Ayo Bisnis Online! Ini 4 Langkah Praktek Cara Membuka Usaha Online

Peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah sudah pasti adalah bisnis jualan online. Keuntungan dalam perdagangan jualan online, di tahun ini sangat meningkat pesat dan tajam dan akan terus bertumbuh hingga tahun-tahun mendatang.

Itu ditandakan dengan hadirnya iklan-iklan di televisi yang sekarang kebanyakan adalah iklan sebuah Marketplace untuk mengajak masyarakat berbelanja secara online.

Iklan Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Blanja.com, BliBli, Lazada sudah mulai bermunculan sejak awal tahun 2017.

Tidak hanya itu, iklan produk berbasis layanan pemesanan pun ikut nimbrung di tv; seperti Traveloka, Tiket.com, Mr. Aladin dan yang terbaru Booking.com juga ikutan untuk mempromosikan layanan Startup masing-masing.

Dan lihat saja, ketika adanya peringatan HARBOLNAS yang sering diadakan di akhir tahun oleh semua pihak yang bergerak di dalam perdagangan online.

HARBOLNAS "Hari Belanja Online Nasional" juga menjadi pertanda bahwa gerakan bisnis online sangat DAHSYAT hingga ada hari peringatan secara Nasional.

Tidak hanya di Indonesia, diseluruh belahan dunia jualan online merupakan pergerakan bisnis favorit yang sangat menguntungkan. Dan diperkiran hingga tahun 2021 keuntungan dari proses jual-beli online akan meningkat 4 kali lipat dari sekarang.

Jika Anda tergiur ingin terjun ke dalam bisnis online, tahun depan merupakan kesempatan Anda untuk ikut berpartisipasi dalam pergerakan perdagangan online yang sudah menguntungkan banyak orang.

Anda bisa memulai berbisnis online dengan cara terbaik yang sudah terbukti menjanjikan kesuksesan. Namun sebelum memulai Anda sebaiknya mengetahui langkah-langkah dan tahapan yang harus diikuti untuk bisa SUKSES dalam bisnis  perdagangan online.

Dan dibawah ini merupakan cara yang bisa dipraktekan untuk membuka usaha online.

Terusakan membaca..




1) Cari Target Yang Spesifik

Pahami dulu bahwa posisi Anda adalah penjual online dari sektor usaha kecil menengah. Untuk itu penting dalam menentukan target yang lebih spesifik karena Anda bukanlah kelas yang harus bersaing dengan pihak-pihak Marketplace dengan stok barang sendiri; seperti Lazada atau Mataharimall yang mempunyai modal milyaran.

Tapi bukan berarti UKM tidak bisa berjualan secara online karena modal yang dimiliki tidak sebesar para raksasa Marketplace.

Justru inilah kesempatan Anda untuk menjadi AHLI dalam suatu produk. Ada banyak peluang yang bisa Anda temukan untuk menjual suatu produk yang belum ada di Marketplace besar.

Anda bisa mencari TARGET MARKET SPESIFIK yang antusias terhadap sesuatu namun belum terlayani kebutuhannya.

Misalnya sekelompok penggemar olahraga tertentu yang merasa kesulitan untuk membeli suatu barang yang di jual secara online. Atau juga penggemar karakter buku komik tertentu merasa kesulitan mendapatkan boneka figur dan kaos sablon bergambar karakter kesukaannya.

Ketika mereka tidak dapat menemukan barang yang dibutuhkannya di Marketplace, itu merupakan target potensial Anda, untuk menjual produk yang dibutuhkan pada mereka.

Untuk mencari target market, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan sosial media seperti Facebook. Dan mulai dengan sekedar menguji saja, anda bisa menampilkan suatu produk yang ingin anda jual kemudian iklankan produk di Facebook untuk di arahkan ke dalam blog yang membahas tentang produk tersebut.

Jika ternyata iklan berkinerja baik, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah menemukan sekelompok pembeli potensial yang akan dijadikan target market Anda.

Sehingga sekarang Anda sudah tahu produk apa yang harus disiapkan untuk di jual secara online.

baca juga: Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Market Yang TEPAT

2) Mulailah Mencari dan Bekerjasama Dengan Produsen

Setelah Anda menentukan produk yang akan dijual, sekarang saatnya untuk bertindak mendapatkan barang dagangan. Cara mendapatkan barang dagangan tidak harus membeli langsung secara Grosir.

Langkah awal, Anda bisa menggunakan sistem Dropship yang ditawarkan oleh produsen. Daftar dan bekerjasamalah dengan produsen tersebut untuk ikut menjualkan produk yang dimiliki produsen.

Sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan tentang pengiriman barang dan stok pergudangan. Karena semua tugas tersebut akan dilakukan oleh produsen, Anda hanya akan fokus untuk menawarkan barang ke target market Anda.

Jika ternyata usaha untuk menjual barang yang dibutuhkan target market Anda membuahkan hasil yang besar. Ada baiknya Anda mulai memikirkan untuk stok barang sendiri.

Sekalian carilah produsen internasional yang menawarkan produk serupa dengan harga jauh lebih murah dengan sistem pembelian secara grosir.

Anda bisa melirik Alibaba sebagai tempat untuk mencari produk-produk yang dibutuhkan target market spesifik Anda. Akan ada banyak produsen yang sudah menyediakan produk jadi yang bisa dibeli secara grosir.

Anda juga bisa bekerjasama dengan produsen tersebut untuk menciptakan sebuah produk custom yang sesuai dengan pemesanan Anda.

Namun Anda harus mengetahui dan memastikan perhitungan biaya yang dikeluarkan. Karena ini nanti akan berurusan dengan pihak pengiriman barang secara Internasioanl dan juga bea cukai. Untuk memastikan bahwa biaya total produksi tidak melebihi harga normal suatu produk.

baca juga: Inilah Peluang Bisnis Online Terbaik Yang Bisa Dimulai Hari Ini

3) Bikin Website Dengan Platform Toko Online

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah website yang berfungsi sebagai TOKO ONLINE produk jualan Anda. Website yang mempunyai sistem tersendiri dapat juga disebut sebagai FLATFORM.

Sehingga Flatform Toko Online adalah website yang khusus dijadikan sebuah tempat penjualan barang dagangan yang sudah mempunyai sistem pemesanan dan sistem pembayaran secara online.
Untuk sebuah website perdagangan online, orang luar biasa menyebutnya "Toko E-Commerce". Orang pribumi kita menyebutnya sederhana saja "Toko Online".
Ada banyak Platform Toko Online dari luar yang sudah terkenal diseluruh dunia. Salah satunya adalah Flatform Shopify yang mudah dan fleksibel.

Ada juga Platform Big Commerce yang mempunyai sistem yang lebih kompleks dan lengkap. Juga Platform Magento yang mengincar pemilik bisnis-bisnis kecil.

Tapi dari semua itu, ternyata ada juga Platform karya orang pribumi asli Indonesia, yaitu YUKBISNIS.

YukBisnis menyediakan kemudahan fasilitas bagi pelaku bisnis UKM di Indonesia.

Ditambah dengan alat-alat (tools) yang lengkap untuk mendukung totalitas dalam pemasaran produk yang Anda jual.

Platform Yuk Bisnis, sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang mempunyai target market spesifik yang menjual satu produk tertentu.

Namun semua kembali pada Anda. Apapun Flatform yang Anda pilih, Anda pasti ingin sebuah Platform yang menyediakan dukungan terhadap target market Anda selama 24 jam dalam seminggu. Dan tentunya dengan harga yang murah saja.

baca juga: 6 Alasan Usaha Anda Harus Memiliki Website

4) Gunakan Strategi Marketing Media Sosial

Setelah Toko Online Anda sudah aktif dan sudah mulai berjalan, kini saatnya untuk membangun semacam strategi digital. Fungsinya untuk mendapatkan pengunjung ke Toko Online Anda agar bisa menjadi pembeli pada akhirnya.

Media Sosial seperti Facebook dan Instagram merupakan tempat yang tepat untuk menjalankan Strategi Marketing yang efektif. Bisa juga memanfaatkan Twitter dan LinkedIn yang akan cukup membantu mempopulerkan Toko Online Anda.

Strategi Marketing yang tepat adalah dengan cara PASANG IKLAN didalam Facebook atau Instagram (Untuk sekarang iklan dalam Facebook sudah bisa otomatis ditampilkan di Instagram).

Tampilkan produk yang akan Anda jual dengan strategi penawaran yang manis. Ini tidak jauh berbeda dengan langkah 1 ketika masih menentukan target.

Yang membedakan adalah tujuannya. Kali ini Anda ingin agar target market berkunjug ke Toko Online Anda untuk membeli. Dan akan jauh lebih mudah jika pada langkah pertama Anda sudah benar-benar mendapatkan target market yang spesifik.

Target Market Anda otomatis akan langsung tertarik terhadap produk Anda dan kemungkinan untuk membeli juga sangat besar.

Itu dikarenakan Anda sudah melakukan riset target market jauh-jauh hari sebelum menjual barang dagangan sekarang ini.

baca juga: Senjata Utama Bisnis Online Yang Akan Meledakkan Penjualan

Mulai terlihat hubungannya kan..?

Setelah Toko Online Anda sudah berjalan selama beberapa bulan, Anda juga masih bisa memanfaatkan target market dari hasil iklan tadi.

Gunakan Retargeting. Bikin Iklan Penargetan Ulang ketika ada sebuah produk baru dari Toko Online Anda. Atau digunakan untuk follow up target market yang belum membeli produk dari Toko Online Anda.

Anda tidak perlu melakukan riset lagi seperti langkah pertama. Cukup dengan memanfaatkan data target market yang sudah ada, dan Anda pun bisa mencari target-target baru yang serupa dengan Retargeting ini.

Selalu Pantau Kinerja Toko Online Anda

Untuk mengetahui dan memahami bagaimana perkembangan Toko Online Anda, "Gunakanlah alat analisa bisa bekerja otomatis memantau kinerja Toko Online Anda".

Alat Analisis ini bisa menganalisa tentang berbagai perilaku pengunjung Toko Online Anda. Seperti melihat berapa lama pengunjung berkunjung ke Toko Online Anda, melihat dari mana mereka berasal, melihat halaman produk mana yang paling banyak di kunjungi dan lain sebagainya.

Manfaatkan Google Analytic, tools GRATIS yang sudah disediakan oleh pihak Google untuk memantau kinerja Toko Online Anda. Tools yang sudah dipercaya oleh jutaan webmaster untuk menganalisa perkembangan suatu Website.

Anda juga bisa mempertimbangkan tools lain seperti Mixpanel dan KISSmetrics sebagai alternarif lain untuk memantau kinerja Toko Online Anda. Tapi keduanya merupakan tools berbayar dan pastinya yang berbayar akan mempunyai kinerja yang lebih baik dengan detail yang lebih lengkap.

Menggunakan Analisis Website sangat penting untuk bisa melakukan tindakan tepat di masa depan. Anda bisa menentukan mana stock produk yang seharusnya dikurangi dan mana yang harus ditambahkan di dalam Toko Online Anda.

Sangat menarik kan..?

Ya, langkah diatas merupakan langkah praktis yang memang harus Anda praktekkan.

Anda tidak boleh hanya berkeinginan untuk berbisnis online tanpa tau langkah-langkah yang tepat untuk menjalankannya.

Sudah lebih dari cukup menggunakan 4 langkah diatas untuk bisa memulai bisnis online dengan mudah.

Siap ya untuk Action..?

Kata YA dengan lantang jika Anda mau serius menjalankan bisnis online.

"YA..!! saya mau"

Maka Bergeraklah Sekarang Juga.

Tapi jangan lupa beri komentarnya ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon