Cara Lariskan Toko Online. Pake Branding!

Keampuhan laris toko online terakhir dari Triblogy Kerangka Laris Toko Online yang memiliki kekuatan paling Dahsyat dalam mempertahankan pelanggan dimasa-masa mendatang merupakan hal yang sangat krusial untuk anda bangun sedini mungkin.

Trik ini masih termasuk Kerangka Laris Jangka Panjang yang bisa mempertahankan bisnis anda untuk selalu menang dalam persaingan, selalu diburu oleh pelanggan dan selalu dinanti-nanti kehadiran produk-produk terbaru dari toko online anda.

Mantap kan..?

Sudah saya sebutkan pada halaman Kerangka Laris Jangka Panjang Toko Online Bag.2 bahwa perusahaan-perusahaan besar berani mengalokasikan sebagian pendapatannya dalam menjalankan trik Branding ini.

Dan itupun bisa anda terapkan terhadap bisnis toko online yang sedang anda jalankan sekarang dengan atau tanpa modal sekalipun.

Dan hal-hal seperti dibawah ini yang seharusnya anda lakukan agar toko online anda laris sepanjang jaman. Amiin. Teruskan membaca ya..


Ketujuh. LARISKAN DENGAN BRANDING

Membahas tentang Brand tidak akan semudah menjual produk itu sendiri. Faktanya membangun sebuah Brand akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi keuntungan membangun Brand tidak bisa anda nikmati secara langsung dalam bentuk profit selembar kertas.

Membangun BRAND

Aktifitas ketika membangun Brand dinamakan dengan "Branding". Branding merupakan proses dalam menyampaikan kesan dibenak konsumen tentang bisnis anda.

Diawal-awal anda akan sangat sulit mengidentifikasi bahwa kegiatan Branding anda sudah berhasil atau tidak. Karena menentukan hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun sebelum melangkah untuk melakukan Branding, alangkah baiknya bagi anda yang belum membuat toko online untuk memperhatikan hal-hal sederhana namun penting untuk dilakukan.

Sepeti hal memberi nama bisnis atau toko online anda, logo bisnis anda, tagline bisnis anda, kemasan produk anda, tampilan toko online anda, dan lain sebagainya.

Jadikan semuanya itu ciri khas bisnis anda, seperti menentukan warna khas yang akan selalu menempel pada bisnis anda atau Font untuk tulisan nama bisnis anda.

Contohnya, jika anda membeli kartu perdana Telkomsel, warna merah adalah warna yang melekat pada setiap kemasan kartu perdana tersebut. Benar kan?

Andapun pasti tau warna apa yang menempel pada kemasan kartu perdana XL, pasti warna biru + putih kan?

Warna kemasan perdana kartu Mentari, IM3, Axis, Smartfren semuanya anda pasti tau dan bisa membedakannya. Anda benar-benar mengerti jika anda melihat kemasan perdana berwarna kuning, dalam sekali lihat saja anda pasti akan tau bahwa itu adalah perdana kartu Mentari misalnya.

Hal-hal seperti itu harus anda perhatikan terhadap bisnis anda nantinya. Jangan anggap remeh kekuatan pengenalan identitas warna. Seperti tidak ada efek yang berarti diluar kepala, tapi ternyata benar-benar ngefek dibawah alam sadar manusia.

Membuat Identitas Bisnis

Identitas binis yaitu berupa nama, logo, warna, slogan dan lain sebagainya yang akan diterapkan pada bisnis anda.

Dalam memberi nama, tidak boleh asal-asalan dengan memberi nama pada Bisnis. Karena kita sudah mempercayai bahwa nama adalah doa. Maka carilah nama yang bisa mendoakan kesuksesan bisnis kita. Tapi bukan berarti nama kita harus panjang seperti doa setelah sholat.

Penting sekali menentukan nama dalam bisnis, karena ini akan memberikan positioning yang jelas pada toko online yang akan anda bangun nantinya.

Buatlah nama bisnis yang unik, mudah ditulis, mudah dibaca dan mudah diingat. Nama seperti itu berarti harus menggunakan kata yang simpel namun terasosiasi dengan bisnis anda.

Contohnya; jika anda ingin bisnis berjualan kemeja, maka buat saja nama bisnis dengan nama "Berkemeja" ketika dijadikan sebuah toko online maka akan memiliki nama domain "www.berkemeja.com". Simpel kan, dan terasosiasi dengan toko online anda yang serba kemeja itu.

Pilih nama juga jangan terlalu memaksakan kata kunci kedalamnya. Mentang-mentang anda sedang usaha online yang nantinya akan berhubungan dengan mesin pencari. Anda berfikir untuk memberi nama toko online anda yang sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari dimesin pencari.

Misalnya anda menjual kemeja tadi, tapi karena sebelumnya anda sudah survei data kata kunci (keyword) dan ada kata "harga kemeja terbaru" yang menduduki peringkat satu dalam pencarian, maka anda akan memberi nama toko online anda "www.hargakemejaterbaru.com". Padahal toko online anda adalah toko penjualan, bukan toko informasi.

Orang juga akan bingung melihat toko online anda, apakah itu toko online yang menjual kemeja atau hanya sebuah website tentang informasi-informasi harga kemeja saja. gak jelas dan gak branded banget!

Dan seandainya anda mempunyai produk yang benar-benar produk anda sendiri yang sudah diberi nama unik oleh anda, untuk mensiasati agar pengunjung toko online anda mengerti produk yang anda jual, maka gunakanlah tagline atau slogan pada toko online.

Misalnya, anda berjualan kemeja spesialis Flanel. Dan anda sudah membuat kemeja flanel yang diberi label "Flanelova", beri tagline dibawahnya yang akan memberi tahu tentang apa Flanelova itu. Contoh: "Flanelova - Kemeja Flanel Indonesia"

Setelah menentukan nama dan tagline. Anda harus buru-buru mendaftarkan nama brand anda untuk dijadikan nama domain untuk keperluan toko online anda.

Cek segera ketersediaan nama bisnis anda untuk dijadikan domain. Misalnya Flanelova tadi, cek apakah "www.flanelova.com" masih tersedia?

Untuk cara mengeceknya anda bisa melakukannya disitus penyedia Hosting dan Domain yang ada di Internet. Atau yang sudah menjadi langganan saya.

Saya sendiri berlangganan di Domainesia.com, silahkan kunjungi dan cek ketersediaan domain anda disini: Cek Nama Domain

Direkomendasikan untuk langsung didaftarkan!

Karena nama domain yang bagus akan selalu diperbutkan oleh banyak orang. Jangan sampai keambil duluan sama orang lain.

Lakukan Aktifitas BRANDING

Setelah menentukan nama bisnis anda yang mudah diingat dan sudah ditentukan segala macam ke-khas-an yang akan dibawa oleh nama bisnis anda. Kini saatnya anda melakukan kegiatan BRANDING.

Diatas sudah disinggung bahwa "Branding merupakan proses dalam menyampaikan kesan dibenak konsumen tentang bisnis anda".

Aktifitas branding bisa diterapkan pada identitas nama bisnis anda seperti yang sudah dijelaskan diatas. Atau juga bisa di terapkan pada produk yang anda jual.

Misalnya produk anda memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan produk pesaing. Kemeja yang anda jual memiliki model saku berbentuk segi enam misalnya.

Aktifitas branding juga berlaku untuk kegiatan pelayanan yang dilakukan, apakah anda seorang yang ramah dan baik hati atau orang yang dingin tidak perduli.

Bangun juga branding toko online anda dalam positiong yang spesifik. Kenalkan kepada pelanggan bahwa toko online anda adalah spesialis kemeja flanel misalnya.

Kenalkan diri anda sebagai pemilik toko online yang sedang anda jalankan dengan melakukan personal branding. Personal branding akan sangat membantu branding toko online anda.

Sehingga pelanggan akan mudah untuk percaya melakukan transaksi dengan anda.

Kesimpulan:

> Keseluruhan kerangka berjumlah 7:

1. Menjual Produk Yang HOT

2. Datangkan Pengunjung (Traffic)

3. Merubah Traffik Menjadi Pembeli

4. Gunakan Trik Laris

5. Memasukkan Pengunjung Ke List Database

6. Viralkan Dari Mulut Ke Kuping

7. LARISKAN DENGAN BRANDING

> Jika menjalankan 1-4 anda sedang melakukan trik JANGKA PENDEK
> Jika menjalankan 1-7 anda sedang melakukan trik JANGKA PANJANG

Tapi perlu dicatat! Ini semua hanya ikhtiar kita sebagai manusia. Ada faktor lain yang bisa melariskan toko online anda dalam jangka yang panjang.

Faktor itu adalah pertanyaan terhadap diri kita sendiri, sudah seberapa panjang ibadah kita terhadap sang Maha Melariskan.

Setelah membaca keseluruhan topik kerangka laris toko online, bagaimana pendapat Anda tentang itu. Berikan komentar Anda di bawah pada halaman ini.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon