Tren Marketing Online Yang Laris Mendatangkan Pelanggan

Demi tujuan mendapatkan pelanggan baru, strategi pemasaran berupa konten akan terus berkembang di tahun ini.

Diprediksi tahun-tahun mendatang, tren pemasaran berbasis konten merupakan kunci sukses dalam meningkatkan kesadaran merek (Brand Awerness) dalam bisnis.

Dan tahun kemarin, sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya dalam mengandalkan konten untuk mengenalkan produknya baik melalui video di Youtube atau melalui konten tulisan teks.

Tren tersebut akan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya di masa depan. Dan Anda harus sigap dalam menyikapi perubahan di masa depan.

Berikut merupakan ulasan terkait tren pemasaran yang sudah menjadi favorit pelaku bisnis sekarang.


Tren Personal Marketing

Pernahkah Anda ketika membuka Facebook Anda akan melihat iklan yang sama berhari-hari? Dan biasanya yang memasang iklan ada yang mengatasnamakan dirinya sendiri dengan foto si pengiklan sendiri.

Nah, mereka itu sedang melakukan pemasaran berbasis Personal melalui Media Sosial yang kemudian akan digabungkan dengan penawaran di dalam Email

Pengertian Personal Marketing adalah kemampuan untuk mengubah konten, pesan, dan penawaran yang di suguhkan secara dinamis ke satu target market.

Target market dapat di cari dengan cara apapun yang meliputi terhadap perilaku, tindakan, minat, dll.

Cara menerapkan Personal Marketing yaitu dengan mendekati target market sedekat mungkin secara intens.

Dengan begitu, target market akan terus diperhatikan dan di ikuti karena mereka mempunyai masalah yang berhubungan dengan produk yang sedang di iklankan.

Jika Anda yakin produk Anda merupakan solusi bagi masalah mereka, maka pendekatan secara personal merupakan jalan terbaik untuk pemasaran sekarang ini.

Efektifitas Personalisasi Konten sudah banyak dibuktikan sebagai strategi paling tokcer bagi mereka yang menerapkannya.

Tapi ini adalah pekerjaan yang lumayan sulit dan rumit, membutuhkan usaha panjang dengan berbagai alur proses yang harus diikuti.

Seperti langkah pertama dalam mengenalakan siapa Anda atau bisnis Anda, memberikan edukasi seputar produk Anda, memberikan informasi bermanfaat tentang permasalah target market, baru deh melakukan penawaran.

Ada syarat dan ketentuan sebelum melakukan penjualan. Bahasa lainnya untuk ini adalah jualan secara halus 'Soft Selling'. Dan tentu ini membutuhkan kemampuan menulis yang baik untuk urusan penawaran.

Tren Email Marketing

Ini bukan tren baru sebenarnya, tapi di Indonesia sendiri, sekarang masyarakat sudah banyak yang mengetahui keampuhan marketing melalui email.

Dan mereka berbodong-bondong menerapkannya ke dalam masing-masing bisnis mereka. Baik bisnis personal maupun bisnis yang lumayan besar.

Email Marketing sebenarnya adalah pamungkas dari proses pemasaran personal yang dilakukan diatas.
Pemasaran personal dilakukan hanya untuk mencari sumber trafik atau mencari target market yang tepat saja.

Kemudian pelanggan akan digiring untuk mau memberikan email aktif mereka. Yang pada akhirnya proses pengenalan dan proses penawaran akan terjadi sepenuhnya di dalam Email.

Untuk melakukan ini, Anda harus menguasai tools Email Marketing, karena nantinya akan dibutuhkan suatu provider penyedia email yang bisa berjalan secara otomatis.

Anda wajib mempelajarinya, dan wajib berlanggan email otomatis tersebut. Jelas harus berbayar dong, bayarnya per bulan.

Tren Konten Video 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cisco, memperkirakan bahwa lalu lintas jaringan internet akan dipenuhi dengan data yang berisikan video-video didalamnya.

Di tahun 2019, jumlah data video tersebut akan mengalami kenaikan sebesar 80%. Konten berbasis video akan memenuhi lalu lintas jaringan internet yang ada ketika itu. Dan 64% pelaku bisnis sangat setuju dengan ke-AMPUHAN konten video.

Merekapun akan ikut andil dalam pemasaran konten video, sehingga pemasaran yang mereka lakukan akan terfokus terhadap jenis konten video.

Karena dengan menggunakan video ke dalam strategi penjualan, akan mempercepat pemahaman pelanggan terhadap produk yang di tawarkan.

Ditambah lagi dengan adanya fasilitas Live Streaming yang merupakan tren baru yang berkembang cepat dan sangat mendukung untuk inovasi pemasaran kekinian berbasis video.

Dengan menggunakan Live Video Streaming memungkinkan pelanggan untuk mengetahui lebih detail tentang suatu produk. Sehingga kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan akan semakin besar.

Banyak keunggulan Video Marketing yang akan menjadi strategi terbaik dalam pemasaran saat ini. Dan antusiasme pelanggan akan meningkat ketika mereka mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi barang dan dari mana barang akan di kirim.

Karena biasanya pelanggan akan menyukai suatu produk yang kelihatan nyata-nyata ada dan ready stok untuk kemudian mereka beli.

Bagaimana, apakah Anda sudah menerapkan salah satunya?

Jika belum, tahun inilah kesempatan Anda untuk memulainya. Siap..?

Tinggal komentar Anda ya..??

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon