8 Ide Bisnis. Cara Mendapatkan Uang Dari Acara Pernikahan

Pernah gak sih kalian memikirkan tentang modal acara pernikahan seorang teman atau saudara kamu? Kira-kira sudah berapa puluh juta uang yang di habiskan untuk acara pernikahan tersebut ya..?

Jangan bertanya ke saya soal itu, saya belum tahu pasti pernikahan jaman NOW itu harus menghabiskan modal berapa puluh juta. Karena ketika tulisan ini dibuat, status saya belum naik ke pelaminan. Hehe.

Tapi yang jelas ada banyak pihak yang akan diuntungkan ketika ada acara pernikahan seperti itu. Banyak pihak yang bergerak tiba-tiba menghasilkan rupiah dalam jumlah besar dari proses bersatunya dua insan.

Nah itulah yang lebih baik kita bahas, daripada baper ngebahas tentang pernikahannya yang bisa bikin ngebet pula untuk segera menikah. Pengin juga sih sebenarnya. Pake banget!, tapi,, ya sudahlah belum waktunya, ngeblog aja dulu.

Inilah Peluang Usaha Dari Acara Pernikahan


Kamu bisa ambil bagian dari adanya proses acara pernikahan. Karena sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bertemakan pernikahan.

Berikut ada 8 ide usaha yang bersinggungan dengan acara pernikahan.

1) Usaha Cetak Undangan 

Jelas ini ada pada urutan pertama, karena dari dulu hingga sekarang undangan akan selalu di butuhkan untuk acara pernikahan.

Jika kamu pinter desain, kamu bisa ambil peluang ini untuk terjun didalamnya. Cukup gunakan Photoshop kamu sudah bisa kok bikin undangan yang bagus.

Atau yang lebih gampang lagi, bikin undangannya di internet secara online dan langsung jadi. Gak perlu repot-repot memikirkan desainnya harus bagaimana.

Kemudian cetak undangannya di offset sekitar kota kamu. Jangan berpikir offset bisa menangani sendirian ya, mereka juga butuh individu-individu kreatif seperti kamu yang sudah mengurus desain undangan yang sudah sempurna.

Karena itu akan mempermudah pekerjaan mereka yang tugasnya hanya untuk mencetak saja. Mereka tidak usah repot-repot menangani customer yang tidak paham masalah desain.

Tapi hati-hati, jangan sekali-kali membuat desain undangan untuk sang mantan. Ditakutkan konsentrasi kamu terganggu dan berbahaya bagi layar monitor yang ada didepanmu (bisa pecah kena tonjok) Hehe..

2) Peluang Usaha Jadi Penata Bunga

Cocok banget buat kamu yang punya kebun yang hobi menanam bunga.

Bunga yang ada di kebunmu tidak melulu harus kamu jual langsung satu tangkai. Kamu bisa memanfaatkan bunga-bunga di kebun untuk dijadikan hiasan di saat pesta pernikahan.

Dekorasi ruangan yang berhiaskan bunga asli akan memberi kesan mewah terhadap pesta pernikahan mantan.

Bisa tuh untuk dijadikan peluang usaha dekorasi bunga pesta pernikahan yang akan memberi kamu penghasilan lebih dari sekedar hobi menanam.

3) Usaha Jual/ Bikin Aksesoris Untuk Pernikahan

Merasa dirimu adalah orang kreatif?

Suka membikin sesuatu yang unik untuk dijadikan sebuah hadiah?

"Bikinlah aksesoris untuk hadiah pernikahan".

Sudah umum sekali bahwa mempelai ingin memberi kenang-kenangan kepada tamu tentang hari pernikahannya.

Biasanya hadiah tersebut bukan barang yang berukuran besar. Hanya sekedar barang-barang kecil seperti dompet, gantungan kunci, pulpen, gelas mug, dan lain sebagainya yang bisa di custom dengan memberi nama kedua mempelai.

Jika kamu berfikir "aksesorisnya kok itu-itu aja", maka inilah kesempatan kamu untuk maju mengemukakan ide bisnis aksesoris pernikahan yang lebih kreatif, unik dan bermanfaat.

Kemudian tawarkan kepada orang-orang yang mau menikah. Kamu juga bisa menawarkannya secara online, karena aksesoris termasuk barang ringan yang bisa kamu paketkan.

4. Peluang Bisnis Makeup (Tukang Rias)

Pekerjaan merias memang membutuhkan keahlian khusus, kamu harus belajar untuk bisa menguasainya. Minimal ambil kursus untuk jadi perias.

Namun pekerjaan ini akan selalu dibutuhkan ketika ada acara pernikahan. Sehingga kamu tidak usah khawatir tentang biaya yang sudah dihabiskan untuk kursus tersebut.

Kamu bisa langsung balik modal dalam waktu sebentar, karena toh pernikahan akan selalu ada sepanjang tahun.

5) Peluang Jadi Fotografer

Ceritanya kamu suka sekali dengan dunia Fotografi, di saat ada pesta pernikahan kamu sukanya foto-foto bersama kedua mempelai dan bahkan kamu suka mengambil foto orang yang tidak kamu kenal sekalipun, karena kedapatan ada sesuatu yang unik.

Dan mungkin kamu sudah sering melakukannya selain di acara-acara pernikahan. Dan kamu seakan all-out ketika menghadapi suasana seperti itu dengan membawa kamera kesayangan.

Tahukah kamu bahwa itu menandakan kamu memang mempunyai passion di dunia fotografi. Terjunlah lebih dalam disana.

Dan pekerjaan yang paling jelas yang akan banyak menghasilkan uang adalah menjadi fotografer pernikahan. Karena pasti acara pernikahan akan selalu ada sepanjang tahun dan kamu pun akan selalu ada pekerjaan yang pasti.

6) Usaha Bisnis Katering 

Dengan bakat memasak yang kamu miliki kamu bisa membuka usaha katering. Jangan remehkan hobimu itu, percaya diri saja bahwa mereka akan merasakan nikmatnya makanan yang kamu masak.

Bisnis katering pasti akan sangat dibutuhkan ketika ada acara pernikahan. Yang harus kamu lakukan adalah membuat nama kateringmu dikenal dengan memulai langkah kecil terlebih dahulu.

Misalnya acara pernikahan saudara, kamulah yang harus mengambil alih urusan dapur.

Tapi kamu harus pinter-pinter dalam mengurus persediaan untuk stok acara pernikahan tersebut. Kamu harus tau berapa persediaan yang dibutuhkan selama acara berlangsung. Dan ketahui juga kebutuhan untuk minuman seperti jus, kolak, cendol dan lain sebagainya.

Jika kebutuhan minuman terlalu banyak jangan tangani sendirian, bisa boros. Bekerja samalah dengan para pembuat minuman spesialis, panggil mereka untuk sama-sama meramaikan jamuan acara pernikahan.

7) Usaha Pembuat Kue

Blepotan tepung didapur merupakan kesenangan tersendiri bagi kamu. Hidupmu semakin hidup ketika bersentuhan dengan persediaan untuk membuat sebuah kue.

Dan ketika seorang teman mencoba kue buatanmu, ia pasti akan mengatakan "Bisniskan aja, kuenya enak kok". Karena yang bilang begitu adalah ia yang antusias terhadap bisnis.

Tapi kenapa tidak? jika itu adalah sesuatu yang kamu sukai cobalah untuk menggelutinya secara serius dan profesional. Kan asik tuh bisnis yang berasal dari hobi.

8) Usaha Jasa Video Shooting Pernikahan

Usaha ini biasanya sepaket dengan fotografer. Tapi mana mungkin seorang fotografer merangkap sekaligus menjadi kameramen.

Jika kamu mempunyai kemampuan dalam membuat sebuah video (video maker). Ambil posisi sebagai kameramen tersebut.

Jadikan dirimu spesialis video maker pernikahan yang akan merekam momen terbaik sebuah pernikahan dengan konsep baru yang lebih kreatif dan lebih menyenangkan.

Asal kamu tahu aja, kebanyakan seorang yang mengambil tugas shooting, ia tidak mengerti apa-apa tentang editing video.

Ia taunya hanya menggunakan alat shooting dengan hanya menghafal tombol-tombol play dan pause tanpa tahu metode pengambilan gambar yang tepat. Apalagi berbicara angle, zoom in zoom out pun mereka tidak terlalu pandai menggunakan.

Nah inilah kesempatan kamu menggantikan konsep kolot para perekam video pernikahan. Bikin video pernikahan yang lebih fresh, gaya muda dengan cara berbeda.

Tertarik menjalankan salah satunya?

Ya, kamu memang mampu menjalankan salah satunya. Tapi mungkin kamu belum siap untuk benar-benar terjun kedalamnya. Karena mungkin kamu harus mempersiapkan mental terlebih dahulu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa nanti peluang usaha didalam sebuah acara pernikahan akan sangat membutuhkan mental kuat dalam menghadapi sekian banyak orang.

Tapi jika kamu tidak bergerak sejak dini, kapan kamu akan belajar?

Bukankah hal besar dimulai dari langkah kecil terlebih dulu?

Setuju ya untuk bergerak.

Oke? siap ya..

Beri komentar kamu juga ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon