Strategi Internet Marketing Untuk Peluang Usaha Jualan Online

Inilah definisi dari internet marketing yang harus Anda ketahui untuk kemajuan bisnis yang akan atau sedang Anda jalankan. Ini sangat penting untuk bisa mempertahankan Bisnis di masa-masa sekarang dan masa depan.

Dengan mengetahui informasi tentang internet marketing, Anda sudah mengamankan bisnis Anda bisa bertahan dalam jangka panjang. Karena sebagai pebisnis, Anda harus mengetahui bahwa arus pemasaran melalui internet sudah menjadi bagian yang wajib di lakukan oleh setiap perusahaan.

Simak terus agar Anda mengerti, lanjut baca hingga selesai ya..


Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing adalah taktik dasar tentang periklanan dan pemasaran (promosi) yang dilakukan secara online. Taktik tersebut mencakup website untuk promosi produk, email untuk pemasaran produk dan media sosial untuk mendapatkan calon pelanggan potensial.

Tujuan Internet Marketing 

Tujuan utamanya tentu untuk bisa menjual barang/ jasa/ iklan melalui internet. Dan Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengidentifikasi target pasar.

Kemudian hasil penelitian tersebut akan dipakai untuk mengkomunikasikan produk dan layanan Bisnis Anda ke target pasar agar lebih mudah terjadinya proses pembelian.

Tiap-Tiap Bisnis Harus Hijrah Status

Jika Anda hanya mengandalkan penjualan model konvensional, maka jangan salahkan laba-laba ketika mereka membuat sarang di tempat penjualan Anda. Jangan pula mengusir jangkrik yang sedang berkerik 'krik,,krik,,krik' untuk mengusir sepinya toko Anda.

Pasarkan bisnis Anda secara Online! ini efektif agar bisnis Anda lebih mudah di temukan oleh calon pelanggan. Geserkan sedikit posisi bisnis Anda, masukkan ke ranah internet di dalam World Wide Web (WWW) agar bisnis Anda BOOM..!! terkenal di mana-mana.

GO ONLINE kan Bisnis Anda Sekarang

GO ONLINE bahasa mudahnya untuk pindah status bisnis yang Anda jalankan. Bisnis yang tadinya hanya mengandalkan pelanggan dari lokasi terbatas dalam satu kota, menjadi bisnis yang mampu menjaring pelanggan dari seluruh kota di Indonesia.

Dengan GO ONLINE, bahkan seluruh dunia pun bisa berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda. Tidak menutup kemungkinan pemesanan terjadi dari negara-negara lain di seluruh dunia. Itu bisa BANGET terjadi.

Hebat sekali kan kekuatan pemasaran secara online..?

Tidak hanya itu, memasarkan Bisnis secara online juga memiliki manfaat lain yaitu:

Biaya Terjangkau. Tidak melulu harus ngiklan di tv untuk mengenalkan bisnis Anda yang masih merangkak. Strategi pemasaran media sosial kini lebih SAKTI dalam menghasilkan pelanggan dengan biaya murah bahkan GRATIS, Bisnis Anda akan mudah terkenal hanya dengan media sosial.

Buka 24 Jam. Dimana lagi tempat usaha yang bisa buka 24 jam penuh dalam seminggu, selain di online? Burung hantu sekalipun yang bangunnya di malam hari, bisa saja kini ia sedang mainin gadget untuk belanja online.

Internet tidak pernah tidur, dan pemasaran online bisa tetap berjalan bahkan ketika Anda sedang tidur. 24 jam toko Anda akan terus berstatus 'OPEN'.

Fokus ke Target. Bisnis yang sudah di jalankan secara online akan sangat mudah dalam menemukan pelanggan potensial yang memang benar-benar membutuhkan produk yang Anda jual dan kemudian dengan kepastian mereka pun akan membeli.

Pemasaran pun tidak kesasar kemana-mana, karena tidak semua orang bisa Anda jadikan sebagai pelanggan. Bidik ke satu target tertentu saja. Itu mudah sekali di lakukan jika pemasaran yang Anda lakukan berbasis online.

Mau kan laris gak karuan dalam sekali promosi..? OMSET bisa PULUHAN JUTA dalam sekali pergerakan.


Menjalankan Strategi Pemasaran Online

Lantas, bagaimana cara untuk menjalankan pemasaran online yang seharusnya? Dibawah ini akan ada banyak pilihan untuk Anda ketika ingin hijrah status menjadi Pedagang Online.

1. Bikin Website

Anda bisa berhijrah memindahkan produk-produk Anda kedalam sebuah website yang berfungsi sebagai etalase di internet. Website yang berisi produk-produk jualan biasa di sebut dengan 'Toko Online'. Buatlah Toko Online Anda untuk bisa bergerak menjalankan internet marketing.

2. Jalankan SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah nama strateginya. Untuk prakteknya disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Cara praktis dalam meningkatkan jumlah calon pembeli melalui mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya. Untuk sekarang patokannya adalah mesin pencari Google.

SEO adalah cara termudah dan memiliki efek paling JOSS dalam mendatangkan calon pembeli mengunjungi toko online Anda.

3. Email 

Email merupakan senjatanya para pebisnis online. Senjata pamungkas dalam mempertahankan dan mendatangkan pelanggan. Prospek jangka panjang agar pelanggan terus beli dan beli lagi pada Anda.

Dengan Email Anda bisa menawarkan kapanpun tanpa membual sedikit pun, karena orang akan mudah percaya dengan apa yang Anda tawarkan melalui Email.

4. Medsos

Kebanyakan pelanggan akan mempelajari dan mengecek ulang produk dan layanan Anda melalui media sosial. Mereka akan memastikan tentang kepercayaan Bisnis Anda.

Melalui media sosial lah Anda bisa menjalani pendekatan terhadap pelanggan. Dengan begitu Anda bisa membangun hubungan dengan pelanggan Anda lebih dekat, sehingga timbullah kepercayaan terhadap bisnis yang Anda jalani.

5. Menulis 

Tulislah artikel atau postingan di blog milik orang lain. Ini adalah cara bagus untuk mendapatkan perhatian dengan memamerkan keahlian Anda.

Sehingga nantinya Anda akan dipandang sebagai seorang yang Ahli dalam suatu bidang. Dan bidang tersebut merupakan bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang.

Efeknya tentu saja akan mempermudah orang lain percaya terhadap apa yang Anda omongkan, karena mereka sedang berbicara pada ahlinya.

6. Program Afiliasi

Program Afiliasi adalah cara yang sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar daam mengekspansi pasar lebih luas lagi. Program ini merupakan tawaran terhadap orang lain untuk mendapatkan komisi dari penjualan produk Anda.

Sehingga orang lain bisa mempromosikan bisnis Anda dan akan mendapatkan bayaran jika adanya penjualan dari rekomendasi yang mereka lakukan.

Anda pun akan di untungkan dengan adanya program ini, karena dengan itu bisnis Anda akan tersebar luas dan semakin terkenal dengan memiliki tim penjual yang sudah bekerja sama dengan bisnis Anda.

7. Iklan Berbayar

Ada banyak pilihan untuk menempatkan iklan bisnis Anda secara online. Iklan berbayar tersebut bisa saja berupa teks atau banner di dalam website orang lain. Anda juga bisa mengikuti program iklan yang di tawarkan oleh Google Ads dan Facebook Ads yang kini semakin mudah untuk di lakukan.

8. Video

Melalui video, Anda bisa manawarkan produk yang ingin Anda pasarkan dengan mudah. Buatlah video-video menarik yang berhubungan dengan produk yang sedang Anda jual.

Poin paling penting dari strategi pemasaran internet adalah bagaimana agar promosi yang Anda lakukan bisa menjadi VIRAL yang akan banyak di bicarakan orang lain. Baik promosi mulut ke mulut, melalui media sosial, email, potingan blog dan banyak lagi lainnya.

Membuat sebuah konten berkualitas yang di kerjakan secara maksimal merupakan satu syarat yang harus di penuhi untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan.
Sehingga memicu orang untuk mau membagikan konten ke orang lain dan membicarakannya.

Sip..?

Bagaimana dengan Anda..?

Beri komentar tentang ini ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon