Inilah Peluang Usaha Kecil Dirumah Dengan Hasil WAH!!

Peluang usaha kecil dibawah ini selalu dianggap remeh oleh sebagian orang. Namun ternyata peluang usaha kecil tersebut mempunyai keuntungan yang cukup lumayan untuk bisa menghidupi kebutuhan di sebuah kota kecil atau di desa tempat Anda tinggal.

Peluang usaha untuk sebuah kota kecil dibawah ini merupakan jenis usaha yang bisa dijalankan oleh Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari area lokal sekitaran rumah atau kota Anda.

Sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh merantau ke kota untuk mendapatkan penghasilan. Karena di kota sendiri pun Anda bisa berkarya dalam sebuah usaha yang sama-sama bisa menghasilkan.

Dan berikut daftar beberapa jenis usaha kecil yang bisa Anda jalankan di rumah atau di area kota tempat Anda tinggal.



1. Usaha Warung Desa

Warung seperti ini bisa Anda dirikan jika Anda bertempat tinggal agak jauh dari kota. Layaknya toserba (toko serba ada), warung kecil ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa.

Warung seperti ini biasanya menjual berbagai kebutuhan seperti kebutuhan untuk mandi (sabun, sampo, odol), kebutuhan sekolah (buku, pulpen, penggaris), kebutuhan obat-obatan, kebutuhan pria (rokok), kebutuhan dapur (sayur mayur, bumbu, gas lpg, minyak sayur) dan kebutuhan lainnya yang dijual secara ritel untuk konsumen paling akhir dari sebuah produk.

Jika ternyata di desa Anda belum ada yang membuka warung seperti itu, ini merupakan peluang besar bagi Anda untuk membuka peluang usaha tersebut.

Walaupun di lokasi kota Anda sudah terdapat banyak mini market, membuka warung di desa tempat Anda tinggal, membuka usaha seperti ini adalah langkah cerdas dalam mencari penghasilan dirumah.

Sehingga masyarakat disekitar akan merasa terbantu dengan kehadiran warung Anda, karena mereka tidak perlu jauh-jauh untuk sekedar membeli shampo misalnya.

2. Usaha Jual Sayuran

Pada beberapa blog orang lain, mungkin Anda pernah membaca informasi tentang sebuah ide usaha untuk menjual sayuran dari hasil menanam sendiri di belakang rumah.

Sebagai anak seorang pebisnis sayuran dirumah, saya pun bertanya: "Yakin laku..?"

Apakah dengan langsung menjajakan sayuran hasil sendiri kepada pelanggan, maka otomatis akan ada yang membeli?

Sepertinya tidak, mari kita luruskan sedikit tentang hal ini.

Faktanya sistem yang berlaku bukan seperti itu bapak dan ibu yang terhormat.

Anda harus tahu alur sebuah proses produk yang laku di jual di pasaran, walaupun itu hanya sayuran.

Anda tidak bisa menjual sayuran dari hasil sendiri langsung ke konsumen terakhir.

Sebelum sampai ke konsumen terakhir akan selalu ada yang namanya tengkulak/ broker/ pengepul/ juragan yang akan menampung sayuran Anda.

Karena disanalah tempat yang akan diserbu oleh pihak ketiga yang berposisi sebagai seorang pembeli grosiran.

Jika Anda nekat untuk menjual sendiri hasil sayuran Anda, maka siap-siap saja Anda kerepotan. Dan juga siap-siap nama Anda akan tercoreng sebagai seseorang yang tidak mau bekerjasama.

Untuk mengambil peluang usaha sayuran yang dimaksudkan dalam artikel ini, sebaiknya Anda mengambil posisi sebagai seorang pembeli grosir yang melakukan pembelian secara karungan.

Kemudian Anda jajakan sayuran tersebut ke konsumen akhir, bisa menggunakan sepeda motor ataupun seperti yang ibu saya lakukan dengan cara menggelar sayuran tersebut di pasar.

Mungkin ada sekitar 30 keranjang berwarna putih jenis sayuran yang sudah rapih dibungkus dan ditempatkan pada bekas wadah yang biasa dipakai untuk buah apel.

Dan hanya butuh 2-3 jam saja bagi ibu saya untuk menghabiskan aneka jenis sayuran yang sudah dibelanjakan sebelumnya dari pasar induk khusus sayuran.

3. Usaha Kreasi Makanan Olahan

Jualan makanan olahan dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk membuatnya. Tapi itu bukan kendala besar jika Anda mau melangkah maju.

Dimulai dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu seperti membuat aneka jajanan pasar yang berukuran kecil.

Dan itulah yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga di desa tempat saya tinggal. Ia merupakan anggota dari kumpulan ibu-ibu PKK desa.

Karena kegiatan ibu PKK di desa saya tidak terlalu intens, ia akhirnya memanfaatkan keahliannya dalam hal mengolah bahan makanan.

Jajanan pasar seperti lumpia, risol, awug, onde-onde ia buat untuk kemudian di dagangkan secara keliling dan disebar ke warung-warung terdekat.

Dan yang mendagangkan jajanan secara keliling, ada orang yang khusus untuk mendagangkan jajanan tersebut dengan sistem bagi hasil.

4. Usaha Pangkas Rambut

Memangkas rambut bagi orang desa merupakan sebuah bakat yang mungkin diawali dari hobi. Dan bakat seperti itu tidak boleh di sia-siakan.

Anda bisa membuka usaha jasa pangkas rambut dirumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup lumayan.

Seperti yang dilakukan oleh tukang pangkas rambut di desa saya yang sekarang sudah membuka sebuah tempat pangkas rambut dipinggir rumahnya.

Karena keahliannya itu, ia mendapatkan bantuan dana dari PNPM sebagai modal untuk membeli alat-alat cukur dan juga untuk membangun tempatnya.

Tempat yang dibangun tidaklah besar, namun itu sudah cukup untuk melayani pelanggan sekitaran orang-orang di desa saya.

Dan bisa jadi, sebelum ia membuka tempat pangkas tersebut, saya merupakan pelanggan pertama dan paling setia dari dulu. Karena semenjak masih kecil, saya hanya mau dicukur olehnya.

Ketika itu mungkin hanya saya sajalah pelanggannya, dan biasanya hanya memberikan setengah bungkus rokok saja untuk membayarnya.

Tapi sekarang, ia sudah bisa disebut profesional karena sudah membuka tempat cukurnya, dan sekarang ia pastinya akan dibayar menggunakan uang sebagai penghasilan tambahan dirumah.

5. Usaha Jasa Kebersihan Kebun

Mungkin Anda pernah melihat seseorang ditepian jalan sedang memotong rumput-rumput liar menggunakan mesin pemotong. Mereka adalah pekerja dari dinas PU yang ditugaskan untuk membersihkan rumput yang menghalangi sisi bagan jalan.

Namun ternyata, Anda bisa memiliki alat pemotong rumput tersebut dan kemudian Anda bisa membuka jasa pemotongan untuk kebersihan kebun-kebun milik seseorang.

Dengan menawarkan jasa Anda kepada para tetangga terdekat, Anda bisa menghasilkan keuntungan dari jasa tersebut.

Dan itulah yang dilakukan oleh pakde saya dirumah. Beliau sudah mempunyai alat pemotong rumput yang bisa disewakan sekaligus dengan jasanya.

Sudah banyak juragan kebun ditempat tinggal pakde saya menggunakan jasanya untuk membersihkan kebun-kebun milik mereka. Dan tentunya pakde saya dibayar untuk itu, itu adalah peluang usaha di desa yang juga bisa Anda tiru.

6. Usaha Produk Kerajinan Tangan

Membuat sebuah kerajinan tangan memang dikhususkan bagi seseorang yang suka berkarya yang mau dan rajin menyulap sesuatu menjadi hal berguna yang bernilai jual.

Seperti yang dilakukan oleh teman sekaligus saudara saya dari keluarga besar, ia saat ini suka berkarya dengan membuat kursi teras rumah yang terbuat dari bambu.

Awalnya ia merasa tertantang karena melihat saya membeli sebuah kursi bambu yang dibeli dari seseorang yang berdagang keliling menggunakan motor.

Ia merasa bahwa ia pun bisa membuat kursi seperti itu. Kemudian benar juga, ia mulai meniru desain kursi yang saya beli dan kemudian membuatnya dari bahan baku dengan jenis bambu yang sama.

Ia tawarkan ke tetangga terdekat hasil karyanya tersebut, dan boom.. laku!, walaupun harganya masih tidak sepadan dengan usahanya.

Namun itu perlu untuk di acungkan jempol, karena itu merupakan awal yang bagus untuk memulai sebuah usaha kecil dirumah sendiri.

Sekarang ia bisa menerima pesanan dari siapa saja yang ingin dibuatkan kursi bambu karya dirinya, dengan harga yang sudah mulai dinaikkan, secara perlahan sepertinya ia berkesempatan besar membuat karya yang lain selain kursi bambu.

7. Usaha Layanan PPOB

Payment Poin Online Bank (PPOB) merupakan sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan. Jenis layanan yang diberikan biasanya berupa pembayaran PLN, pembayaran PDAM, pembayaran Telepon, pembayaran PULSA, pembayaran BPJS dan lain sebagainya.

Tidak hanya sebagai agen pengisian pulsa saja, layanan PPOB bisa mencakup hampir semuanya yang sudah bisa dilakukan secara online, termasuk pemesanan tiket pesawat dan kereta api.

Layanan PPOB seperti ini bisa Anda buka dirumah Anda dan bisa Anda gabungkan dengan layanan terbaru yang sedang trend saat dari bank BRI (BRI LINK) yang memudahkan setiap orang di desa dalam hal menabung dan mengambil uang dari akun Bank mereka melalui Anda.

Apalagi ternyata Anda adalah seorang pemilik warung seperti peluang pada nomor 1 diatas. Maka membuka layanan semacam ini akan memberikan Anda keuntungan lebih dalam menghasilkan uang di desa sendiri.

Nah, bagaimana dengan Anda? apakah ada salah satu peluang usaha kecil diatas yang bisa Anda jalankan?

Apapun peluang usaha yang saat ini sedang Anda lirik, saya doakan semoga sukses bagi Anda, dan jangan lupa untuk berkomentar ya..

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon