Inilah 5 Cara Menghasilkan Uang Online. Bikin Situs-Situs Kaya Gini

Sepertinya Anda sedang memimpikan sebuah penghasilan dari internet yang akan menebalkan dompet Anda.

Selain sebagai tambahan dari pekerjaan utama, anda juga bisa menjadikan bisnis online sebagai lahan untuk bekerja di rumah. Apakah itu mungkin?

Mungkin saja, namun seperti pada kasus bisnis lainnya, untuk memulai bisnis online yang sukses, Anda juga perlu perencanaan dan usaha yang tidak asal-asalan. Bisnis online juga butuh keseriusan dalam mengerjakannya, tidak sebercanda itu untuk dijalankan.

Misalnya anda ingin memulai bisnis toko online yang menjual sebuah produk. Yakin, ketika anda sedang bekerja, mampu anda tangani dengan baik jika ada orderan?

Namun terlepas dari itu, berikut adalah 5 pilihan model bisnis online yang yang bisa anda jalani untuk tahun ini, sehingga anda bisa mulai menghasilkan uang secara online. Simak terus.


1. Situs E-Commerce (Toko Online)

Situs atau bahasa lainnya Website e-commerce jadul (jaman dulu), dirancang untuk sebuah bisnis penjualan produk yang dilakukan secara online. Didalamnya terdapat katalog produk dengan sistem pembelian menggunakan keranjang belanja.

Jika dulu untuk membuat sebuah toko online mungkin akan memerlukan biaya yang mahalnya minta ampun, seperti amazon misalnya, yang benar-benar dibangun dari nol. Sekarang Anda bisa menggunakan penyedia jasa hosting dan domain yang menyediakan paket untuk membuat toko online.

Sebenarnya ini kemudahan jaman sekarang dalam dunia perdagangan online. Anda tidak harus bersusah payah untuk membuat toko online dari nol. Fokuskan kesibukan anda dalam mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

2. Situs Pasar Online (Marketplace)

Peluang menghasilkan uang yang paling gurih dan sedang gencar-gencarnya di Indonesia. Setelah beberapa tahun sebelum tahun 2017 hanya ada 2 situs jenis Marketplace yang ada di Indonesia, di tahun ini ternyata banyak bermunculan situs Marketplace baru.

Di tahun  sekarang, diprediksi akan terjadi lonjakkan besar transaksi online di Marketplace. Karena masyarakat sudah teredukasi dan terbiasa melihat iklan Marketplace yang sering muncul di televisi.


Ini kesempatan besar untuk terlibat didalamnya. Anda bisa ikutan menjual suatu produk di Marketplace.

Daftarkan diri Anda dengan nama Toko Online yang ingin anda buat. Misalnya anda ingin menjual hijab, pakai saja nama "Syafira Hijab" karena nama anda mungkin adalah Dina Syafira (itu nama teman saya ding..).

Tidak perlu khawatir tentang promosi untuk mengundang pelanggan datang ke akun lapak anda di Marketplace.

Pihak Marketplace yang akan berusaha mendatangkannya. Anda tinggal upload foto produk disana, kemudian tunggu saja sampai ada yang nanya-nanya produk anda. Asik kan?

3. Situs Blog Pribadi (Blogger)

Membuat blog pribadi merupakan cara jaman digital sekarang dalam menulis curhatan pribadi. Jika dulu anda biasa menggunakan buku diary, sekarang pakailah blog.

Banyak sekali blog-blog baru bermunculan, karena membuat blog memang nyatanya mudah membuatnya. Anda tidak perlu membayar untuk mempunyai sebuah blog. Banyak blog gratis yang bisa anda jadikan sebagai diary sehari-hari anda.

Namun jika anda sedikit lebih kreatif, anda bisa memanfaatkan blog sebagai peluang menghasilkan uang secara online. Anda bisa mendaftarkan blog yang anda miliki untuk di isi dengan iklan di halaman blog.

Misalnya yang terpopuler dan paling banyak dijadikan pakai adalah Google Adsense. Tapi tidak hanya itu untuk bisa menghasilkan uang dari blog, banyak cara lain yang bisa anda manfaatkan dari blog.

4. Situs Informasi (Portal Berita)

Ini tidak jauh dari model blog yang dibisniskan. Buatlah sebuah website yang akan membahas informasi tertentu. Fokus dalam menyajikan topik tulisan merupakan rahasia sukses di bisnis situs informasi ini.

Situs informasi yang berisi topik khusus seperti membahas tentang dunia otomotif, membahas tentang dunia bisnis, membahas tentang dunia fashion, membahas tentang dunia gadget dan lain sebagainya.

Dalam menghasilkan uang online dari situs informasi berdasarkan pada teori bahwa akan ada cukup banyak orang yang tertarik dengan informasi di website yang anda buat. Orang akan mencari berbagai informasi di internet tentang suatu permasalahan ataupun suatu produk tertentu.

Jika mereka menemukan website kita kemudian membaca informasi yang disajikan dengan sekaligus mendukung mereka untuk membeli sesuatu didalamnya, maka bisa saja mereka mengikuti apa yang telah tersedia didalam artikel yang kita buat.

Misalnya saja pada bagian terakhir artikel, anda memberikan LINK untuk solusi dalam menuntaskan permasalahan yang dihadapi pembaca. Jika mereka meng-klik link tersebut kemudian membeli produk tersebut, anda akan mendapatkan komisi dari proses pembelian itu.

Karena sebelumnya anda sudah menjadi anggota program afiliasi dari situ yang menjual produk yang dibeli oleh pembaca.

Masih banyak model untuk mendapatkan keuntungan online dengan situs informasi. Seperti membuat review produk dimana anda akan dibayar oleh si empunya produk. Pemasangan iklan (banner) didalam website anda, atau langsung terang-terangan menjual suatu produk didalamnya.

Tinggal anda mau fokus dimana, ambil satu bagian dulu sebelum berpikir ingin mengenggam semuanya. Fokus satu dulu yang dikerjakan baru lainnya menyusul ketika ternyata situs anda mulai berkembang.

5. Situs Bisnis Jasa

Untuk terjun kedalam bisnis jasa secara online, anda harus membuat sebuah website yang berisikan portofolio anda.

Tawarkan diri anda sebagai ahli dalam bidang tertentu yang bisa memberikan layanan yang baik dalam suatu permasalahan. Ini menandakan bahwa yang anda jual adalah bakat dan keterampilan anda.

Memang agak sedikit sulit menjalankan bisnis ini secara online. Karenanya anda harus kreatif dalam membuat biografi diri sendiri. Dan pastikan sebelumnya anda sudah mendapatkan testimonial dari salah satu customer yang pernah anda bantu.

Tips lainnya ketika anda ingin membangun bisnis ini adalah dengan memberikan manfaat terlebih dahulu kepada orang lain, seperti memberikan E-Book gratis, membuat artikel-artikel bermanfaat untuk dibaca calon customer anda.

Tawarkan juga konten menarik yang akan mengundang customer memberikan data Emailnya kepada anda, itu adalah cara terbaik untuk mengumpulkan data custumer dan nantinya anda bisa memberikan penawaran jasa anda via Email tersebut.

Menarik bukan?

Itulah beberapa cara yang bisa anda jalankan dalam menghasilkan uang dari online. Kelima-limanya memang berhubungan dengan pembangunan website.

Dengan begitu kemampuan dalam masalah website harus sedikit anda kuasai. Minimal mengerti mengedit tampilan blog.

Tapi tenang teman, semua itu bisa kok untuk anda pelajari. Sedikit demi sedikit anda pasti akan mengerti bagaimana caranya membuat blog, caranya setting toko online, caranya bikin dan mengelola akun di Marketplace dan lain sebagainya.

Semua bisa banget anda pelajari. Tinggal tekadkan, niatkan dengan penuh keseriusan Insyallah BISA.
Sip ya?

Jangan lupa makan juga, setelah makan komentarin artikelnya ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon