Inilah 9 Peluang Bisnis Online Kreatif Yang Murni Online

Apakah Anda sekarang sedang tidak ada pekerjaan? Sudah nyari lowongan kerja kemana-mana namun tidak ada yang mau menerima diri Anda yang kelihatannya biasa aja untuk dipercaya sebagai karyawan.

Padahal Anda merasa yakin bahwa kemampuan yang Anda miliki adalah hal yang baru dan bisa dijadikan jalan untuk memajukan suatu perusahaan.

Tapi apalah daya, ide dan kemampuan Anda sudah lebih maju daripada pemikiran-pemikiran kolot seorang HRD perusahaan yang hanya mencari pekerja berdasarkan nilai dari ijasah.

Hari gini masih mempertimbangkan ijasah sebagai acuan untuk bisa bekerja? kuno tau!!

baca juga: WoW..!! Ambil Peluang Bisnis Ini. Bisa Bertahan Hingga 20 Tahun Loh..

Biarpun kenyataannya Anda juga mempunyai ijasah yang lumayan tinggi. Tapi karena fokus Anda adalah ke hal teknis yang selalu sibuk dengan action. Sehingga nilai ijasah Anda kurang meyakinkan untuk dijadikan petimbangan seorang HRD. Nasib itu sih..

Tapi itulah ketidak-mengertian mereka tentang ilmu yang bagaimana yang akan berguna untuk kemajuan perusahaan.

Apakah yang serba teoritis yang ada didalam buku dengan fokus kepada nilai?. Atau ilmu praktek dengan seabrek pengalaman dilapangan yang fokusnya adalah mengasah kemampuan?


Wake Up Bro! Bangunlah dari hanya mengharap untuk menjadi karyawan. Anda sudah tau kemampuan diri Anda yang keren-nya dua jempol itu.

Seharusnya Anda lebih sadar, bahwa posisi Anda merupakan sebuah kesempatan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang akan bersaing dengan perusahaan lain.

Alias, Anda itu gak cocok jadi karyawan! Anda cocoknya jadi Bos yang mempekerjakan karyawan. Setuju..?

baca juga: Mengejutkan! Ternyata Jenis Bisnis Seperti Ini Yang Anti Krisis Ekonomi

Iya Bos, minimal bos buat diri sendiri dan gak harus punya perusahaan juga untuk menjadi seorang Bos. Anda bisa mengandalkan kemampuan otak Anda yang jenius itu untuk melakukan pekerjaan secara mandiri.

Misalnya saja Anda adalah seorang lulusan Teknologi Informasi dimana konsentrasi yang Anda ambil adalah E-Commerce. Maka sekaranglah saatnya bagi Anda untuk mengejar karir dengan jalan sendiri.

Jadilah pengusaha online yang bisa membuat Anda menjadi seorang BOS untuk diri Anda  sendiri. Juallah barang dagangan secara online dengan cara-cara yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Tapi jika Anda masih berkata bingung untuk berbisnis mandiri secara online, dibawah ini merupakan pilihan jenis-jenis bisnis yang bisa Anda ambil sebagai jalan usaha yang bisa dilakukan secara PURE ONLINE (Murni Online).


1. Menerbitkan Iklan (Publisher)

Publisher bahasa umumnya adalah Blogger. Pastinya Anda sudah tau apa itu Blogger, yaitu seseorang yang hobinya menulis didalam sebuah blog.

Mungkin awalnya adalah hobi, tapi jika ingin di sebut dengan Blogger atau Publisher kondang, hobi ini harus dikerjakan seperti pekerjaan lainnya; serius, punya deadline, kejar target dan totalitas.

Jika sudah begitu, maka hobi ini merupakan suatu bisnis yang Anda kerjakan oleh diri Anda sendiri, dari diri Anda sendiri dan untuk diri Anda sendiri. Yang menandakan bahwa Anda adalah bosnya dan sekaligus karyawan.

2. Membangun List (List Building)

Jika otak Anda memang cerdas, membangun list building merupakan langkah pertama untuk bisa terjun ke dalam dunia bisnis online.

List building itu merupakan proses Anda mengumpulkan data-data orang lain yang akan Anda incar sebagai pelanggan di kemudian hari.

Data yang paling diperlukan sebenarnya hanyalah 1, yaitu EMAIL. Penting sekali Anda mempunyai data-data email milik orang lain ketika ingin membangun sebuah kerajaan bisnis online.

Dari situlah Anda bisa memulai langkah pertama yang kemudian akan disusul dengan langkah-langkah menawarkan suatu produk yang akan dijual ke daftar list tersebut.


3. Ahli Afiliasi

Katanya Anda jago nulis? katanya Anda pinter marketing? Maka gunakan ilmu itu untuk membuka jalan berbisnis online menjadi seorang "Affiliate Marketing".

Affiliate Marketing pekerjaannya suka ngomporin orang untuk membeli suatu produk dengan cara hanya merekomendasikan LINK produk tersebut.

Tidak perlu bersusah payah untuk menjual produk perusahaan orang lain dengan menyediakan produk fisik terlebih dahulu.

Asalkan ada yang beli dengan melalui LINK Affiliate milik Anda, maka Anda berhak mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut.

4. Jago Desain? Bikin Jasanya Sekalian

Bagi yang sukanya bikin gambar ilustrasi yang gak jelas, dan sering di manfaatin teman atau gebetan untuk mengedit foto-foto mereka, stop! Berhenti sampai disitu.

Dengerin, kemampuan Anda itu tidak semurah itu kok..
Kemampuan Anda juga layak untuk dihargai.
Anda sebenarnya tidak secupu itu untuk dimanfaatkan.
Karena jika Anda jago desain, Anda bisa menjadi profesional.

Tau kan profesional?

Profesional adalah apa yang dikerjakan itulah yang dibayar.

Buatlah pengumuman ke setiap orang bahwa Anda bisa menggarap desain yang bagus untuk keperluan mereka.

Buatkan website portofolio hasil desain yang sudah Anda buat. Lalu tawarkan berapa harga yang pantas untuk menggunakan jasa desain Anda .

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs Freelance dengan mengikuti kontes membuat desain yang sering diadakan disana.

Daftarkan diri Anda, kemudian cari kontes yang sedang berlangsung disana. Misalnya saja ada kontes membuat logo sebuah perusahaan, ambil kesempatan itu dan buatlah desain logonya menurut kemampuan yang Anda miliki dan menangkan agar Anda dapat uang.

5. Menulis Review Produk

Bagaimana perasaan Anda jika membeli suatu produk secara online ternyata ada bonus spesial didalamnya. Udah gitu produknya bagus dan melebihi ekspektasi yang Anda bayangkan.

Seneng banget pastinya kan..?

Anda merasa puas sehingga ingin merekomendasikan ke orang lain bahwa produk yang ada di toko online tersebut emang bagus-bagus.

Dan rekomendasi Anda menggunakan cara memberikan testimoni di toko online tersebut.

Saking gembiranya, testimoni yang Anda tulis panjang banget hingga memenuhi satu halaman, karena kebetulan Anda pinter menulis.

Nah, menulis rekomendasi seperti itu bisa dibayar juga loh teman-teman. Jika sebagai konsumen, menulis seperti itu dinamakan testimoni produk.

Tapi jika Anda yang merencanakan untuk menulis kelebihan-kelebihan produk tersebut, itu dinamakan review produk. Perusahaan yang akan membayar.

Misalnya Anda sukanya bercerita panjang lebar di Blog milik Anda yang bertemakan kopi (seperti blog kopilipso satu ini). Anda bisa tuh menawarkan jasa review suatu produk dari industri kopi.

Jika Blog Anda sudah banyak pengunjungnya dan di sukai oleh pecinta kopi, kemungkinan besar Anda akan dihubungi oleh perusahaan-perusahaan industri perkopian.

Misalnya nanti Anda akan dihubungi oleh perusahaan gilingan kopi (Grinder) untuk menjabarkan produk mereka.

Mereka akan mengirimkan produk mereka ke rumah Anda untuk di coba, kemudian berikan tanggapan Anda terhadap produk tersebut secara jujur didalam blog kopi yang Anda miliki.

Setelah itu Anda akan dibayar oleh perusahaan Grinder tersebut. Uang akan masuk ke dalam rekening Bank milik Anda. Menarik kan..?

6. Jualan Blog (Blog Flipping)

Jualan di internet gak melulu menjual produk berbentuk fisik. Anda juga bisa jualan online tanpa benar-benar ada wujudnya sama sekali.

Contohnya menjual rumah yang tak berbentuk, rumah yang tidak ada kehadiran fisiknya secara nyata, yang tidak bisa dimasuki oleh orang dengan cara mengetuk pintu dari depan.

Rumah yang dimaksudkan adalah RUMAH WEBSITE. Anda bisa menjual sebuah website bermodelkan Blog yang berisi artikel-artikel yang membahas tentang suatu hal secara spesifik.

Misalnya Blog yang membahas tentang Gadget Terbaru. Isi Blog tersebut dengan informasi-informasi produk Gadget terbaru yang sedang Trend saat ini.

Buatlah artikel sebanyak mungkin yang benar-benar mengandung kata kunci ter-target agar Blog yang akan Anda jual SEO friendly, yang memungkinkan Blog Anda bertengger di urutan nomor satu mesin pencari Google.

Model lainnya, Anda bisa juga membeli suatu blog yang sudah mempunyai nama domain bagus ke seseorang dengan harga murah, karena mungkin Blog yang ia miliki tidak pernah di urus.

Kemudian Anda urus kembali Blog tersebut dan jual kembali dengan harga mahal. Cara itu juga bisa Anda pakai.

baca juga: Inilah 5 Cara Menghasilkan Uang Online. Bikin Situs-Situs Kaya Gini

7. Buka Jasa Website Builder

Membangun website memang tidak mudah, namun jika Anda sudah terlanjur terjun mendalami hobi otak-atik website, jadikan itu sebagai penghasilan yang menghasilkan uang dari online.

Anda bisa menawarkan pembuatan website untuk sebuah toko online yang saat ini pasti sedang dibutuhkan oleh para pengusaha yang mau menjual produknya secara online.

Tidak semua orang mampu loh membuat website, Anda bisa mengandalkan kemampuan Anda untuk itu. Jika Anda sudah menguasai beberapa CMS yang pernah Anda otak-atik seperti Wordpress.org (ORG loh,, yang berbayar) maka tidak apa-apa Anda menjual jasa membuat website. PD aja lagi..

Atau bisa juga menggunakan beberapa Platform lainnya untuk membuat sebuah website yang FULL Toko Online yang sudah ada sistem pembayarannya secara otomatis.

Sekali lagi, percaya diri saja bahwa kemampuan Anda mengotak-atik sebuah CMS atau Platform Website tidak semua orang bisa menguasainya.

baca juga: 6 Alasan Usaha Anda Harus Memiliki Website

8. Bikin Template Untuk Dijual

Ekspektasi terhadap tampilan bagi Anda harus seindah pemandangan malam hari di saat cerah, dihiasi bintang-bintang yang terlihat lebih bersinar ketika itu. Karena bagi Anda tampilan adalah segalanya dan tampilan bagi Anda sangat menentukan keberhasilan.

Begitupun dengan Tampilan Website (Template). Mungkin Anda sering berusaha agar tampilan Blog Anda mempesona pengguna internet. Sehingga Anda mulai ahli terhadap alur coding sebuah template pada website.

Karena udah terlalu sering Anda berjibaku dengan sebuah coding template, kenapa Anda tidak sekalian membuatkan template untuk dijual?

Anda bisa membuat sebuah tampilan template berlandaskan pada template yang sudah ada sebelumnya. Kembangkan code template standar yang ada, kemudian Anda bisa rupiahkan template tersebut.

Mungkin Anda ahli dalam coding template Wordpress, maka buatkan template berbayar untuk pengguna Blog Wordpress yang membutuhkan tampilan Blog yang sexy ala Anda .

Atau mungkin juga coding template Blogger, jangan ragu untuk membuat template berbayar. Seperti yang dilakukan oleh Mba ArlinaDezign, Pengguna Blogger pasti tau siapa dia.

9. Bikin Plugin Untuk Dijual

Ini memang membutuhkan keahlian lebih dari sekedar mengerti alur coding sebuah template. Idenya bisa Anda cari dari permasalahan website yang ada.

Tapi Anda harus benar-benar kuat dalam coding yang akan mendukung performa sebuah website. Pakai keyakinan bahwa diri Anda mampu untuk membuat satu plugin yang akan dibutuhkan banyak orang.

Untuk menarik perhatian, bikin dulu versi gratis, kemudian tawarkan versi premiumnya. Dengan dukungan promosi yang tepat, satu plugin sudah cukup kok untuk bikin Anda kaya.

Tinggal gunakan FAKTOR KALI untuk menghitung pendapatan yang bisa Anda hasilkan. Dan lihat, hidup Anda belum berakhir kan. Masih banyak kesempatan yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis utama bagi diri Anda.

Justru inilah kesempatan Anda untuk membuka mata mengambil bagian dari kemampuan yang Anda miliki dengan terjun ke dalam usaha online seperti diatas secara mandiri.

Anda belum terlambat untuk menjalankan sebuah bisnis di internet yang tanpa terikat dengan satu perusahaan pun.

Dedikasi waktu dan pikiran hanya untuk Anda sendiri, itu akan membuat Anda semakin nyaman beraksi menunjukkan kemampuan yang tersembunyi selama ini.

Masalahnya mungkin Anda tidak menyadari kemampuan yang ada dalam diri Anda dan Anda belum bisa menghargai kemampuan yang ada dalam diri Anda , sehingga kehidupan karir yang Anda impikan terasa sulit didapatkan.

Tapi kini Anda sudah sadar akan POTENSI besar yang ada dalam diri Anda. Maka bergeraklah sekarang juga, Oke!!

Siap ya untuk kerja online secara mandiri? Jawab IYA jika Anda ingin bebas dari pengangguran dan memiliki pekerjaan yang menghasilkan.

Berikan komentarmu juga ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon