Inilah Yang Terjadi Ketika Brand Mengalahkan Nalar

Pernahkah Anda mempertanyakan kenapa harga suatu produk terkenal bisa sangat mahal harganya..?

Baiklah disini saya akan fokus untuk membahas perbedaan sebuah label/merek yang sudah dibranding dengan merek abal-abal yang ikut-ikutan.

Mari kita ambil contoh produk branded sebuah pakaian, seperti kemeja, kaos, celana, dan pakaian lainnya dibawah nama sebuah brand terkenal. Contoh nama brand seperti Nike & Adidas.

baca juga ini: 1 Langkah Cepat Untuk Sukses Bisnis Online. Very Very Penting!

Anda pastinya akan merasa bangga jika menggunakan sebuah kaos atau sepatu misalnya, yang berlabel seperti diatas kan?. Dan akan lebih bangga lagi jika itu adalah produk original. betul..?

Dan ketika Anda sadar bahwa produk original akan selalu memiliki harga yang diluar nalar, namun secara tidak sadar pula Anda tetap membelinya.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Kenapa mereka memberikan harga yang tinggi untuk setiap produk yang ditawarkan?

Jawabannya ada dibawah ya, teruskan membaca..



Jawabannya adalah karena merk mereka sudah masuk ke dalam benak Anda. Secara tidak sadar Anda sudah diarahkan dengan logo, simbol dan kata-kata dari promosi-promosi brand-brand tersebut.

Namun jika kita mau membandingkan, sebenarnya bahan yang dipakai oleh mereka adalah sama dengan bahan dari produk yang tak berlabel sekalipun.

Anda akan merasa terbodohi jika mengetahui fakta ini, tidak ada yang namanya bahan yang benar-benar berkualitas yang susah didapatkan dari dunia ini.

Bahan yang dipakai adalah bahan yang sama dan banyak berkeliaran dipasaran dan toko kain di setiap kota di seluruh Indonesia.

Dan jika Anda tahu, sepatu-sepatu Nike itu dibuatnya di kota Tangerang loh. Yang membedakan hanyalah mindset/ pola pikir Anda ketika mendengar nama sebuah label atau brand tertentu.

Anda sudah diarahkan untuk menjadi konsumen setia dari pergerakan tak terlihat yang datang dari label tersebut. Otak Anda selalu dipaksa untuk membenarkan hal-hal yang ditawarkan dari sebuah brand tertentu.

Dan ketika Anda sudah mencapai titik tertentu, Anda akan kehilangan arah kemudian seketika itu, otomatis Anda akan menjadi penyembah sebuah label. 

Lantas, apa yang Anda dapatkan dari itu, Anda hanya akan mendapatkan rasa bangga yang ternyata adalah fantasi yang muncul dari pikiran semata dan bukanlah suatu hal yang spesial dalam kehidupan nyata.

Tapi tunggu dulu, disini saya tidak menyalahkan mereka sebagai pencetus merk-merk berlabel, malah sebaliknya saya sangat kagum terhadap mereka yang mampu men-sugesti pikiran semua orang mungkin termasuk Anda.

Itulah kelebihan dari sebuah brand yang pastinya mereka juga sangat ahli dan penuh perhitungan dalam membuat pergerakan dalam mempromosikan merk/ label mereka. 

Dan pastinya biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal untuk sebuah pemasaran suatu merk yang akan mempengaruhi orang.

Modal yang mereka cairkan untuk pemasaran biasanya akan lebih banyak. Hampir 50% dari keuntungan perusahaan akan mereka gunakan untuk membangun merk.

Dan mereka berani dalam melakukan hal itu hanya demi sebuah Nama saja. Biasanya pergerakan ini disebut dengan Aktifitas Branding.

baca juga ini: Coba Keampuhan Trik Ini. Kerangka Laris Toko Online Bag.3 BRANDING

Berbeda dengan produk tak berlabel yang seakan mengikuti trend tapi mereka tidak tahu cara memperkenalkan produknya dengan baik. Mereka hanya mengandalkan harga murah untuk setiap produk yang dimilikinya.

Itu masih mending, ketimbang hanya mengikuti apa-apa yang sedang diproduksi oleh brand tertentu (menjiplak).

Mereka biasanya hanya memanfaatkan permintaan pasar semata, dan ketika salah satu brand sedang naik daun, maka mereka seakan latah membuat produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah.

Kelebihannya adalah dengan kualitas yang sama, harganya akan jauh yang lebih murah. Namun itu bukanlah sebuah produk dari si pemilik asli sebuah brand tersebut alias KW.

Mungkin mereka hanya kasihan terhadap orang-orang yang berekonomi rendah. Ketika orang-orang dengan dompet tipis ini juga mau mengikuti trend yang sedang booming, maka merekalah solusi tepat dalam pemecahan masalah ini.

Kesimpulannya, baik harga murah dan mahal, mereka ternyata memiliki kualitas tidak jauh berbeda. Kembali kepada masing-masing individu, mana yang akan dipilih. Apakah dengan ego-nya yang bangga memakai produk berlabel ataukah dengan kemampuan daya beli mereka saja yang terpenting bisa mengikuti trend terkini.

baca juga ini: Ketahui Rahasia Laris Jualan Online! Bidik Target Market Yang TEPAT

Nah, jika Anda adalah seorang pebisnis, maka membangun sebuah brand adalah investasi yang wajib di miliki untuk kemajuan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Agak sulit untuk memulainya karena hal ini memerlukan waktu, namun akan sangat terasa hasilnya di kemudian hari.

Sudahkah Anda memulainya..?

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon