5 Langkah Populer Cara Cepat Laris Jualan Online

Anda mau menghasilkan uang secara online dengan mudah dan cepat larisnya?. Ini merupakan beberapa langkah terbaik yang seharusnya Anda lakukan agar jualan online Anda cepat laris manis.

Jika Anda adalah seorang karyawan yang sedang mencari penghasilan tambahan lewat jualan online, ada beberapa kiat yang semestinya Anda pelajari terlebih dahulu. Karena menjual barang secara online juga harus ada seninya.

Bukan asal-asalan jualan, apalagi jualan di akun media sosial pribadi seperti Facebook. Saya berani jamin yang biasanya jualan di akun Facebook pribadi sangat jarang sekali adanya pemesanan. Atau bahkan tidak ada sama sekali.

baca juga ini: Berbagai Cara AMPUH Melariskan Toko Online Anda Melalui Media Sosial

Hanya bikin galau dan ngarep jika ada yang ngelike atau komentar postingan ketika menjual sesuatu di akun pribadi Facebook, yang padahal orang yang ngelike bukan suka terhadap produk yang sedang Anda jual. Tapi merasa kasihan dan iba aja karena tidak ada yang ngerespon postingan jualan Anda. Benar tidak?

Mulai sekarang Anda harus berfikir berbeda dari biasanya, dan cari tahu bagaimana caranya untuk meluaskan pasar dan bagaimana agar produk yang sedang Anda jual itu terkenal.

Kali ini harus berbeda, karena kalau jualannya hanya di akun pribadi Facebook maupun di group Facebook saja akan sangat sulit sekali produk yang Anda jual itu laris.

Anda juga harus mencari dan memiliki pelanggan setia yang nantinya akan selalu pesan berulang-ulang. Itu ada caranya namun memang untuk mendapatkan kesetiaan Anda perlu perjuangan panjang untuk mendapatkannya.

Tapi tenang saja, disini saya akan membagikan trik dari nol untuk berjualan online yang cepat lakunya, laris manis dan mempunyai pelanggan setia untuk toko online Anda dalam jangka panjang yang selalu menantikan produk terbaru dari Anda.

Baca terus artikel-artikel yang ada di blog ini agar Anda memahaminya secara jelas. Dan dibawah ini adalah langkah cepat laris jualan online.


1. Riset produk dan kata kunci

Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan online demi tercapainya target penghasilan tambahan yang sedang Anda idamkan, cari tahu dulu sebuah produk yang benar-benar dicari oleh setiap orang di dunia ini.

Carilah produk yang nantinya akan gampang untuk menjualnya dan pasti akan ada orang yang membelinya.

Caranya mudah, Anda hanya harus melakukan sebuah riset/ penelitian tentang "Keyword" atau kata kunci yang lagi banyak dicari oleh orang di Internet khususnya di mesin pencari seperti Google.

baca ini juga: Senjata Utama Bisnis Online Yang Akan Meledakkan Penjualan

Manfaatkan situs Google Trends yang bisa Anda cari di Internet tentang penggunaanya. Atau juga Ubersuggest yang juga bisa Anda gunakan sebagai riset kata kunci produk yang akan Anda jual.

Itu cukup sederhana, Anda tinggal disuruh pilih lokasi negara dan kemudian klik search. Nah nantinya akan banyak kata kunci yang muncul yang sering diketik banyak orang di salah satu negara tersebut termasuk dari Indonesia.

2. Perhatikan Masalah Foto Produk

Please, jangan ngasal dalam membagikan foto suatu produk untuk dijual secara online. Jika Anda benar-benar gak punya sebuah kamera untuk membuat foto produk yang Anda jual, menggunakan kamera HP saja sudah cukup kok.

Asal yang sudah diatas minimal 5 Mega Pixel. Jangan memaksakan foto produk yang menggunakan HP dengan resolusi masih dibawah 1 MP, itu gak baik dan akan terlihat tidak sedap di pandang.

Kasihan, bukannya orang-orang pada mau beli, malahan mereka akan merasa iba dan bilang "Maksa amat nih orang mau jualan kok suram". Lah wong fotonya aja suram buram kaya gitu.

baca juga ini: Inilah Teknik Manis Toko Online Laris. Omset Naik Drastis!

Juga hindari menggunakan foto orang lain yang diambil dari sebuah website. Dengan cara seperti itu justru akan mengurangi rasa kepercayaan calon customer.

Pelanggan akan lebih suka dengan foto asli dari hasil foto Anda sendiri. Karena itu menandakan bahwa Anda beneran sedang berjualan karena bisa diperkirakan barangnya ready stok.

3. Belajar Menulis Deskripsi Produk

Untuk menjadi seorang pedagang online Anda nantinya akan dituntut untuk bisa menulis. Lah kok menulis? kaya anak sekolah aja. Iya dong menulis, bukan menulis dipapan tulis, tapi nantinya Anda akan menulis untuk deskripsi produk yang sedang Anda jual.

Ini penting untuk memenangkan persaingan di dunia perdagangan online. Misalnya Anda sedang berjualan "kemeja pria", Maka Anda harus memikirkan kalimat yang bagus untuk dipakai sebagai judul pada website toko online maupun pada marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia atau pada sebuah group/ forum jual-beli lainnya.

Karena judul adalah awal dari seseorang untuk menentukan apakah mereka akan tertarik atau tidak terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Maka pintar-pintarlah menulis judul-judul yang menggoda calon pelanggan. Selain itu Anda juga harus bisa merangkai kata-kata setelah menentukan sebuah judul jualan online untuk produk Anda.

Anda harus memasukkan beberapa kata kunci yang Anda incar untuk menjadikannya sebuah konten yang akan dibaca oleh mesin pencari sebagai sebuah halaman yang baik untuk diposisikan didalam mesin pencari seperti Google.

Sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh orang ketika menuliskan kata tertentu yang ternyata itu berkaitan dengan produk yang Anda jual. Asik kan..?

4. Jual produkmu di situs Marketplace

Wajib hukumnya Anda memasang dan menyebarkan produk Anda di sebuah Marketplace. Itu dikarenakan merekalah jembatan potensial antara calon pembeli dan penjual di dunia maya.

Dengan mendaftarkan produk Anda di Marketplace, itu memberi kesempatan bagi setiap orang untuk memudahkan dalam hal pemesanan. Anda dapat memanfaatkan beberapa situs Marketplace yang sudah terkenal di Indonesia seperti : Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Tapi selain memasang di Marketplace, alangkah baiknya Anda juga sudah memiliki sebuah website sendiri yang dijadikan sebuah toko online untuk menempatkan produk-produk yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan sebuah blog untuk Anda jadikan sebuah toko online resmi produk-produk yang Anda jual.

baca ini juga: Cara Mudah Membuka Usaha Toko Online. Berisi 4 Langkah Praktek!

Cari tahu caranya dalam hal membuat sebuah blog yang dijadikan tampilan seperti toko online, Anda bisa mempelajarinya dibeberapa website dan juga blog. Tonton juga video-video di Youtube. Itu mudah sekali untuk di lakukan. Yang terpenting adalah Anda mau memulainya.

Dalam jualan online, Anda juga harus memanfaatkan trik visibilitas produk. Semakin banyak situs yang Anda gunakan untuk memasarkan sebuah produk, maka semakin banyak orang yang akan melihatnya sehingga semakin besar pula konversi untuk dijadikan sebuah penghasilan.

5. Pelajari Cara Beriklan di Facebook

Hampir semua orang pasti punya Facebook. Ituloh, media sosial yang biasanya dipakai untuk curhat-curhatan dan umpat-umpatan terhadap dunia dan sekitarnya. Daripada Anda terus-terusan curhat gak jelas, mending Anda manfaatkan facebook sebagai alat untuk mempromosikan produk jualan Anda.

Untuk menggunakan Facebook sebagai sarana promosi produk-produk Anda, sebaiknya gunakan "Facebook Page" untuk urusan promosi produk jualan Anda. Jangan gunakan akun pribadi yang nantinya membom-bardir pengguna lainnya yang bisa membuat orang merasa jenuh dan menjauh dari Anda. Percayalah, tidak ada seorangpun yang mau di-jual-i.

baca ini juga: Ini Rahasia. Strategi Facebook Marketing Dengan Akun Pribadi

Buatlah Facebook Page dengan nama yang mudah diingat dan sesuai dengan produk yang Anda jual. Disana Anda bisa merekomendasikan teman-teman Facebook Anda untuk menyukai Halaman Facebook yang sudah Anda bikin yang isinya tentu tentang produk-produk yang Anda tawarkan.

Dengan Facebook Page atau Halaman Facebook, mempromosikan suatu produk akan sangat memudahkan Anda, dengan berbagai alat promosi yang telah disediakan dari pihak Facebook, yang sangat berguna untuk memperkenalkan produk yang Anda jual kepada banyak orang secara gampang.

Dan Anda juga bisa memakai fasilitas premium untuk mengiklankan produk Anda, yang tentunya jauh lebih efektif. Iklan premium di Facebook betuknya beragam, dan iklannya bisa Anda targetkan kepada calon pelanggan yang lebih spesifik sehingga akan jauh lebih cepat produk Anda di beli karena langsung di iklankan kepada orang yang membutuhkan produk Anda.

Misalnya disetting untuk perempuan yang berusia 18 sampai 25 tahun dengan area kota Yogyakarta, dan lain sebagainnya yang pastinya sangat asik buat dicoba. Intinya, Anda akan melihat bahwa apa yang di blog, media sosial, marketplace, semuanya akan bersinergi dalam rangka mempercepat penyebaran produk yang Anda jual. Keren..!!

baca ini juga: Berbagai Cara AMPUH Melariskan Toko Online Anda Melalui Media Sosial

Media sosial dapat Anda fungsikan sebagai tempat gallery foto-foto produk Anda, jika ada pelanggan yang penasaran dan mau melihat detail lengkap produk yang Anda jual, arahkan saja ke blog atau toko online Anda.

Dan jika ada yang masih belum percaya Anda adalah penjual yang dapat di percaya, maka Marketplace adalah solusinya. Karena disana antara pihak penjual dan pembeli ada pihak ketiga sebagai penyedia tempat dan pengelolaan transaksi. Jadi lebih aman dan menjauhkan dari unsur ketidak-percayaan pelanggan.

Karena sistem Marketplace baik Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya menggunakan sistem uang disimpan terlebih dahulu sebelum produk/ barang benar-benar sudah ada di tangan si pembeli. Sehingga pembeli akan merasa aman dan merasa percaya terhadap Anda.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon