Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Market Yang TEPAT

Target Market adalah Target Pasar alias KONSUMEN yang akan menjadi pembeli produk di toko online anda. Dalam bisnis, mencari dan menentukan konsumen tertarget wajib anda jalani agar bisnis anda lancar.

Dari sekian banyak penjual online di Indonesia, mereka masih saja berkeyakinan bahwa mereka bisa menjual ke semua orang, mungkin termasuk anda. Padahal, tidak semua orang butuh produk yang anda jual.

Pemikiran anda mungkin seperti ini: Semakin banyak orang yang tahu produk atau toko online anda, maka semakin besar kesempatan orang-orang membeli produk anda. Yakin? sudah terujikah?


Tapi faktanya tidak seperti itu.

Jika anda melihat ada toko online yang kelihatannya laris manis diburu oleh semua orang, seperti banyak orang yang beli lagi dan lagi di toko online tersebut, mungkin anda tidak akan pernah tahu bahwa sebelum toko online itu laris, mereka sudah menentukan target marketnya terlebih dulu jauh-jauh hari.

Dan ketika anda mau sedikit lebih detail melihat siapa pembelinya, dipastikan orang-orang yang membeli disana adalah orang yang serupa dalam satu hal. Misalnya mereka semua adalah wanita, berusia antara 18-25 tahun, pelajar, single dan berhijab.

Ya jelas LARIS jika toko online tersebut ternyata produknya adalah Hijab spesialis anak muda dengan desain yang simpel dan unik yang sesuai target.
Mulai kebayang?

Sehingga menjual ke semua orang adalah KEKONYOLAN. Karena setiap orang beda keinginan, beda kebutuhan, beda selera dan beda kemampuan dalam membeli.


Tentukan Konsumen Yang Tepat!

Anda benar-benar harus menentukan konsumen yang tepat yang membutuhkan produk di toko online anda. Jika tidak, semua promosi yang anda lakukan akan menjadi sia-sia, tidak efektif dan membuang-buang waktu dan uang.

Contoh ketika anda menjual baju koko, anda tidak bisa mengincar ke semua kalangan. Karena tidak semua orang membutuhkan baju koko. Baju koko identik dengan orang muslim, tapi di Indonesia kan tidak semua orang muslim.

Dan ketika anda sudah berbicara "target anda adalah semua orang", apakah anda sedang menawarkan baju koko kepada yang non muslim? Saya kira tidak. Dan andapun sudah tahu jika hal itu adalah sia-sia.

Untuk itulah anda harus membidik target market yang tepat sasaran. Siapa orangnya, berapa umurnya, kotanya dimana. Bidiklah ke mereka yang benar-benar membutuhkan produk yang anda jual. Itu jauh lebih mudah untuk LARIS karena memang TEPAT SASARAN, TERTARGET!.

Dan FOKUS saja ke satu target market itu. Jangan melebar-lebar kemana-mana dengan alasan Toko Online anda lengkap untuk semua kalangan atau apalah yang menandakan anda ingin menggenggam semuanya.

Padahal, ibarat pasir yang maunya anda genggam semua ditangan, tapi semakin digenggam semakin menghilang dan bertumpahan. Itu sama halnya dengan anda yang tidak memiliki fokus target market yang jelas.

Jika anda hanya fokus ke satu target bukankah akan lebih mudah dalam berpromosi, lebih fokus dalam menawarkan dan lebih terarah strategi-strategi yang akan dijalankan? Benar kan?

Dan apa efek paling nyata jika sudah fokus ke target market yang tepat. ya LARIS MANIS lah jadinya toko online anda. Dan masih banyak lagi keuntungan untuk fokus terhadap satu target market.

Dengan target market yang tepat, anda jadi lebih mudah menawarkan harga yang pas. Anda bisa terus berinovasi terhadap produk sesuai permintaan dan selera target market anda.

Anda juga akan lebih terarah dalam hal pendekatan terhadap target market, seperti bahasa penawaran yang seperti apa yang harus digunakan, model foto produk yang bagaimana yang akan sesuai dengan target market.


Sehingga Rahasia Larisnya adalah Fokus terhadap TARGET MARKET anda saja. 

Puaskan keinginan mereka dengan langkah tepat yang bisa anda sesuaikan. Karena anda sudah tahu karakteristik mereka, maka semua akan terasa mudah untuk dilakukan.

"Puaskan satu target yang tepat saja, kemudian jadikan mereka puas sepuas-puasnya." 

Perlu anda ketahui bahwa anda tidak bisa memuaskan semua orang. Semakin anda ingin memuaskan semua orang, maka anda tidak akan memuaskan siapapun. Puaskan 1 aja biar HAPPY! Iya kan?

Jika sudah puas maka dipastikan konsumen akan balik lagi dan lagi untuk beli dari anda.

Mau kan produk anda laris. Iya mau!!
Tapi sudahkah anda menemukan target market yang tepat?.

Cukup jelas kan? Sudah ya, jangan lupa beri komentar anda dibawah ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon