Seperti Ini Peta Strategi Bisnis Toko Online

Mungkin Anda pernah memiliki pertanyaan tentang bagaimana sih untuk menjalankan bisnis toko online sebenarnya?

Anda sudah berusaha untuk menjual suatu barang di sosial media (facebook, instagram dan twitter) tapi kok gak berhasil-berhasil?

Anda jualan di Marketplace pun kok masih ada yang kurang dengan itu..? Tidak maksimal dan Anda butuh penjualan yang lebih besar lagi.

Mau kan Anda mendapatkan omset yang besar dari toko online Anda?

Mau kan usaha online yang Anda jalankan dengan serius ini bertumbuh menjadi bisnis yang besar?

Ya, memang menjalankan sebuah bisnis online tidak akan pernah mudah jika tidak di tekuni dengan serius. Tapi serius saja tidak akan cukup untuk bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Di dalam bisnis toko online, Anda harus mengetahui peta strategi untuk sukses berjualan online. Dan berikut langkah yang tepat untuk bisnis online yang akan berjalan dalam jangka panjang.

Teruskan membaca ya,,



STRATEGI 1. BUATLAH WEBSITE 

Anda harus menyadari bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis online itu memang benar-benar akan sangat membutuhkan yang namanya website.

Website ibarat markasnya bisnis online. Dan sosial media seperti facebook, twitter, instagram hanya akan berfungsi sebagai stan pameran untuk produk Anda.

Begitupun juga dengan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, blanja, blibli merupakan sebuah tempat untuk melakukan penetrasi pasar agar produk Anda cepat terkenal.

Keuntungan Membuat Website Toko Online Sendiri:

1) Bisnis Akan Bertahan Lama

Ya benar, selain website yang Anda bangun, semuanya itu tidak akan bertahan lama.

Coba anda perhatikan, sebelum facebook datang, dulu ada yang namanya friendster tapi sekarang sudah tumbang bukan?

Bagaimana jika seumpama sosial media yang ada sekarang bernasib seperti friendster? Apakah Anda yakin produk jualan online Anda masih bisa di dagangkan disana?

Dan tahukah Anda, apa yang tidak pernah bisa tumbang semanjak dahulu?

Ya website jawabannya.

Lihat saja AMAZON yang sudah berdiri semenjak tahun 1994 sebagai website penjualan retail terpopuler hingga sekarang.

Bagaimana jika saja Amazon dulu hanya ngikut berjualan di sosial media, di friendster misalnya, bukankah Amazon seharusnya juga tumbang.

Tapi kenyataannya tidak kan? Karena Amazon sudah memiliki website nya sendiri untuk berjualan.

Ketika sosial media tumbang dimana-mana, Amazon malah semakin membesar tidak ikut tumbang bersama mereka. Itulah kehebatan membangun bisnis online dengan WEBSITE.

2) Bisnis Anda Akan Eksis Dalam Mesin Pencari Google

Sekarang siapa sih yang tidak membutuhkan mesin pencari (Google) ketika akan mencari informasi, mencari referensi bahkan mencari produk di Internet?

Ketika bisnis online Anda sudah benar-benar online dengan didirikannya WEBSITE jualan Anda bukankah produk Anda juga akan terlibat di dalamnya?

Maksudnya hanya dengan memiliki website, produk jualan Anda akan di temukan di mesin pencari Google ketika ada seseorang yang mencari-carinya.

Dan itu bagus untuk jangka panjang. Bisnis Anda akan eksis dan akan terus berada dalam cakupan algoritma mesin pencari.

Sehingga semakin mudah dan semakin terkenallah bisnis online yang Anda jalani.

STRATEGI 2. DONGKAK PENJUALAN DENGAN TRAFIK

Trafik adalah sumber lalu lintas calon pelanggan yang membutuhkan produk Anda.

Anda bisa mendapatkan trafik yang akan menuju ke website toko online Anda dengan memanfaatkan Sosial Media, Marketplace, Forum, Milis dan Feedback untuk menciptakan kesempatan terjadinya pembelian dari toko online Anda.

Sosial Media bagus sekali untuk ini, Anda akan sangat mudah mengincar target market yang paling potensial untuk membeli produk dari toko online Anda.

Sosial media sangat AMPUH untuk mendapatkan trafik pengunjung website toko online Anda. Juga Ampuh untuk menjual produk-produk penetrasi sebagai langkah awal dalam memperkenalkan toko online Anda ke pelanggan.

Baca Juga: Berbagai Cara AMPUH Melariskan Toko Online Anda Melalui Media Sosial

STRATEGI 3. SIMPAN DATABASE PELANGGAN 

Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin database pelanggan yang kemudian akan Anda tawarkan produk yang Anda jual.

Database ini berupa email para pelanggan yang sudah membeli produk dari Anda.

Dan menyimpan email pelanggan yang membeli produk dari Anda akan sangat mustahil jika tidak menggunakan website.

Bisa sih, tapi harus manual dan tidak ada alasan bagi Anda untuk meminta email dari pelanggan jika proses pemesanannya masih manual menggunakan SMS atau chat.

Bahkan ketika Anda ingin mengumpulkan database baru, Anda akan membutuhkan sebuah website sebagai landasan pacu dalam mengumpulkan email dari target market Anda.

Biasa di sebut dengan "Landing Page" untuk sebuah website yang berisi penawaran ketika ingin mengumpulkan database email.

Database ini nantinya akan sangat menentukan kelangsungan bisnis Anda untuk jangka panjang.

Karena dengan memiliki database email pelanggan, Anda akan sangat mudah untuk menjual produk kepada pelanggan yang pernah membeli dari Anda atau bahkan belum pernah membeli secari pribadi melalui pemasaran email (EMAIL MARKETING)

STRATEGI 4. GUNAKAN AKTIFITAS BLOGGING

Ketika sudah mempunyai WEBSITE TOKO ONLINE. Anda akan lebih mudah dalam menerapkan strategi Blogging yang masih terintegrasi dengan website penjualan Anda.

Melakukan aktifitas Blog merupakan pintu belakang bagi pelanggan untuk mengenal dan membeli produk dari Anda.

Buatlah artikel dalam blog toko online Anda yang membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan calon pelanggan Anda.

Misalnya, toko online Anda menjual baju atau pakaian untuk anak muda seperti pelajar dan mahasiswa, maka permasalahan mereka tidak akan jauh dari masalah romansa dan kepercayaan diri.

Buatlah artikel yang memotivasi mereka untuk menjadi pribadi percaya diri agar mudah mendapatkan cinta dari lawan jenis. Artikel tentang putus cinta dan lain sebagainya.

Intinya bagikan sesuatu yang bermanfaat bagi calon pelanggan Anda untuk menciptakan kepercayaan.

Blogging merupakan teknik menjual tanpa menjuali, dan tanpa sadar calon pelanggan akan lebih percaya untuk membeli produk dari toko online Anda daripada yang lain, karena Anda sudah membantu permasalah mereka dan perduli dengan masalah mereka.

Itu sangat bagus dalam menciptakan hubungan jangka panjang. Sehingga mereka tidak akan sungkan untuk terus belanja di toko online Anda lagi dan lagi.

Dan bersiaplah bisnis online Anda akan semakin terkenal dan besar. Amin..

Tinggalkan komentar Anda tentang ini ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon