Kerja Dirumah Aja! Inilah Jenis Usaha Online Tanpa Modal

bisnisbiru.com - Menjadi seorang lulusan sarjana memang barat jika harus bernasib sebagai pengangguran. Tidak banyak juga sarjana yang bisa bekerja namun tidak sesuai dengan bidang perkuliahan yang mereka ambil dulu.

Jika Anda termasuk seorang sarjana pengangguran, maka tidak perlu menyerah akan nasib tersebut. Anda bisa menyiasatinya dengan memulai sesuatu yang baru diluar dunia kerja.

Anda bisa mulai menjalankan usaha online yang bisa dikerjakan dirumah, tidak membutuhkan modal, dan secara perlahan Anda akan mendapatkan keuntungan dari usaha online yang hanya dilakukan didepan laptop atau komputer Anda.

Gunakan ilmu yang sudah Anda dapatkan diperkuliahan dulu, apapun ilmu tersebut, karena peluang usaha online dibawah ini, bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan uang dari keilmuan yang Anda kuasai.


1. Usaha Menjadi Penulis Blog

Usaha online menjadi seorang penulis blog merupakan kesempatan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan uang tanpa modal. Anda bisa menjadi seorang penulis yang bisa bercerita dan berbagi tentang ilmu-ilmu yang Anda kuasai.

Usaha online seperti ini termasuk dalam kategori Ads Publisher, yakni seseorang yang akan mendapatkan penghasilan dari sebuah iklan yang ada pada blog Anda.

Iklan yang terpasang bisa dari pihak ketiga seperti Google Adsense misalnya, maupun langsung dari pihak suatu perusahaan yang ingin mengiklankan produknya pada blog tersebut.

Langkah awal bagi Anda untuk mengambil peluang usaha online seperti ini yakni dengan cara membuat website yang akan diisi dengan artikel-artikel menarik tentang suatu hal yang Anda kuasai.

Website Anda harus fokus membahas satu hal saja untuk mempermudah Anda fokus dalam menulis konten berkualitas dan juga agar mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Misalnya membahas tentang bisnis seperti blog yang sedang Anda baca ini atau contoh lainnya seperti membahas secangkir kopi seperti blog kopilipso ini.

2. Jadi Seorang Affiliate Marketer

Affiliate marketer merupakan usaha online yang bisa Anda jalankan tanpa modal dengan keuntungan yang lumayan besar dengan cara memasarkan produk orang lain/ perusahaan dengan sistem komisi.

Tidak jauh sebagai penulis, tugas seorang affiliate marketer yakni menuliskan suatu penawaran produk yang akan sulit ditolak dan akan menggugah calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

Namun ada teknik-teknik tertentu untuk menjadi seorang affiliate marketer, gaya penulisan, kata yang digunakan dan pengulangan-pengulangan kalimat yang harus dipilih agar calon pembeli segera mengeksekusi pemesanan produk.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha online menjadi seorang affiliate marketer, akan ada berbagai cara untuk menjalankannya.

Pertama, dengan mengandalkan sebuah blog sebagai pemicu awal untuk menggiring calon pelanggan menuju ke sebuah halaman khusus penawaran atau biasa disebut "Landing Page". Syaratnya Anda harus menguasai ilmu penulisan penawaran yang biasa disebut Copywriting.

Kedua, dengan menggunakan email untuk menawarkan produk kepada calon pembeli dengan teknik pendekatan yang lebih intens agar calon pembeli percaya kepada Anda. Syaratnya Anda harus terlebih dahulu mengumpulkan list data email yang sesuai target untuk penjualan produk Anda.

3. Menawarkan Jasa Website

Usaha online tanpa modal seperti menawarkan jasa website ini cukup mudah untuk dilakukan jika Anda adalah seorang lulusan IT.

Banyak platform pembuat website yang praktis yang bisa Anda manfaatkan untuk ditawarkan kepada orang lain.

Walaupun sangat praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja, namun akan selalu ada orang yang tidak mempunyai waktu untuk membuat hal seperti itu.

Ambil kesempatan usaha online seperti ini dengan sekaligus menambahkan nilai lebih pada jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya jika membuat website pada Anda maka sudah otomatis website pelanggan akan mudah dicari oleh mesin pencari karena sudah menggunakan struktur SEO yang baik.

4. Buka Bisnis Toko Online

Jadi juragan toko online tidak akan terlalu membutuhkan modal yang besar seperti pada toko konvensional yang harus mempunyai sebuah toko bangunan fisik.

Membuat toko online, Anda hanya butuh modal untuk stok produk yang akan Anda jual. Bahkan Anda tidak perlu modal sama sekali jika hanya ingin memiliki suatu produk jualan.

Karena Anda bisa menjual produk milik orang lain terlebih dahulu dengan sistem Dropship. Anda bisa mengupload produk-produk dropship tersebut ke toko online yang Anda buat.

Kemudian selanjutnya, secara perlahan, Anda bisa memiliki usaha online dengan produk sendiri dengan cara membeli produk secara grosir.

Tapi itu berlaku bagi orang yang hanya ingin menjual produk-produk pada toko online mereka dengan hanya mengambil keuntungan dari selisih harga.

Namun jika Anda ingin sebagai pencipta produk, maka jadilah seorang "brand owner" yang membuat produk sendiri namun dengan pemasaran secara online melalui toko online.

Jadilah seorang pebisnis toko online sungguhan dengan memiliki nama brand sendiri pada produk Anda, maka itu adalah langkah terbaik untuk memiliki sebuah bisnis jangka panjang.

Lulusan IT konsentrasi E-Commerce. Memiliki minat besar terhadap perkembangan bisnis online. Hobi menulis, maka ilmu mahal pun di tulis disini.


EmoticonEmoticon