Wajib Di Ikuti! 6 Kiat Sukses Melangkah Dalam Bisnis Toko Online

Bisa jadi sekarang Anda sudah mulai melangkah untuk membuat sebuah toko online. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara melangkah yang benar untuk menuju kesuksesan bisnis toko online Anda?

Namun pertanyaannya, "Apakah Anda sudah menguasai strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis online agar cepat bertumbuh dan menghasilkan?"

Karena fakta di lapangan, masih banyak orang yang hanya tergiur untuk memulai bisnis online dan langsung mengambil tindakan untuk membuat toko online tanpa dasar ilmu dan strategi marketing yang baik.

Sehingga akibatnya, ditengah jalan ia kehilangan fokus karena bingung harus ngapaian setelah toko onlinenya jadi.

Kemudian kita sudah tau bagaimana endingnya. Ia merasa depresi dan merasa gagal karena belum terjadinya pembelian dari toko onlinenya tersebut.

Akhirnya toko online yang ia dirikan seketika ditinggalin atau ditutup.

Nah, gak mau kan itu terjadi pada Anda. Sehingga mengetahui ilmu ini sangat penting agar tidak terjadinya delima kebingungan seperti diatas.

Berikut langkah demi langkah yang seharusnya Anda lakukan ketika pertama kali ingin membuka sebuah toko online.

Baca terus ya sampai selesai..


1) Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda pikirkan adalah dengan mencari produk yang akan dijual. Pilih produk yang sesuai dengan diri Anda sendiri atau sebuah produk yang Anda pun begitu menyukainya dan senang memakai produk tersebut.

Karena kedepannya akan mempermudah Anda dalam melakukan promosi, karena Anda sudah tahu banyak tentang produk tersebut.

Jangan hanya tergiur ketika melihat orang lain jualan Hijab laris misalnya, dengan latahnya Anda pun ingin jualan Hijab, padahal Anda pria yang tak berhijab, Eh..

Boleh-boleh saja pria jualan Hijab, tapi masa iya sih, seorang pria ada yang punya passion di Hijab? Karena ditakutkan nanti tidak TOTAL dalam pelayanan.

Tidak sembarang pula memilih produk untuk dijual, Anda harus menggunakan data terlebih dahulu apakah produk tersebut memang laris di pasaran untuk jangka panjang atau hanya sekedar trend yang tak bisa bertahan lama?


2) Tentukan Target Market Yang Tepat

Produk yang tadi sudah ditentukan misalnya adalah kemeja kantor. Sebelum melangkah lebih jauh dan bersiap untuk membuat toko online di internet, jangan lupakan siapa target market yang akan Anda incar untuk produk mau membeli kemeja kantor milik Anda.

Apakah mereka seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, eksekutif muda, pekerja bangunan, orang kantoran, atau seorang pengangguran. Coba pilih siapa yang tepat untuk dijadikan target produk Anda?

Sudah jelas pasti orang kantoran yang akan membutuhkan kemeja kantoran. Bidik mereka dan fokus kan penawaran hanya kepada mereka. Jika dalam perjalanannya ada seorang mahasiswa yang membeli dari kemeja kantoran dari Anda, maka anggaplah bonus tambahan.

Fokus saja ke satu target, karena nantinya kemungkinan yang akan Anda dapatkan sebesar 80% untuk terjadinya pembelian dari toko online Anda. Sisanya 20% merupakan bonus yang tak sengaja ke incer jadi target market Anda. Paham ya?

3) Buat Toko Online Khusus Untuk Produk Anda

Sampai disini Anda jangan salah paham tentang maksud Toko Online. Yang dinamakan Toko Online adalah Website yang dirancang khusus untuk sebuah proses penjualan.

Didalamnya akan terdapat proses pemesanan yang bisa dilakukan secara otomatis oleh calon pembeli tanpa harus menghubungi Anda. Jika ada transaksi, pemberitahuan ke Anda pun akan berjalan secara otomatis melalui E-Mail.

Itulah yang dinamakan FULL Toko Online. Sebuah Website yang dibangun untuk menjual produk-produk Anda di internet yang bisa berjalan otomatis secara keseluruhan.

Dengan FULL Toko Online, akan sangat mempermudah calon pembeli bertransaksi dengan Anda. Dan pengaturan produk yang ditawarkan akan jauh lebih mudah dan efisien.

Pengelolaan ketersediaan stok, pengelolaan diskon produk, pengelolaan pemasaran dan lain sebagainya akan tersedia sebagai sarana mempermudah pelanggan dan juga pemilik toko online yang bersangkutan.

Bangun dulu Toko Online Full Anda. Isi dengan foto produk-produk Anda, kasih deskripsi lengkap tentang produk Anda. 

Juga tambahkan artikel di bagian blog toko online Anda, percantik tampilannya, permudah navigasinya.

Bikin halaman-halaman informasi tentang cara pemesanan dan pembayaran, bikin halaman Kontak agar calon pembeli mudah untuk menghubungi, bikin halaman About yang menceritakan siapa dan menjual apa toko online Anda dan seterusnya.

Setelah semua sudah selesai dan benar-benar Perfect Toko Online Anda, baru kemudian Anda mulai memperkenalkan Toko Online Anda kepada Target Market yang sudah Anda tentukan seperti diatas.

Juga lakukan strategi-strategi pemasaran yang efektif untuk menjaring calon pembeli berkunjung ke Toko Online Anda.


4) Kenalkan Toko Online Anda Di Sosial Media

Langkah pertama untuk mengenalkan Toko Online Anda di media sosial adalah dengan membuat Akun Sosial Media Khusus dengan nama Toko Online Anda. Misalnya di Twitter: (@namatokoonlinemu), di Instagram (@namatokoonlinemu), di google +: (+NamaTokoOnlineMu) dan juga di Facebook: (@namatokoonlinemu)

Untuk Facebook agak sedikit berbeda cara penggunaanya. Karena ketika Anda ingin menggunakan akun untuk bisnis, Anda harus terlebih dahulu membuat sebuah Halaman khusus untuk Bisnis. Dulu sih disebutnya dengan Fans Page. Tapi entah sekarang masih dipakai atau tidak istilah tersebut.

Dan karena Facebook baru-baru ini sangat ramai digunakan untuk promosi model Sosial Media, maka fokus pengenalan untuk Toko Online Anda alangkah baiknya dikerjakan di dalam Facebook. Karena strategi inilah yang paling TERUPDATE dan masih berkembang.

Buatlah Halaman Facebook Bisnis Anda di Facebook dengan menggunakan akun pribadi Anda dan lengkapi informasinya. Kemudian isi Beranda (Home) dengan kiriman-kiriman bermanfaat terlebih dahulu. Jangan langsung jualan ya..

Setelah ada isinya, ajak teman-teman Anda untuk menyukai Halaman Facebook Bisnis Anda. Jika sudah ada isinya maka kemungkinan besar mereka akan Menyukai (Like) Halaman Facebook Bisnis yang Anda punya.

Terus saja isi dengan konten-konten yang bermanfaat. Anda juga bisa mengandalkan Akun pribadi Anda untuk mempromosikan Halaman Facebook yang Anda buat agar menarik teman-teman Anda untuk menyukai Halaman Facebook Bisnis Anda.

Setelah bosan, baru mulai mengenalkan Toko Online Anda ke dalamnya. Kasih Link produk-produk dari Toko Online Anda. 

Beritahu pengikut Halaman Facebook Anda jika sedang ada Promosi dan Diskon dari Toko Online Anda di Halaman Facebook Bisnis yang sudah Anda buat.

Namun sayang seribu sayang, karena cara ini adalah cara ORGANIK yang dilakukan secara Natural, maka kesempatan untuk mendapatkan LIKE HALAMAN dan juga MELIHAT KIRIMAN dari Beranda Halaman Facebook Bisnis oleh pengguna Facebook lainnya, sangatlah KECIL kesempatannya.

Algoritma Facebook sudah berubah dengan hanya menampilkan Postingan yang POPULER kedalam LINI MASA masing-masing akun Facebook.

Jarang sekali ada yang bisa mempunyai like dan melihat post dari suatu Halaman Facebook jika tidak menggunakan cara BERBAYAR.

Anda harus benar-benar dituntut untuk SUPER KREATIF untuk mendatangkan LIKE HALAMAN dengan cara Natural.

Dan juga Anda harus membagikan sebuah Artikel PALING KEREN untuk bisa mendapatkan komentar, minimal like postingan. Dan itu SUPER DUPER sulit untuk dikerjakan.

Namun pada akhirnya, langkah ini tetap harus Anda lakukan untuk bisa mempromosikan Bisnis Anda di Facebook dengan cara BERBAYAR.

Bentuk promosinya berfokus agar mendapatkan pengunjung ke Toko Online Anda atau juga untuk mendapatkan pembelian produk ke Toko Online Anda dengan mengiring Target Market Ke Toko Online Anda.


5) Promosikan Toko Online Anda. Gunakan Iklan Berbayar di Facebook

Setelah toko online Anda tersebar di beberapa Media Sosial, dan sudah di isi dengan konten-konten kreatif yang menggugah target market untuk berkunjung ke Toko Online Anda.

Kini saatnya Anda mulai memikirkan untuk lebih memaksimalkan kinerja Media Sosial dengan mempromosikan Produk Anda yang berada didalamnya dengan cara BERBAYAR.

Dengan cara inilah semestinya Toko Online Anda akan cepat mendapatkan pengunjung. Dan mengkonversi mereka menjadi seorang pembeli.

Biasa disebut sebagai Facebook Marketing. Sekarang Facebook Marketing merupakan pilihan Favorit pelaku bisnis online dalam memasarkan dan mendapatkan pembeli yang benar-benar potensial dan benar-benar akan membeli produknya.

Facebook Marketing sangat ampuh dalam menemukan target market yang tepat. Anda tinggal berusaha untuk memahami langkah-langkah yang baik agar berhasil menciptakan konversi pembelian.

Terdapat proses yang harus Anda ketahui agar sukses menjalankan strategi Facebook Marketing.

Intinya di dalam Facebook Marketing Anda akan mengajak seorang pelanggan yang masih dalam kondisi dingin (tidak tahu apa-apa tentang produk Anda) menjadi panas (sudah tahu produk Anda dan ternyata mereka butuh untuk membeli produk Anda).

6) Dapatkan dan Simpan Data Pelanggan

Selanjutnya, setelah Anda mendapatkan pembeli dengan strategi Facebook Marketing, kemudian Anda harus mencatat dan menyimpan data-data para pelanggan Anda yang sudah membeli produk dari Toko Online Anda.

Ketika ada pembelian, otomatis Anda pun akan mendapatkan Email dari seorang pembeli tersebut. Itulah data terpenting yang harus anda simpan. Jangan diabaikan apalagi dibuang.

Data Email merupakan harta karun paling berharga bagi pelaku bisnis online. 

Karena dengan itulah Anda akan tetap mendapatkan pelanggan dalam jangka panjang yang akan terus Anda dekati untuk terus membeli produk dari Anda.

Sehingga Data ini merupakan harta berharga untuk kelangsungan bisnis online yang sedang Anda jalani. Dengan mempunyai Email, Anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli dengan penawaran yang langsung dikirim melalui Email.

Dan itulah yang disebut dengan strategi pemasaran EMAIL MARKETING. Strategi PAMUNGKAS dari proses perjalanan awal toko online Anda. Strategi andalan dalam mempertahankan pelanggan-pelanggan yang pernah membeli dari Toko Online Anda.

Mantap nian kan..?

Langkah by Langkah diatas harus dijalani secara beruturan oleh Anda agar lebih mudah dan lebih tersusun rapih rencana-rencana ketika ingin melangkah dalam bisnis perdagangan secara online.

Disini Andalah bosnya, pahami dengan sebaik mungkin seluk beluk tentang berjualan online dengan toko online. Jangan bertindak gegabah sebelum benar-benar paham oke.

Sip ya? Anda bisa kan..?

Siap ya untuk sukses bisnis online?

Ya, Anda harus mempersiapkan kesuksesan itu.

Beri komentarnya ya..?

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon