Apakah Toko Online Itu Sebenarnya? Pebisnis Online Wajib Tau!

Jika Anda mengaku sebagai seorang pebisnis online, sudah faham belum nih tentang pengertian sebenarnya bisnis online? Jangan-jangan Anda masih menggunakan HP sebagai sarana jualan online Anda.

Apakah benar Anda adalah seorang pebisnis online yang katanya jualan produk secara online, tapi kok kelihatannya Anda masih menangani pelanggan secara manual lewat HP..?

Sangat bisa digambarkan ketika Anda menangani pembeli masih memakai jalur Chat di HP, Anda pasti sangat kewalahan membalas pesanan pelanggan.

Mungkin tidak akan begitu berat jika hanya 1 orang pelanggan yang setiap hari Anda layani. Tapi bagaimana jika ternyata usaha online Anda tiba-tiba mendapatkan pemesanan lebih dari 100 pelanggan? Apakah Anda sanggup melayani chat ke 100 orang seperti itu di waktu yang sama?

Saya kasih tahu Anda, bahwa hal yang sepeti utu namanya bukan bisnis online, tapi masih "SEMI ONLINE". Karena Anda masih sama ribetnya dengan bisnis Offline ketika melayani pemesanan, hehe..

baca juga ini: Wajib Di Ikuti! 6 Kiat Sukses Melangkah Dalam Bisnis Toko Online

Bukankah sejarah sudah jelas mengatakan bahwa tujuan e-commerce (Perdagangan Online) adalah untuk memudahkan pelanggan?

Seperti yang dilakukan oleh Amazon, situs Business To Customer (B2C) berbasis e-commerce pertama yang mengusung konsep pembelian suatu produk hanya melalui 'KLIK' dengan tujuan untuk MEMUDAHKAN pelanggan.

Sehingga pelanggan ketika ingin pesan sesuatu tidak perlu lagi RIBET dengan proses tanya jawab yang mungkin sering Anda lakukan.

Nah, apakah bisnis online yang Anda jalani sekarang sudah memudahkan pelanggan dan memudahkan Anda sendiri..?

Dan jika Anda bertanya, apa saja yang membuat suatu bisnis online sudah bisa disebut mudah?

Maka dibawah ini adalah jawaban yang perlu Anda ketahui. Teruskan membaca ya..


1. Bisa Melakukan Pemesanan Online

Bisnis online mempunyai tujuan utama agar mempermudah pelanggan memesan dari Toko Online yang Anda miliki. Di dalam Toko Online Anda, pelanggan hanya melakukan langkah mudah ketika akan membeli sebuah produk.

Pelanggan bisa langsung memasukkan produk tersebut ke dalam keranjang belanja tanpa perlu bertanya-tanya kembali tentang orderan produk yang di inginkan.

Itulah yang dinamakan dengan Pemesanan Full Online. Dan Andapun akan bekerja secara efisien tanpa perlu lagi membalas satu persatu pertanyaan pelanggan terkait orderan. Karena semuanya sudah berjalan secara otomatis di dalam sistem Toko Online Anda.

2. Hitung Ongkos Kirim Otomatis

"Sebentar ya saya cek dulu Ongkirnya" Dan waktu pun berjalan tik tok tik tok.. kok tega sih Anda nyuruh pelanggan untuk menunggu.

Jangan biarkan seorang pelanggan menunggu Anda hanya untuk mengecek ongkos kirim. 

Toko Online seharusnya mempunyai sistem hitung ongkos kirim otomatis. Sekalinya mereka memasukkan alamat, maka total ongkos kirim akan langsung tersedia disana.

Dan Anda pun tidak perlu kerepotan mengecek biaya secara manual satu per satu pelanggan. Iya jika pelanggannya hanya 1-2 orang, bayangkan jika Anda melayani pelanggan ratusan setiap hari. Bisa putus tuh jari.

3. Sistem Pembayaran Otomatis

Sebuah E-Commerce yang baik adalah yang mempunyai teknologi yang memungkinkan untuk mengecek transferan secara otomatis.

Anda tidak perlu repot memberitahu pelanggan tentang transferan yang sudah diterima. Begitupun juga dengan pelanggan, tidak perlu repot-repot mengirim bukti transfer dengan cara manual.

Pelanggan tinggal melakukan konfirmasi langsung dari Toko Online Anda dan akan secara otomatis Anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan tentang transferan melalui Email. Begitupun dengan pelanggan.

4. Autoresponder

Khusus bagi Anda sebagai pemilik Toko Online, mengirimkan informasi terkait detail orderan baik tentang produk, total belanja, ongkos kirim dan cara bayar bisa dilakukan secara otomatis.

Ketika ada yang memesan dari toko online Anda, Anda tidak perlu mengetik sebuah sms panjang mengenai itu semua. Autoresponder akan menangani hal tersebut bahkan bisa dipakai untuk melakukan follow up ke pelanggan.

Follow up untuk memberitahu pelanggan untuk segera transfer untuk menyelesaikan proses pemesanan produk dari toko online Anda.

Dan juga bisa memberitahu tentang proses pembayaran yang sudah sukses dilakukan. Itu semua bekerja secara otomatis tanpa perlu Anda repot-repot mengirimkan sms secara manual.

Sudah paham kan perbedaannya..?

Jadi, bagaimana dengan Toko Online Anda..?

Apakah masih SEMI OFFLINE dengan segala kerepotannya..?

Atau sudah FULL ONLINE dengan berbagai kemudahannya..?

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon