Ini Langkah Penting Cara Menjalankan Bisnis Online

Sudah yakin nih dengan keputusan ingin menjalankan bisnis online? Bisnis online juga sama loh dengan bisnis-bisnis lainnya. Anda harus berjuang dan harus punya rencana yang matang untuk sukses bisnis online.

Ya, anda mungkin sudah yakin banget untuk terjun kedalam bisnis online. Tapi tahukah anda bahwa yang namanya bisnis online pasti ada hubungannya dengan dunia Domain dan Hosting?

Tau kan apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.


Misalnya anda adalah wanita yang mempunyai bisnis jualan hijab, tapi kemudian anda ingin bisnis tersebut dijadikan secara online dengan membuat sebuah toko online di internet.

Maka Otomatis anda harus menentukan nama domain yang tepat untuk bisnis jualan anda tersebut.

Sebagai contoh, kebetulan nama anda sendiri cukup Islami untuk disebutkan, contoh nama anda Syafira. Sehingga domain yang mungkin cocok untuk bisnis anda adalah www.syafirahijab.com.

Nah, menentukan nama domain ini merupakan langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat bisnis toko online di internet.

Sehingga nantinya toko online anda akan memiliki alamat di internet yang akan mudah untuk dicari orang.

Kelebihan Mempunyai Nama Domain Sendiri

1) Profesional

Pentingnya anda mempunyai domain untuk bisnis adalah agar anda tidak melulu nunut (numpang) pada yang lain.

Maksudnya anda sebenarnya bisa saja mendaftarkan nama untuk bisnis anda secara gratis di Marketplace yang ada di Indonesia.

Contohnya, anda daftarkan saja di Bukalapak atau Tokopedia dengan nama "Syafira Hijab" tadi misalnya.

Sehingga nanti anda akan memiliki alamat jualan di Bukalapak seperti ini: www.bukalapak.com/syafirahijab

Perhatikan bagian akhir yang berwarna biru, itulah nama domain bisnis anda.

Tapi eh tapi, berarti anda hanya numpang di Bukalapak dong?

Konsekuensi dari itu anda anda akan kurang terpandang sebagai penjual yang profesional yang ternyata belum punya nama domain toko online sendiri.

2) Agar Mudah Diingat Pelanggan

Anda sangat memerlukan nama domain yang tidak hanya dijadikan identitas bisnis anda, namun juga agar mudah di ingat oleh orang khususnya pelanggan.

Untuk itu usahakan nama domain yang anda pilih harus unik, sederhana, dan mengena di pikiran pelanggan.

Misalnya nama domain tadi (www.syafirahijab.com), ketika mereka pertama kali tau Mba Syafira adalah penjual Hijab, maka otomatis mereka akan teringat jika beli Hijab ya di www.syafirahijab.com.

Karena brand nama Syafira sudah melekat sebagai seorang penjual hijab. Bagi sebagian orang khususnya pelanggan, nama domain tersebut akan sangat mudah untuk di ingat, dan kemungkinan untuk kembali lagi sangat besar.

Tapi ini tergantung strategi branding toko online anda yang nanti akan dibangun. Apakah sudah mengena di otak alam bawah sadar mereka atau belum?

3) Amankan Nama Domain (.com) Bisnis Anda

Sangat disarankan ketika anda baru saja memutuskan akan menjalankan bisnis online, langkah pertama, anda harus cepat-cepat mengamankan nama domain dengan akhiran (.com).

Cari tahu ketersediaan nama domain yang relevan dengan nama bisnis anda nantinya.

Contohnya mungkin anda sekarang sudah menentukan nama bisnis anda adalah "Toko Online Syafira Hijab".

Segera amankan dan ambil nama domain www.syafirahijab.com untuk melindungi dari kecolongan start dari orang lain.

Jangan sampai menjadi penghambat hanya gara-gara telat mengurus nama domain untuk toko online yang akan anda bangun.

Rekomendasi: Cari dan Amankan Nama Domain Anda Disini



Tips Mendaftarkan Nama Domain Bisnis Anda

Umpama anda ingin mengambil nama domain www.syafirahijab.com, tapi ternyata nama domain tersebut sudah anda yang mengambil, anda tidak perlu kecewa.

Masih banyak alternatif lainnya untuk bisa tetap menggunakan nama "syafirahijab" sebagai toko online anda nantinya.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan akhiran domain berbeda seperti: (.net) (.co.id) (.id) (.shop) dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan itu sebagai cara untuk tetap menggunakan nama usaha anda "syafirahijab".

Sehingga nama domain yang akan didapat bisa menjadi www.syafirahijab.net atau www.syafirahijab.shop dan lain sebagainya.

Tapi alangkah baiknya untuk urusan perdagangan (commercial), tetap gunakanlah (.com) sebagai domain akhiran.

Karena banyak orang yang ketika ingat nama bisnis anda, mereka akan mencoba mengakses toko online anda di Web dengan mengetikkan nama domain langsung di browser mereka, dan nama domain (.com) adalah "tebakan" pertama setiap orang.

Rekomendasi Hosting Domain: Cari dan Amankan Domain (.com) Disini

Segera lakukan langkah pertama ini jika ingin melakukan bisnis online. Penting (pake BANGET) untuk segera memiliki nama domain toko online anda.

Karena nama domain yang bagus pasti akan jadi rebutan pelaku bisnis online. Termasuk mereka yang suka mengkoleksi domain-domain bagus yang kemudian dijual kembali dengan harga selangit.

Sebelum anda terpaksa membeli domain yang sudah didaftarkan sebelumnya dengan harga selangit, karena terpaksa. Sebaiknya daftarkan sekarang juga!!

Siap ya bikin toko online dengan domain sendiri? Praktekkan!

Cukup jelas kan? Jangan lupa komentarnya ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon