Ini Rahasia. Strategi Facebook Marketing Dengan Akun Pribadi

Setujukah anda jika dalam berbisnis anda tidak boleh hanya sekedar menjual? Tapi lebih dari itu anda bisa membuat bisnis menjadi bertahan lama dan banyak pelanggan, mau?.

Bisnis yang baik yaitu bisnis yang bisa menghasilkan pelanggan loyal, bukan hanya pelanggan yang sekali membeli kemudian pergi tak kembali dan lupa dengan anda.

Tapi jika anda hanya ingin berniat jualan saja, yang tidak ingin diharapkan kembali oleh si pembeli, maka ya sudah jadilah sebagai "penjual lepas sembunyi muka"

Maka wajar saja anda dan toko online anda dilupakan setelahnya. Bisa jadi pengalaman membeli produk dari anda merupakan pengalaman buruk bagi si pembeli.

Gak mau kan di posisikan seperti itu? 


Masih banyak pelaku bisnis online yang belum bisa memberikan kesan sama sekali kepada para pembeli tentang siap diri mereka dan toko online mereka.

Kesalahannya terletak pada cara pendekatan yang biasa-biasa saja antara penjual dan pembeli, tanpa melakukan langkah pendekatan personal dengan para pembeli sebelum dan setelahnya.

Beda kasus jika anda melakukan pelayanan secara personal kepada para pembeli. Anda bersikap benar-benar perduli terhadap mereka, anda melayani mereka dengan baik dan sangat bersahabat, anda memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang mereka hadapi.

Maka yang terjadi adalah pembeli produk di toko online anda akan berubah menjadi pelanggan setia toko online anda. Yang kemudian akan terus kembali lagi dan lagi untuk membeli produk-produk dari anda.

Pertanyaannya: "bagaimana caranya agar seperti itu?" 


Bangunlah Personal Branding

Cara ini biasa disebut sebagai Personal Branding. Agar pembeli toko online anda menjadi pelanggan loyal, jadikan diri anda sendiri sebagai Brand untuk produk/ toko online anda.

Contohnya..

Seorang binaragawan, ia hobinya adalah fitness, kegiatan sehari-harinya adalah pergi ke Gym. Sambil terus berusaha untuk menjaga bentuk tubuhnya yang ideal, ternyata ia juga punya bisnis toko online jualan Suplemen Otot di internet.

Ia tidak sekedar menunggu pembeli datang sendiri ke toko onlinenya, namun ia menggunakan akun Facebook Pribadinya untuk mendatangkan calon pembeli ke toko onlinenya.

Kemudian ia rajin sharing tentang dunia Body Building di Facebook miliknya, dan membagikan tips-tips bermanfaat untuk membangun otot.

Banyak interaksi yang terjadi dari teman Facebooknya karena merasa terbantu dengan sharing yang ia lakukan, dan ia pun perduli dengan permasalahan mereka. Sehingga mereka mulai percaya dengan apa yang dikatakan olehnya.

baca juga: 3 Keuntungan Paling Logis Membuka Bisnis Online di 2018

Disana mulailah terbangun kedekatan antara ia dengan teman Facebooknya yang masih sama-sama hobi Body Building.

Ketika pada akhirnya teman-teman Facebooknya tau bahwa ia punya sebuah toko online yang menjual suplemen-suplemen untuk otot, maka anda bisa membayangkan, bagaimana reaksi teman-teman facebooknya ketika ditawarin untuk membeli produk darinya.

Yup, sesuai tebakan anda, mereka akan berbondong-bondong untuk membeli Suplemen darinya karena mereka sudah percaya padanya. Kredibilitas sudah terbangun dari dirinya sendiri sebagai seorang binaragawan.

Alasan utamanya, karena apa yang ia jual sesuai dengan apa yang ia sukai. Ia adalah seorang binaragawan yang sudah mengerti seluk beluk dalam membangun tubuh yang atletis.

Itulah yang dinamakan dengan Personal Branding, sebuah proses untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli melalui dirinya.

Dengan melakukan Personal Branding ditambah dengan kedekatan dengan calon pembeli, itu bisa membuat bisnis anda selalu diingat dan sulit dilupakan oleh pembeli. Personal Branding juga berfungsi sebagai strategi untuk mempercepat pertumbuhan bisnis yang dijalankan.

Bagaimana Jika Saya Bukan Binaragawan Tapi Ingin Jualan Suplemen?

Jika anda bukanlah seorang binaragawan, hanya penjual, bisa kok dibangun Personal Brandingnya.

Anda tinggal menyesuaikan dengan target market anda. Kenali mereka, apa kebutuhannya dan buat nama akun Facebook anda dengan menambahkan nama belakang yang sama dengan nama bisnis anda.

Misalnya, Joko Suplemen X.

Atau buat akun Facebook baru yang akan dipakai sebagai karakter bisnis anda, misalnya "Gatot Bodykece".

Akun Mas Gatot ini nantinya akan sharing-sharing artikel seputar binaragawan, tips menggunakan alat di Gym dan lain-lain. Yang ujung-ujungnya audience akan digiring untuk mengunjungi toko online anda.


Jalin terus hubungan baik dengan teman-teman di facebook Mas Gatot tersebut. Oh iya, mumpung akun mas Gatot masih baru, carilah teman yang sama-sama suka dengan dunia Binaragawan. Agar nantinya punya target yang jelas dan sesuai dengan produk yang dijual.

Nah sampai disini udah masuk akal kan?

Personal Branding akan menjadi kekuatan tersendiri bagi kesuksesan sebuah Bisnis. Membangun Personal Branding di Facebook merupakan cara termudah yang Gratis untuk mengenalkan bisnis anda ke target market.

Bisnis anda akan cepat naik dan laris gak karuan. Bukan sekedar laris, namun akan menjadi pelanggan setia yang bersedia kembali lagi dan lagi untuk membeli.

Mau banget kan seperti itu? Iya dong mau..

Sekarang silahkan renungkan dan bilang: "Ya Saya Siap Membangun Personal Branding".

Jangan lupa beri komentarnya dibawah ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon