Ini Cara Powerfull Mendatangkan Pembeli Ke Toko Online Anda

Bagaimana seharusnya yang dilakukan agar Toko online yang sudah menjadi jantung bisnis anda ramai pengunjung? Mau kan toko online anda dikunjungi banyak orang dan laris tidak karuan?

Cara terbaik ini merupakan langkah tepat untuk anda lakukan jika ingin produk yang anda jual banyak yang membeli. Ini sangat penting untuk anda kuasai. Soalnya, jika toko online anda sepi pengunjung emang siapa yang akan beli?


Logikanya, makin banyak semut yang datang makin cepat gula itu habis. Makin banyak pengunjung yang datang, kemungkinannya BESAR jualan anda laris. Benar kan?

Masalahnya adalah bagaimana cara untuk menggiring semut-semut kedinginan yang merayap diatas tembok itu, agar mau berkunjung ke toko online anda? (Hehe,, semut bisa kedinginan toh..)

Caranya yaitu dengan menguasai SUMBER TRAFFIC yang ada. Sumber Traffic ini adalah cara untuk mencari para calon pembeli agar mau menuju toko online anda.

Tapi sebelumnya anda sudah menentukan jenis semut yang akan digiring, jenis semut ini biasa disebut dengan TARGET MARKET.

Kan gak mungkin jika ingin menggiring ibu-ibu tapi anda jualannya spartpart motor. Salah target keles. Target Anda Harus Tepat!!

Baca juga: Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Ini

Anda harus tau siapa target market yang sedang anda giring. Siapa mereka apa kebutuhannya, apa masalahnya, apakah ada relevansi dengan produk yang anda jual?

Dan pertanyaan masih berlanjut. "Dimana saya bisa menemukan mereka?". Dibawah ini akan saya jabarkan, teruskan membaca ya..
 


Mencari Sumber Traffic

Saya tekankan lagi disini, sebelumnya anda harus benar-benar sudah tau target market yang akan dibidik. Ini untuk mempermudah anda dalam menjalankan strategi pemasarannya.

Di Internet banyak sekali sumber traffic yang bisa anda jadikan calon pengunjung toko online anda.

Tapi saya tidak punya pengetahuan yang lebih tentang keseluruhan sumber traffic yang ada. Namun jika dilihat dari jenis sumber traffic yang ada, bisa dibilang ada 3 jenis sumber traffic yang bisa anda pakai.

Diantaranya adalah:

1. Traffic Gratisan
2. Traffic Berbayar
3. Traffic Rekomendasi

Mari kita bahas satu persatu agar toko online yang sedang kita jalankan semakin banyak pengunjungnya dan LARIS. Amin. (Aminin dong..Hehe)

Baca Juga: Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Market Yang TEPAT

1. Traffic Gratis

Gak enak juga kalau disebutin kata gratis, karena pada prakteknya, traffic jenis ini harus dibayar mahal dengan waktu dan pikiran.

Tidak boleh bercanda dalam melakukannya. Hal itu harus dilakukan dengan serius dan tekun. Dan cara ini tidak sehina itu untuk diremehkan.

Karena ada berbagai macam cara yang memang AMPUH ketika mencari traffik menggunakan jenis ini. Seperti menggunakan 6 cara dibawah ini:

1. Gunakan Akun Facebook Personal

Anda bisa menggunakan akun facebook untuk berjualan. Namun ingat "Jangan Fokuskan Untuk Jualan". Tapi fokuskan untuk berbagi. Sharing-haring dulu, selling-selling kemudian.

2. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Menggunakan akun instagram untuk bisnis butuh perjuangan ekstra. Perlu trik agar intagram bisnis anda banyak pengikutnya. Triknya:

- Sebelum mengikuti orang lain pastikan didalamnya sudah ada foto-foto produk anda. Minimal 20 produk yang ditampilkan.

- Follow akun para artis, setelah 1 menit unfollow kembali, kasih jeda 1 menit kemudian follow lagi, 1 menit kemudian unfollow lagi. Lakukan seperti itu hingga anda bosan untuk /artis yang di ikuti.

- Rutin upload foto produk. Lakukan setiap hari.

3. Gunakan Teknik SEO di Toko Online

Kebanyakan pelaku bisnis online males untuk menulis deskripsi produk secara lengkap. Yang disebutkan hanya spesifikasinya saja tanpa ada penjelasan yang bikin orang tertarik.

Untuk sekarang, usahakan tulisan deskripsi untuk setiap produk mengandung kata kunci produk tersebut dengan penjelasan panjang akan manfaat dari produk anda.

Sebutkan juga kelebihan-kelebihannya, benefit atau mungkin bonus yang akan didapat jika membeli produk anda saat itu.

4. Gunakan Artikel di Blog

Dukung toko online dengan membuat sebuah Blog. Atau jika toko online anda ternyata ada fasilitas Blog-nya, maka isilah tulisan mengenai masalah calon pembeli produk anda.

Misal anda jualan obat kuat, ya tuliskan saja masalah-masalah pria yang kurang bertenaga.

Atau anda jualan Hijab? tuliskan motivasi bagi wanita bagi yang ingin berhijrah menjadi muslimah yang baik.

Sip?

5. Gunakan Youtube

Cara ini menuntut anda untuk lebih kreatif. Buat channel di Youtube yang berisi video tips dan trik mengenai produk yang anda jual. Atau tentang video sosial yang berhubungan dengan produk anda nantinya.

Sedikit susah menjelaskan, karena trik ini memang membutuhkan kreatifitas tinggi untuk membuatnya. Jika anda belum bisa, maka tidak masalah. Lanjutkan apa yang bisa aja.

6. Gunakan Database

Maksudnya ini mengandalkan data pelanggan yang sudah anda punya sebelumnya. Misalnya anda punya list data email pelanggan. Kirimkan mereka tips dan trik yang berurutan: edukasi bermanfaat > pengetahuan tentang produk anda > baru penawaran.

Trik ini juga biasa disebut dengan E-Mail Marketing. Anda juga bisa memanfaatkan email sebagai sarana mendapatkan traffic ke toko online anda. Atau langsung dijadikan sarana penjualan produk anda juga bisa. Tapi perlu belajar untuk bisa menguasainya. Semangat ya..

2. Traffik Berbayar 

Sumber traffic ini akan sangat AMPUH dalam mendatangkan pengunjung yang banyak dan cepat!. Sudah jelas karena traffic yang akan didapatkan dari hasil membayar.

Membayar siapa? Anda bisa memanfaatkan program advertising dari Google, Facebook (+Instagram), Jasa Endors atau lainnya.

Program Advertising dari Google anda bisa memilih jenis-jenisnya. Mau yang bayarnya per klik, per tampilan, per tayangan jika di Youtube dan lain sebagainya.

Di Facebook anda juga bisa memanfaatkan banyak jenis traffic yang bisa anda jalankan. Ada traffic yang bisa menuju ke toko online anda, ada traffic yang menuju langsung ke penjualan produk anda, ada traffik yang khusus menayangkan video atau gambar atau artikel anda.

Butuh strategi tepat agar penggunaan traffic dari Facebook ini berjalan maksimal. Jelas ini membutuhkan proses dan waktu yang banyak untuk mempelajarinya.

Siap untuk terus belajar? 

Baca Juga: Melirik Bisnis Online Ngeblog, Ya Harus Bisa Bikin Blog!


3. Traffic Rekomendasi

Biasanya traffic ini adalah hasil dari REVIEW produk anda oleh orang lain. Review yang dilakukan oleh orang lain bisa berbentuk dari akun Instagram, bisa juga dari website atau portal informasi yang masih berhubungan dengan produk anda.

Review produk dari Instagram sama halnya dengan Endorsment. Anda harus membayar mereka untuk mau mereview produk anda. Pilih Selebgram yang sudah kredibel dan mempunyai banyak Followersnya dan sesuai dengan citra produk anda.

Review produk dari Website yang sudah mempunyai pengunjung banyak. Biasanya mereka akan menawarkan kerjasama untuk keperluan peningkatan kepercayaan produk yang anda jual.

Mereka akan menuliskan pengalaman mereka menggunakan produk anda sehingga nantinya akan merekomendasikan produk anda kepada pengunjung website mereka.

Gimana? sudah siap menjalankan Traffic Berbayar? Jika anda mau mengincar kecepatan dan target market yang benar-benar spesifik maka menjalankan iklan di Facebook adalah yang terbaik.

Cukup kiranya pembahasan kali ini ya..

Mari kita berdoa agar saya dan anda selalu diberi keberkahan dalam bertindak. Agar hidup semakin mudah, produk laris manis gak karuan.

Setuju ya..?

Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon