kebutuhan untuk dibuatkan website sangatlah penting di jaman informasi global saat ini.

Fungsinya sangat penting yang bisa dijadikan sebagai BUSINESS CARD (Kartu Bisnis) Jaman NOW yang berbentuk digital. Akan sangat bermanfaat sekali untuk memberikan informasi tentang usaha anda bagi pelanggan.

Dan dibawah ini akan saya jabarkan 6 alasan lainnya jika anda kurang yakin bahwa membuat website untuk usaha anda adalah langkah strategis agar usaha anda bertumbuh.

Teruskan membaca.


1. Orang Menggunakan Internet Untuk Informasi Alamat

Saya tanya sama anda, seberapa sering anda menggunakan internet untuk mencari jalan jika anda tersesat dijalan?. Atau untuk mencari suatu tempat ketika anda hendak menuju kesana?.

Ketika anda merasa termudahkan menemukan tempat tersebut berkat informasi yang ada di internet, kenapa tidak anda terapkan ke lokasi usaha anda untuk memudahkan calon pelanggan menemukan usaha anda.

baca juga ini: Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Market Yang TEPAT

Dengan adanya website, sangat memungkinkan informasi alamat usaha anda akan ditemukan oleh setiap orang. Karena di website yang akan anda buat, anda bisa memasukkan alamat, kontak atau bahkan petunjuk jelas nama jalan dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memasukkan peta kedalamnya, agar semakin mudah orang menemukan lokasi usaha anda. Apalagi untuk bisnis lokal, ini sangat penting dilakukan.

Karena ternyata pelanggan potensial jaman sekarang sudah menggunakan HP-nya yang canggih untuk menentukan tujuan kemana dia akan pergi dengan survei terlebih dahulu melalui internet.

Misal ada seseorang sedang lapar di malam hari, kemudian dia mencari makanan yang dekat dengan rumahnya melalui internet di HP nya dan kebetulan dia menemukan informasi website anda sebagai penjual nasi goreng yang lokasinya tidak jauh, sudah dipastikan dia adalah pelanggan yang akan datang membeli nasi goreng pada anda.

Lihat bagaimana ajaibnya website mendatangkan pembeli untuk seorang penjual Nasi Goreng. Kenapa tidak dengan anda?

2. Dengan Website Usaha Anda Akan Semakain Populer

Menurut penelitian, setiap orang akan mencari informasi tentang kredibilitas usaha anda di internet sebelum mereka memutuskan untuk membeli dari anda.

Dengan adanya website bisnis anda yang sudah mendapatkan ulasan baik tentangnya, akan sangat membantu calon pembeli menjadi tambah yakin untuk membeli.

Sehingga jika pembeli/ pemakai jasa usaha anda merasa puas, mereka juga akan merekomendasikan dan membuat ulasan baik tentang bisnis anda.

Karena dengan kepuasan maka akan dengan mudah mem-VIRAL-kan. Setuju?


3. Dengan Website Akan Mudah Mendapatkan Pengakuan Dari Orang

Dulu orang-orang akan mengecek keberadaan fisik sebuah bisnis dengan berkunjung langsung ke tempat bisnis tersebut. Sehingga kita sering mendengar istilah "Kunjungan Industri" Betul?

Untuk jaman digital sekarang, orang sudah terbiasa menilai bisnis dengan hanya melihat website bisnis tersebut. Dan itu akan memudahkan untuk mendapatkan pengakuan yang baik untuk bisnis tersebut.

Orang akan mengganggap bisnis anda terbukti ada dan akan dianggap profesional karena sudah tersedianya website untuk kebutuhan informasi mengenai bisnis anda.

baca juga ini: Penting! Gunakan Personal Branding Dalam Bisnis Online

Namun jika ternyata bisnis anda tidak mempunyai website sama sekali, ini bisa menimbulkan pertanyaan tentang bisnis anda di mata pelanggan.

Pelanggan akan berpikir buruk tentang kepercayaan bisnis anda. Pelanggan akan menganggap remeh bisnis yang anda jalankan, karena ketiadaan informasi bisnis di website.

Gak mau kan di pandang seperti itu?

4. Website Akan Memberi Jalan Lain Menggaet Pelanggan


Dengan adanya website bisnis milik anda, ini otomatis menghadirkan bisnis anda di ranah internet. Dan bisnis yang sudah beredar di internet akan mempunyai kesempatan besar dalam mendatangkan pelanggan yang lebih banyak.

Dengan begitu bisnis anda akan dikenal oleh semua orang. Produk atau jasa yang anda hasilkan akan mudah di temukan orang.

Memiliki Website merupakan cara terbaik mendatangkan pelanggan-pelanggan baru yang tadinya tidak tahu produk/ jasa anda menjadi tahu karena keberadaan website anda di internet.

Selain itu potensi target market di internet, baik untuk seluruh wilayah maupun lokal sekalipun, banyak sekali yang bisa anda bidik dalam proses pemasaran produk atau jasa anda.

5. Memiliki Website Akan Memudahkan Anda Memiliki Data Pelanggan

Sudah tahu kan data pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki?. Ketika anda sudah memiliki data pelanggan yang pernah membeli/ memakai jasa bisnis anda, akan jauh lebih mudah membujuk mereka untuk membeli lagi daripada membujuk pelanggan baru.

Dengan memiliki website, itu akan memudahkan anda dalam mengumpulkan data-data calon pelanggan anda. Dan ketika anda ingin membuat suatu penawaran akan jauh lebih mudah menjangkau mereka dengan data tersebut.

baca juga ini: Terbukti Ampuh! 7 Strategi Penting Sukses Bisnis Online Shop

Data tersebut bisa berupa alamat email dan nomor hp. Mereka akan cenderung lebih percaya pada penawaran melalui email/ hp daripada hanya penawaran omong kosong pada sebuah brosur.

Alasannya karena data email dan hp itu bersifat pribadi, pelanggan akan suka dengan pendekatan yang lebih intense karena akan terlihat lebih perduli terhadap persoalan mereka.

Mantap kan..?

Bagaimana pendapat anda tentang ini?, sudah jelas kan betapa besar manfaat yang akan didapat jika memiliki website untuk usaha anda.

Jika anda belum memilikinya, langkah pertama mulailah dengan mendaftarkan nama domain disni terlebih dahulu. Setelah itu lihat kebutuhan website untuk bisnis anda ini.

Sekali lagi, website diperlukan untuk segala jenis usaha baik kecil maupun kecil menengah apalagi untuk usaha lokal. DISARANKAN!

Ada pendapat lain? Tinggalkan komentar anda dibawah ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon