5 Strategi Top Marketing Bisnis Online Berbasis Konten

Mungkin Anda ingin membuat sebuah gebrakan baru untuk pemasaran bisnis Anda. Strategi pemasaran yang benar-benar keren yang bisa meningkatkan omset penjualan dalam bisnis yang Anda jalani.

Tahukah Anda? jika kebanyakan pebisnis sekarang sudah meninggalkan konsep pemasaran tradisional dan mulai beralih ke dalam sebuah pemasaran di internet?

Dan strategi pemasaran yang dilakukan secara online tersebut, yang paling ampuh dan dahsyat dalam meningkatkan penjualan adalah "pemasaran konten".

Dengan pemasaran konten, akan mampu memberikan keuntungan jangka panjang ke dalam sebuah bisnis dan juga bisa sebagai acuan ketika ada pelanggan baru untuk memutuskan membeli produk yang Anda tawarkan. Sekaligus juga untuk membangun merek agar mudah dikenali oleh calon pelanggan di dunia internet.

Jika dilihat dari segi bahasa "Content", berasal dari bahasa Inggris yang berarti isi. Maksud isi disini adalah hal yang berhubungan tentang produk Anda yang secara langsung atau tidak langsung sedang di promosikan.

Dan berikut merupakan beberapa jenis konten yang bisa dijadikan sebagai bahan strategi pemasaran yang TOPCER ABIZZ dalam meningkatkan penjualan.


1. Kontes/ Lomba

Ini yang akan saya ceritakan terlebih dahulu. Karena beberapa waktu yang lalu saya gagal memenangkan sebuah lomba menulis yang hadiahnya laptop.

Tapi dari situ saya mengetahui bahwa lomba yang mereka adakan bertujuan untuk pemasaran bisnis mereka agar lebih banyak yang mengenal produk yang mereka tawarkan.

Sekaligus sebagai promosi jangka panjang dari ketersediaan informasi tulisan-tulisan dari peserta lomba yang rata-rata adalah seorang Blogger.

Lomba tersebut seakan meneguhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis mereka. Yang kemudian calon pelanggan yang baru mengenal mereka akan sangat mudah untuk mempercayai bisnis mereka.

Alasannya karena banyaknya tulisan yang berisi ulasan-ulasan menarik peserta lomba yang telah mereka adakan.

Untuk keuntungan jangka panjang, total hadiah sebesar 15 juta tidaklah berarti apa-apa bagi pebisnis yang tahu efek setelahnya.

Anda juga bisa menjalankan seperti itu di kemudian hari untuk meningkatkan kepercayaan sekaligus menciptakan konten gratis dari para peserta lomba.

Jika seperti itu, maka bisnis Anda akan selalu mudah untuk ditemukan di mesin pencari.

Dengan kepercayaan tingkat tinggi karena banyaknya yang membicarakan bisnis Anda, maka kemungkinan terbesarnya adalah angka pasti untuk penjualan yang laris sepanjang tahun.

2. Survei

Jika Anda sudah menjadi member Marketplace Bukalapak, pernah kan, Anda mendapatkan sebuah E-Mail yang berisi suruhan untuk membantu mereka mengisikan sebuah survei..?

Tapi saya yakin kebanyakan dari Anda pasti mengabaikannya. Dan itu Bagus! biar mereka bingung mendapatkan data dari pasar yang sudah ada. Haha..

Tapi jika Anda pernah mengisinya karena mungkin Anda orangnya gak tegaan dan merasa iba sama pihak Marketplace tersebut. Maka disitulah mereka akan terbantu dengan survei yang Anda lakukan.

Sehingga mereka akan mengetahui perilaku pasar baru-baru ini. Dengan begitu mereka bisa menentukan strategi tepat dalam menciptakan sebuah konten, baik berupa penawaran produk maupun tulisan promosi.

Anda juga bisa tuh meniru gaya mereka dengan mengadakan survei yang ditawarkan pada pelanggan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perilaku pasar.

Dengan itu Anda bisa memahami apa keinginan pasar, apa persepsi pasar terhadap bisnis Anda dan juga apa harapan pasar dari bisnis Anda.

Mantap sekali bukan..?

3. Cerita Pelanggan

Ini berhubungan dengan promosi TER-JITU dari jaman batu. Mulut ke Mulut lebih efektif daripada iklan TV yang memiliki biaya jutaan rupiah hanya dalam waktu 15 detik. uh,,

Promosi mulut ke mulut akan tetap berlaku sampai kapanpun, baik untuk bisnis konvensional maupun untuk bisnis secara online.

Namun ada strategi yang bagus untuk Anda tiru jika Anda adalah seorang pebisnis yang menargetkan pemasaran secara online. simak di bawah ini.

#Buatlah konten yang berisi cerita mulut ke mulut tersebut. 

Kumpulkan kisah dari pelanggan setelah menggunakan produk dari Anda. Masukkan kisah tentang berapa lama mereka menggunakan produk Anda dan juga bagaimana produk Anda sudah banyak membantu permasalahan mereka.

#Akan ada perbedaan besar antara janji dan hasil nyata. 

Ketika hanya dari pihak Anda saja yang berjanji bahwa produk Anda mampu mengatasi masalah pelanggan, itu sih biasa, namanya juga Anda yang jual.

Tapi bagaimana jika yang bercerita adalah orang lain yang sudah memakai produk Anda dan terbukti berhasil mengatasi masalahnya?

Maka cerita asli dari pengguna tersebut akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan lainnya dan mampu menghilangkan sikap ketidakperdulian terhadap produk yang Anda tawarkan.

Karena akan selalu ada seribu alasan bagi seorang pelanggan ketika akan membeli suatu produk. Menceritakan pengalaman seseorang pengguna produk Anda, adalah cara AMPUH menghilangkan alasan-alasan tersebut.

4. Testimoni Video

Penelitian mengungkapkan bahwa sebesar 90% calon pelanggan akan memutuskan untuk membeli, jika mereka sudah mengetahui ada ulasan baik yang merekomendasikan produk Anda.

Apalagi jika ulasan tersebut dalam bentuk video langsung dari pelanggan. Pasti akan sangat POWERFULL testimoni tersebut.

Kemudahan teknologi dalam membuat video serta mudah juga untuk membagikannya, adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan testimoni berbentuk video.

Testimoni seperti itu akan berdampak besar terhdap kepercayaan calon pembeli dan juga membantu Anda dan pelanggan tetap terhubung secara emosional.

5. Bikin Grup Diskusi

Fungsinya grup itu untuk berdiskusi, bukannya untuk berjualan. Inilah yang terjadi di Indonesia, dimana Grup Facebook seringnya dipakai hanya untuk jual beli dengan nama FJB Anu, FJB itu, FJB ono, FJB blabla, dan seterusnya.

Seharusnya Grup dipakai untuk mengumpulkan orang-orang yang mempunyai minat yang sama dalam hal tertentu.

Dan bagi seorang pebisnis, grup bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengedukasi pelanggan dengan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Diskusikan sesuatu yang berhubungan dengan masalah pelanggan Anda. Cari dan ajukan pertanyaan tentang masalah yang biasa dihadapi mereka. Beri mereka pencerahan dan solusi-solusi berguna yang tidak melulu menyangkut produk yang Anda jual.

Namun, niatkan dengan ikhlas untuk berbagi dan terus berbagi sampai orang lain mendapatkan manfaat dari apa yang sering Anda bagi. Dan lihatlah setelahnya, Anda akan mendapatkan hasil yang mencengangkan.

Pelanggan akan dengan senang hati membeli jika Anda sudah sering memberikan manfaat kepada mereka. Apapun yang Anda tawarkan, pasti akan dibelinya.

Super kan..?

Kabar bagusnya, jika Anda melakukan semua hal diatas, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menjalankan strategi-strategi tersebut.

Konten merupakan masa depan bagi bisnis Anda yang akan mempertahankan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. 

Jalankan strategi pemasaran dengan konten untuk memaksimalkan penghasilan dari bisnis yang Anda jalan.

Silahkan dicoba ya..

Jangan lupa, Beri komentar Anda..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon