6 Cara Ampuh Lariskan Toko Online Di Media Sosial

Apakah Toko Online yang Anda miliki sudah banyak yang mengunjungi, kemudian banyak juga yang membeli? Jika belum ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan strategi pemasaran Media Sosial.

Karena Media Sosial adalah tempatnya menghabiskan waktu orang-orang secara pribadi, Media Sosial merupakan cara terbaik agar bisnis Anda dapat tetap terhubung dengan pelanggan.

Mereka akan membiarkan orang lain memasuki kehidupan pribadi mereka demi mendapatkan informasi baru di luar kehidupannya. Sekaligus sebagai wawasan dan ide-ide baru untuk diterapkan ke dalam kehidupan yang mereka jalani.

Hal seperti itu juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk Anda lebih dekat kepada pelanggan dengan terus mendekati calon pelanggan potensial agar lebih intense.

Salah satu Media Sosial yang terbukti berhasil dijadikan strategi promosi pendekatan pribadi adalah Facebook. Facebook sangat efektif untuk mendekati pelanggan secara intens.

baca juga: Ini Rahasia. Strategi Facebook Marketing Dengan Akun Pribadi

Tapi beberapa Media Sosial lainnya juga cukup berpengaruh dalam menaikkan status Toko Online Anda menjadi lebih terpandang di jagat internet dan tentunya lebih laris.

Dan berikut beberapa Media Sosial yang bisa Anda manfaatkan penggunaanya demi mendekati pelanggan lebih personal untuk tujuan melariskan Toko Online Anda.


1. Strategi Media Sosial Facebook

Facebook Marketing, merupakan strategi yang kini mulai ramai digunakan demi mendapatkan pelanggan paling potensial dengan produk yang Anda tawarkan.

Menggunakan Facebook marketing sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis dan juga terhadap pelanggan itu sendiri.

Kini semua orang semakin mudah mendapatkan produk yang benar-benar sedang dibutuhkannya dengan bantuan Facebook Marketing yang di prakarsai oleh para pelaku bisnis.

Dan ada dua keuntungan yang bisa Anda lihat dengan menggunakan Facebook Marketing.

1) Keuntungan Bagi Bisnis Ke Pelanggan

Halaman Facebook (Fans Page) memungkinkan setiap pelanggan tetap bisa berhubungan dengan Bisnis Anda, dalam hal ini adalah Toko Online Anda.

Mereka akan tetap bisa melihat penawaran yang sedang Anda lakukan dengan hanya "Menyukai" Halaman Fans Page Toko Online Anda. Sehingga setiap kali ada penawaran dari Toko Online Anda, mungkin DISKON atau ada PRODUK BARU, secara otomatis akan terlihat oleh akun Facebook mereka.

Anda juga dapat menambahkan fitur lain didalam Fans Page Toko Online Anda dengan 'Shop Tab'. Ini berfungsi untuk menampilkan produk yang Anda jual layaknya sebuah etalase produk.

Walaupun masih sebagian kecil saja yang menggunakan fitur tersebut, namun Facebook sudah melihat ada potensi besar ketika produk online yang dijual cukup hanya dengan di tampilkan disana.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu memiliki sebuah website toko online untuk memperdagangkan produk. Sistem Etalase toko online sudah dipersiapkan oleh Facebook dengan proses pembelian yang bisa dilakukan disana.

2) Keuntungan Dari Pelanggan Ke Pelanggan

Memaksimalkan Media Sosial Facebook dan terus mendorong pelanggan untuk selalu berinteraksi dengan Toko Online dapatkan meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan juga teman-teman mereka.

Pelanggan akan membicarakan hal-hal mengenai Toko Online bersama teman-teman mereka dan mungkin akan merekomendasikan Toko Online Anda kepada teman-temannya.

Sehingga akan sangat membantu Toko Online Anda menjadi terkenal dan Viral. Karena ketika pelanggan mulai menyukai artikel atau produk yang Anda bagikan di Halaman Fanspage Toko Online Anda, mereka biasanya akan berkomentar kemudian membagikannya.

Sangat menguntungkan dengan Efektifitas tinggi yang bisa memungkinkan terjadinya suatu pembelian terhadap produk yang Anda jual. Dan juga menguntungkan bagi pelanggan dan teman-temannya karena mendapatkan informasi yang baru dan pengetahuan baru tentang suatu produk atau jasa.


2. Strategi Media Sosial Twitter

Dibandingkan Facebook, peminat Twitter kini semakin berkurang. Tapi disana masih terdapat pengguna setia Twitter yang masih suka memainkannya.

Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan salah satu cara dalam mendekati pelanggan. Karena twitter termasuk media sosial yang lebih personal, sehingga ini akan menjadi jembatan yang bagus untuk tetap terhubung dengan penggermar produk yang Anda tawarkan.

Namun harus diperhatikan, Anda tidak boleh terlalu sering memberi mereka link penjualan produk-produk Anda. Beri saja mereka link artikel-artikel yang mengedukasi dan bermanfaat didalam akun twitter Toko Online Anda.

baca juga: Ini Rahasia Super Penting Sukses Bisnis. Tapi Sering Diabaikan

Anda juga bisa menerapkan kolom 'tweets' didalam Toko Online Anda untuk memudahkan akun Twitter Toko Online mendapatkan banyak pengikut.

Akun twitter juga masih bermanfaat untuk dijadikan cara-cara unik dalam berpromosi, seperti memberi kode diskon, memberi potongan harga bagi yang mau retweet dan lain sebagainya.

3. Strategi Bookmark 

Bookmark memungkinkan orang untuk menyimpan sebuah informasi yang dirasa penting untuk dibaca kembali. Biasanya Bookmark diperlukan agar pembaca tetap mendapatkan update terbaru dari website yang telah mereka ikuti.

Anda bisa menawarkan sebuah cara agar pelanggan mau memberikan Email mereka untuk bisa Bookmark toko online Anda demi mendapatkan sebuah informasi berharga.

baca juga: 2 Cara Mudah Memulai Bisnis Online. Bisa Dilakukan Sekarang Juga!

Dan kedepannya, email tersebut akan menjadi data penting untuk mensukseskan toko online yang Anda jalani.

Bookmark merupakan cara lain agar toko online yang Anda miliki mempunyai peringkat tinggi di dalam lalu lintas mesin pencari seperti Google.

Dengan banyaknya orang yang mem-bookmark toko online Anda, ada kemungkinan pelangga merasa tertarik terhadap produk Anda. Mereka hanya sedang menunggu penawaran terbaik yang mungkin akan Anda tawarkan kapan hari.

4. Strategi Konten Video

Video yang digarap dengan baik, merupakan cara terbaik saat ini untuk melibatkan calon pelanggan tetap dekat dengan Anda.

Tapi tidak berarti Anda harus mempunyai sebuah studio film dengan kamera berkualitas tinggi. Cukup hanya dengan menawarkan tayangan menarik dan unik dalam mengedukasi pelanggan yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Anda mungkin bisa membuat sebuah video review produk yang Anda jual, tentang cara pemakaiannya, tentang hasil yang didapat setelah menggunakan produk tersebut dan lain sebagainya.

Kemudian upload video Anda di dalam media sosial berbasis video seperti Youtube dan Vimeo. Disana Anda akan mendapatkan penonton relatif mudah dan bisa juga nantinya dibagikan ke media sosial lainnya.

baca juga: Mengambil Peluang Usaha Online Tidak Sebercanda Itu. Harus Pilih dan Fokus!

5. Dapatkan Review Produk / Komentar / Masukan Pelanggan

Review dan komentar produk membantu menjadikan toko online memiliki umpan balik (feedback) yang bagus untuk disukai oleh mesin pencari Google. Sehingga akan sangat membantu toko online Anda mudah untuk ditemukan oleh pengguna internet.

Dan menariknya, dengan adanya review dan komentar, akan membuat toko online Anda selalu terpandang sebagai konten baru bagi mesin pencari. Dan akan menghasilkan ranking yang sangat bagus bagi toko online Anda di internet.

6. Jalankan Blogging

Blog adalah cara terbaik dalam menyediakan konten yang berfungsi untuk meningkatkan pengunjung ke dalam sebuah Toko Online. Sekaligus sebagai index tambahan yang akan masuk ke dalam mesin pencari dari Toko Online Anda.

Sehingga tidak hanya mengandalkan halaman-halaman produk saja yang mungkin produk Anda ternyata sedikit.

Anda bisa mengandalkan Blogging dalam rangka meramaikan Toko Online Anda agar banyak pengunjung yang datang sekaligus agar selalu tampil fresh bagi mesin pencari.

baca juga: Melirik Bisnis Online Ngeblog, Ya Harus Bisa Bikin Blog!

Blog sangat baik dan paling direkomendasikan untuk mengkomunikasikan informasi terbaru terkait Toko Online Anda. Mungkin Anda akan memberi informasi tentang diskon dan promosi-promosi tertentu yang bersifat terbatas. Semua bisa dilakukan didalamnya.

Untuk menjalankan blogging Anda dituntut untuk terus mengupdate blog toko online Anda. Gunakan juga analisis web untuk mengetahui seberapa sering pelanggan mengunjungi toko online Anda.

Untuk penerapan Blog ke dalam toko online Anda, Anda bisa menggunakan Sub Domain dari toko online Anda seperti (blog.tokoonlineanda.com) atau (tokoonlineanda.com/blog).

Atau bisa juga sekaligus dijadikan satu dengan toko online yang Anda miliki. Dimana didalamnya terdapat kategori khusus Blogging. Sehingga tidak perlu kemana-mana ketika akan menjalankan Blogging.

Cara-cara diatas merupakan kunci sukses bisnis online. Percayalah untuk saat ini, tidak ada jalan yang lebih baik selain mempromosikan melalui Media Sosial.

Sip Ya..

Beri Komentar Anda Ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon